Payday loans
payday loans
Beranda > Kesehatan > Mengatasi Buang Air Kecil yang Keseringan

Mengatasi Buang Air Kecil yang Keseringan

img

Northwestern, Masalah sering buang air kecil bisa mengganggu aktivitas seseorang dalam bekerja, interaksi sosial, psikologis dan gangguan saat tidur. Jangan abaikan masalah ini, cari tahu penyebabnya dan cara mengatasinya.

Biasanya orang akan sering pipis ketika musim hujan atau dingin, tapi beberapa orang justru sering buang air kecil kapan pun karena mungkin mengalami overactive bladder (sering buang air kecil).

Meskipun gejala pada laki-laki diyakini karena bermasalah dengan prostat, tapi para peneliti mengungkapkan hal ini disebabkan oleh frekuensi mendesak yang berlebihan untuk buang air kecil. Masalah ini juga banyak dialami oleh kaum perempuan.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Kevin McVary, profesor urologi dari Feinberg School of Medicine di Northwestern University, didapatkan sekitar 76 persen orang yang berusia di atas 45 tahun didiagnosis mengalami overactive bladder yang tidak terawat.

“Permasalahan ini sebaiknya segera ditangani dan jangan menganggap hal ini adalah sesuatu yang wajar karena bertambahnya usia,” ujar Dr Mc Vary, seperti dikutip dari MSN, Senin (8/2/2010).

Untuk mengatasi hal ini bisa dimulai dengan mengubah gaya hidup. Teknik yang paling sederhana adalah mengurangi asupan cairan di malam hari, mengurangi asupan kopi dan minuman bersoda karena dapat mengiritasi kandung kemih serta berolahraga dengan teratur juga dapat mengurangi dorongan untuk sering buang air kecil.

Teknik lain yang bisa digunakan untuk mengurangi frekuensi sering buang air kecil yang tak tertahankan seperti saat batuk atau bersin adalah melalui senam Kegel. Senam ini tidak hanya untuk kaum perempuan, tapi juga bisa dilakukan oleh laki-laki. Praktik ini dapat berfungsi menguatkan otot-otot sehingga tidak sering buang air kecil serta tidak memerlukan biaya yang mahal.

Hal lainnya adalah secara bertahap belajar untuk menahan buang air kecil ketika dorongan tersebut datang. “Tapi jangan secara ekstrim, mencoba langsung menahan hingga 2-3 jam justru bisa mengganggu dan tidak akan berhasil,” ujar Dr Matthew Rutman dari Columbia University Medical Center.

Tapi cobalah untuk menahannya secara bertahap dan signifikan, yaitu bisa dimulai setiap 15 menit sekali. Dengan begitu seseorang bisa mengontrol frekuensi buang air kecilnya. Cara-cara ini dapat membantu mengatasi permasalahan sering buang air kecil tanpa obat-obatan.

Jika cara-cara tersebut tidak berhasil, sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar didapatkan penanganan yang benar.
(ver/ir)

Vera Farah Bararah – detikHealth

(Foto: charlesandhudson)

Kategori:Kesehatan Tag
  1. 17/03/2014 pada 11:53 | #1

    Dok saya pingin nanyak nie..
    Saya berumur 19 thun sering x bolak balek kencing dan d bwa perut sama paha sblah kanan saya begak dok
    kira2 saya nie pnyakit apa ya dok

  2. ari
    01/03/2014 pada 3:34 | #2

    Dok saya jadi sering kencing belakangan ini saya sudah ke dokter dan diberi obat infeksi saluran kemih tapi keseringan kencing saya tidak hilang”, kalau habis minum pasti mau kencing kaloo habis kencing seperti ingin kencing lagi perut bagiah kiri jga suka sakit itu kenapa ya dok

  3. 16/02/2014 pada 10:52 | #3

    thanks infonya, artikel bagus http://goo.gl/NtIm1W

  4. citr
    12/02/2014 pada 20:50 | #4

    Dok,,saya 1hri ini kencing” terus ya,,,apa ada hubungan ya dengan saya sakit?dan sisik’an saya pun sakit,,,saya kencing ampir tiap 2mnt,,,pdhl sya baru berumur 23th,,,apa da yg salah dngn kandung kemih saya dok??tolong berikan sya jawaban dan cara mengatasinya.trims

  5. alis
    08/02/2014 pada 13:51 | #5

    dok saya umur mau 18 tahun akhir akhir ini saya sering pipis tapi tidak sakit ataw sedikit keluar nya terkadang suka merasa haus apa saya terkena diabetes dusia dini . jawab ya dok makasih

  6. alis
    08/02/2014 pada 13:49 | #6

    dok saya usia mau 18 tahun akhir akhir ini saya sering pipis tapi tidak sakit dan tidak sedikit keluar nya dan serasa agak haus mulu . apakah saya mengidap diabetes dusia dini . terimakasih tolong djawab dok penting soal nya ☺

  7. dani
    06/02/2014 pada 23:27 | #7

    Malam dok. Mau konsultasi, saya laki” umur 26th. Sudah lama saya merasa kalo tiap kali minum aer banyak pasti sering buang air kecil(beser), tp akir ini kalo saya kurang minum tiap kali buang air kecil kok perih n panas sekali, sekarang kalo saya pengen buang air sulit sekali nahan jd sering kluar dulu sebelum saya nyampai toilet. Tolong kasih solusinya.
    Trimakasih untuk waktu n tanggapannya.

  8. 25/01/2014 pada 13:12 | #8

    mulailah hidup sehat dari hal yang terkecil karena kesehatan tubuh tergantung pada kita

  9. puput
    24/01/2014 pada 1:11 | #9

    dok saya sering buang air kecil. sebelumnya saya tidak terlalu sering buang air kecil, tapi semenjak saya panas, menggigil kedinginan, pusing dan sakit pada daerah rahim setelah itu saya jadi sering buang air kecil. itu kenapa ya dok? tolong bantu saya.

  10. susi
    23/01/2014 pada 7:33 | #10

    Pagi ,
    saya mau konsultasi nih anak saya laki-laki 7th dalam 2minggu terakhir ini sering sekali buang air kecil tidak sampai lima menit jaraknya, kenapa ya, jika ingin diperiksa lebih baiknya ke dokter spesialis apa?

  11. ainun
    18/01/2014 pada 16:53 | #11

    dok mau tanya ne anak saya (ce 4,7th) sering pipis hanya di sekolah saja dok dr jm 7-10 bs 5-6x.. tp klo d rmh normal2 aja dok.. kenapa ya dok..mksh

  12. 15/01/2014 pada 15:08 | #12

    gimana solusinya dok.untuk saya biar aktifitas saya tak terganggu.trims

  13. 15/01/2014 pada 14:52 | #13

    dok.saya sudah 4 bln sering kencing sampai 20 bisa lebih ,pagi sampai malam.cara menaggulangi dok.bagaimana .terima kasih.

  14. 14/01/2014 pada 9:41 | #14

    doc….sy berusia 23 thn,masalahnya setiap saya minum air gc sampe brp menit langsung buang air kecil.

  15. lia astika
    13/01/2014 pada 8:29 | #15

    saya mau nanya,saya baru2 ini menikah, entah kenapa saya sering sekali kencing, kalau sudah kencing sekali saja.seperti ingin lagi terus-menerus,dan air kencing saya sedikit sekali dan saya sampai merinding setiap mengeluarkan cairan itu

  16. pyo
    07/01/2014 pada 1:58 | #16

    Selamat pagi dok..
    Dok,saya mau tanya dok.. udah hampir sebulan saya sering sekali pipis dok baik siang atau pun malam hari dan itu terasa perih bgt u/ keluarinnya..dan kalau pada malam hari terasa mau keluar bnyak sampài saya terbangun dan ketika mengeluarkan pipis terasa nyeri.. serta jika saya bersin selalu sakit di bagian perut kanan bawah dok.. saya merasa sangat terganggu dok.. mohon bantu saya dok.. penyakit apa kira2 yg terjadi pada diri saya? Dan bagaimna solusinya dok? Mohonn di bantu dok.. terimakasih :)

  17. erik
    04/01/2014 pada 11:10 | #17

    Asslm dok, umr sy 20th, sya jg mgalami sering kencing terus, kira2 sdh 3thnan, awalny mungkn karena wktu msh skolah suka main game online jadi sering mnahan klo ingin buang air kcil, dan jarang minum, dlm shari bsa lbh dri 10x kencing, bahkan kdang bru slsai kncing sdah pgn kncing lgi trus menerus, mengganggu jg di mlm hri klo pgn tdur sering trbngun krna pgn kncing, pdhal sy sdah berobat ke dokter urologi dan di rontgen hasilny bgus tpi msh sering kncing jg smpe skrng,bgaimn mngatasinya, kirim ke email sy

  18. 28/12/2013 pada 11:54 | #18

    Assalamu’alaikum,..
    kenapa ya dok setiap kali jantung saya berdebar, cuaca dingin bisa membuat terkadang saya merasa ada air seni yang keluar dari alat kelamin saya, terutama ketika saya mau melaksanakan kewajiban saya sebagai seorang muslim, yang tak lepas dari menyentuh air sebelum melaksanakannya, yang saya khawatirkan juga saya merasakan hal itu ketika saya sedang melaksanakan shalat, terkadang stlh saya berada pada beberapa rakaat, seakan terasa ada air seni yang keluar, dan setiap kali saya chek setelah selesai shalat terkadang hal itu memang keluar setetes air seni, tapi terkadang tidak ada air seni yang keluar, barang kali perasaan saya saja, tapi yang jadi pertanyaan saya bagaimana kalau air seni itu memang tampak setelah saya selesai shalat, yang membuat saya slalu merasa seakan shalat saya itu tidak sah, hal itu sangat mengganggu saya,
    mohon jawaban nya atas penyakit saya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih,.
    ‘alaikumsalam,..

  19. ira
    25/12/2013 pada 22:11 | #19

    Dok.saya umur 21thn..sdh 2bln ini sy sakit ketika buang air kecil,dan mrs.v sy trsa mmbengkak..duduk pun gak nyaman,,dulu sy tipe org yg sulit minum air putih..stlah saya rutin mengapa jdi sakit begini..mohon bantuannya..balas email saya.terimakasih

  20. liia
    20/12/2013 pada 13:45 | #20

    dok knapa dsaya sering buang air kecil ketika akan tidur dan pada saat pergantian pelajaran sampe2 temen2 pangil saya miss wc?

  21. jainudin
    19/12/2013 pada 13:28 | #21

    dok, knp yah setiap sy minum.. pasti sy buang air kecil terus?

  22. jainudin
    19/12/2013 pada 13:27 | #22

    dok, setiap saya minum selalu aja kencing terus scra berkali2.. knp yah dok ?

  23. karim
    18/12/2013 pada 14:57 | #23

    Selamat sore dok.sy sering kencing2 terus,di siang hari sy sangat terganggu sekali,mengganggu aktivitas sy,klu malem jg, lgi enak2 tdr bangun cuman kpengen kencing.apa obatnya ya dok,bahkan sy sering berobat ke dokter spesialis,(uroiogi) dan dah di ronsen jg ginjalnya,dokter bilang hasilnya bagus,sy merasa bingung dok,skrng sy umur 39 dok.kira2 apa obat yg sesui dok.mohon di bls ke nom:08567179305.terima kasih banyak sebelumnya dok

  24. memi herlina
    12/12/2013 pada 18:20 | #24

    ass..dok saya cwek berumur 23 thun,,sdah 2 thun lebih sy mngalami selalu pengen kencing bhkan setiap harinya saya tak terhitung lgi berapa bnyak sy pengen kencing,pdhal sy sudah bnyag mnum obt tradisional,dan sdah cek ke doktor,tapi rasa pngen kencing tak kunjung sembuh..penyakit sy sangat menggangu aktivitas sy dok..sy mhon saran dokter..tolong saya dok,,blas ke email saya ya dok..atas bantuannya sy ucapkan terima kasih

  25. amanda
    11/12/2013 pada 19:18 | #25

    Assalamu’alaikum
    dok umur saya 23 tahun..
    Saya sering merasa terganggu..setiap kali minum air pasti pgen kencing..apalgi kalo abis minum yang dingin2..kenapa ya dok?kalo lagi sibuk seperti lupa sama kencing bisa ketahan sampe 1/2 jam tapi kalo lagi diem tiap minum pasti bawaanya berasa pgen kencing..apa yg saya minum seperti keluar lgi.
    Mohon solusinya..
    Terimakasih

  26. Joneidi
    11/12/2013 pada 13:14 | #26

    Saat ini usia saya 49 Tahun, belakangan ini saya sering mengalami buang air kecil ( Kencing ) setiap 1 jam sekali pada siang hari , volume kencing saya tidak sedikit dan tidak banyak ( sedang ) pada waktu tidur keinginan kencing paling satu kali yaitu tengah malam. keadaan ini sedikit membuat saya terganggu, saya ingin tahu apa penyebabnya dan bagaimana menanggulanginya.
    terima kasih atas saran dan bantuan Dokter.

  27. sukriadi
    30/11/2013 pada 18:05 | #27

    dok…..saya usia 21th…saya mengalami sering buang air kecil sehari bisa berkali2….itu gimana ya dok…..bales ke email saya ya dok

  28. eris
    26/11/2013 pada 17:07 | #28

    dok saya kalau pagi -pagi minum air satu gelas atau 2 gelas gitu selalu buang air kecil bisa bisa 5 kali ,begitupun juga malam saat mau tidur tapi kalau siang hari kenapa tidak seperti itu ya dok ,
    tolong beri solusi dok. :)

  29. Jhon Lie
    23/11/2013 pada 10:17 | #29

    Pgi Dok,, saya sering buang air pada malam hari.. tapi kalau pgi dan siang saat beraktifitas saya jarang buang air kecil hanya pada saat mau tidur baru terasa mau buang air kecil terus menerus,, bagaimana cara mengatasinya dok.. makasi sblumnya..

  30. abdul kharis
    22/11/2013 pada 23:48 | #30

    dok saya sering bgt merasa pgn buang air kecil,gmna cara mengatasinya,q umur 30 th dok.q dh 3 th menderita ini.

  31. 16/11/2013 pada 18:34 | #31

    Permisi dok, saya mau tanya ..
    Udah lama sekali hampir 1 tahun saya mengalami buang air kecil tak tertahankan. Hampir baru 1 menit sudah mau buang air kecil. Umur saya 18 th.
    Itu kenapa dok ? Mohon solusi nya ..
    Saya minta saran dokter. Mohon bales ke email saya dok
    Terima kasih

  32. 14/11/2013 pada 10:11 | #32

    Dok saya sring skali buang air kecil 1 hari bs lbi dri 10 kali, dan stiap buang air kcil slalu mnimbulkn nyeri dirahim saya, bgtu pun dimlam hri saya sring skali kluar msuk toilet dan saya tdk bsa tdur krena slalu ingn kencing,, bagaimana cara mengatasinya dok, mohon sarannya . Di bls ya dok .

  33. anif
    09/11/2013 pada 0:26 | #33

    Dok tolong sy, umur sy 24 tahun sy sering kencing. Hampir lebih dr 10 kali setiap malam aku ke toilet. Sy minta solusi dan saran obat apa yg harus aku minum. Supaya aku tidak sering kencing lg

  34. liska
    28/10/2013 pada 20:50 | #34

    maaf dok…
    sudah lebih dari 2 tahun ini saya sering mengalami kencing yang berlebihan, sedikit2pengen kencing, walau terkadang yang keluar hanya sedikit.
    bahkan 2 hari belakangan ini kencing saya semakin parah dan menimbulkan rasa nyeri hingga mengeluarkan airmata

  35. wahyu
    27/10/2013 pada 20:53 | #35

    Maaf dok mau tanya. sdh 2hari ini istri sy sering bgt buang air kecil (5mnt) dan selalu ga tertahan (ngompol). Itu kenapa Dok? Apakah berbahaya n bgaimna solusinya? Terima kasih.
    (mohon dibalas ke email sy)

  36. rusnanto
    27/10/2013 pada 11:21 | #36

    saya sering kencing dan setiap terasa akan kencing selalu tidak dapat ditahan, jika ditahan langsung keluar, paling lama 2 jam, kalau tidur bisa 3-4 jam tolong sulusinya, trima kasih…

  37. sariman hariandja
    24/10/2013 pada 4:48 | #37

    dok..saya keseringan ke kamar mandi,tiap menit ke kamar mandi,,yang keluar 5 tets dok..wktu mau pipis itu,,rasanya sakit sekali dok..gimana cara mengatasinya dok.trima kasih

  38. sariman hariandja
    24/10/2013 pada 4:46 | #38

    dok..tolong bantu saya dok.saya keseringan ke kamar mandi buang air kecil,,tiap menit buang air kecil,yg keluar cuman 5 tetes,,tiap menit mo KM,solusinya gmna dok,penyakit pa itu dok.terimakasih

  39. alindamuliana
    22/10/2013 pada 21:05 | #39

    Dok saya berusia 27 tahun
    Tp bila malam tiba saya minum segelas air tp setelahnya selalu buang air kecil, belum ada 1 menit udah ke KM lg, tolong solusinya dok tq

  40. titi
    30/09/2013 pada 16:56 | #40

    sore dok saya berumur 17 tahun , saya 3 buln ini sering kencing terus awalnya biasa semakin kesini semkin parah dok , saya sudah berobat ke 3 dokter yang berbed , kata dokter pertma sy ken batu ginjal say dikasih obat btu ginjal tpi malah makin prh sy pipis sering bnget 10 menit sekli , warna pipis sya normal kdng-kdng pipis sy panas , saya dikasih obat infeksi sluran kencing tpi sayaa belom ada perubhan normal kembli itu kenapa dok , mohon infonya :)

  41. Abu Qasim
    28/09/2013 pada 23:19 | #41

    Salam Dok, saya berusia 51 tahun, sekitar 3 bulan belakangan ini saya sering kencing hampir per 30 menit sekali, namun keluarnya tidak mampet, terkadang terasa sakit dan panas. Lagi pula kalau sudah mau kencing tak bisa ditahan dan tidak jarang tidak sempat alias keluar duluan, memang tidak terlalu sakit tapi cukup mengganggu. Sebulan yang lalu pernah diperiksa ISG, dijelaskan ada batu marin dengan ukuran lebih-kurang 2,6 cm.Kira-kira apa dan bagaimana solusinya. Terimakasih.

  42. setia
    30/08/2013 pada 16:59 | #42

    permisi dok saya berumur 23 thn,,sy sering buang air kecil,,dan disekitar perut saya terasa panas,,tolong berikan solusi untuk mengobatinya.trimkasih

  43. fariz
    22/08/2013 pada 12:23 | #43

    Saya kalo mau kencing ,air kencing agak lama keluar nya,dan kalo mau kencing itu 5 menit sekali…apa solusi nya dok tolong…pliss..

  44. fariz
    22/08/2013 pada 12:18 | #44

    Dok,kenapa ya saya mau kencing terus menerus ,5 menit sekali,tolong solusi nya…
    Kirim ke email saya ,terima kasih

  45. lita
    20/08/2013 pada 11:16 | #45

    Dok, katanya orang yang menderita OAB (lemahnya kandungan kemih) kebanyakan orang yang min. umur 30an. sedangkan saya masi berumur 20 tahun. apakah itu wajar ya dok??
    katanya orang yang menderita OAB harus mengurangi minum, apakah itu tidak membuat infeksi pada saluran kemih?? dan disuruh melakukan latihan penahanan untuk buang air kecil, apakah itu tidak membuat batu ginjal karena menahan buang air kecil. mohon bantuannya dok. mksh

  46. Jade
    15/08/2013 pada 21:18 | #46

    Dok, kenapa ya saat menjelang tidur saya suka merasa ingin buang air kecil, tapi setelah beberapa menit kemudian saya rasanya ingin buang air kencing lagi, dan terkadang juga saya suka terbangun malam-malam karena ingin buang air kecil. Penyebab nya apa ya dok? Trus cara mengatasinya bagaimana? Tolong di jawab lewat email saya ya dok! Terima kasih

  47. 06/08/2013 pada 10:41 | #47

    Dok, saya baru berumur 15 tahun , saya sering sekali ingin buang air kecil, setiap saat mulai saya kelas 4SD ,
    saya juga sering ngompol karena tak bisa ditahan ,
    bila saya ingin pipis,rasanya panik ,saya tkt ngompol ..
    Saat pelajaran,
    saya juga malu sering permisi

  48. Riansyah
    01/08/2013 pada 7:21 | #48

    Permisi dokter ..
    Saya mau konsultasi ..knapa ya saya sering buang air kecil tiap-tiap 10 menit ..mohon jawaban nya dikrim lewat e_mail saya dokter

  49. Zidmi
    01/08/2013 pada 7:18 | #49

    Dok,akhir2 ini sya sering kencing mulu .baru saja minum sekitar 15 menit itu pengen kencing terus ..saya minta solusi dokter

  50. Zidmi
    01/08/2013 pada 7:13 | #50

    asraf akbar hernanto :

    kan lagi puasa kan saya,jdi gimana mengatasi buang air kecil ni dok?

  51. asraf akbar hernanto
    30/07/2013 pada 7:38 | #51

    Ass pak umur saya mau nginjak 16 thn ni,knp saya nih sering buang air kecil trus dok?
    Kan kaya gini kejadian nya dok,kan malam” mimpi basah tuh dok trus saya k.kamar mandi,saya paksa pipis dok?
    Emang berpengaruh dok,klo saya mimpi basah langsung buang air kecil?
    Jwb k.nmr ni aja dok:089613020872

  52. asraf akbar hernanto
    30/07/2013 pada 7:17 | #52

    kan lagi puasa kan saya,jdi gimana mengatasi buang air kecil ni dok?

  53. Agus Purwantoro
    26/07/2013 pada 11:09 | #53

    Dok saya pada waktu jam pelajaran ingin kencing tapi saya tahan soalny saya malu kencing terus terusan dan saya setiap 30 menit sampai 1 jam ingin kencing, saya kencing ga kesakitan donk malahan lega udah dikeluarin .
    bagaimana cara menyembuhkannya dok apakah ke dokter atau cara alami

    tolong balas dok ke email saya aguispurwantoro94@yahoo.com

    Terima kasih

  54. rheny muslaini .j
    17/07/2013 pada 13:54 | #54

    fifi :

    dok,,, sya sering buang air kecil terus terusan bahkan 5 menit sekali,, rasanya sakit banget,, kenapa ya dok,,,trus gimana cara mengatasinya,,trims,,,,

  55. dea aprillia
    16/07/2013 pada 22:00 | #55

    . dok belakangan ini saya kencing terus di siang hari……?
    . Apa penyebabnya dok….?
    . Dan apa yang harus saya lakukan?
    . Karena saya masih sekilah?

  56. fifi
    04/07/2013 pada 10:12 | #56

    dok,,, sya sering buang air kecil terus terusan bahkan 5 menit sekali,, rasanya sakit banget,, kenapa ya dok,,,trus gimana cara mengatasinya,,trims,,,,

  57. Iin inayah
    28/06/2013 pada 20:47 | #57

    Saya kalo lagi makan sering terganggu gara gara pengen buang air kecil.knp ya dok.trimakasih

  58. Iin inayah
    28/06/2013 pada 20:43 | #58

    Saya sering buang air kecil kalo mau tidur dan tak tertahankan pas bangun tidur.knp ya dok.trimakasih

  59. aini
    19/06/2013 pada 8:17 | #59

    mohon solusinya dok, cz saya buang air besarnya terllu keseringan tidak ada waktunya

  60. aini
    19/06/2013 pada 8:13 | #60

    dok saya sering buang air kecil pdhl umur saya masih 22 th kira2 apa faktornya?

  61. muhamad soares
    14/06/2013 pada 16:21 | #61

    Dok YTH, saya kencing trus 1 hari 15 kali sampe 23 kali, dan malam jg kencing trlalu brlebihan,kira2 apa penyebabnya Dok…

  62. veyy
    11/06/2013 pada 8:45 | #62

    dok saya berusia 22th punya masalah dgn sering kencing, tdk tw penyebabnya apa karena saya terlalu capek dgn pekerjaan saya, atau karena hal lain???? biasanya sering terjadi dipagi hari, dan jika terlalu keseringan kencingnya kepala saya juga sering pusing. bagaimana cara mengatasinya??? dan apa gejala penyakit saya tersebut dok???

  63. 01/06/2013 pada 9:29 | #63

    usia 20 thn,beberapa hari ini keseringan BAK,mohom solusinya,,,

  64. Amin
    31/05/2013 pada 13:10 | #64

    dok..,sya remaja baru berusia 21 thun..,
    saya ada masalah ni dok..tlg di bantu
    saya sering kencing bisa lebih dari 10 kali dalam sehari..,malam pun sering terbangun gara” kebelet..,malah kadang kencing nya gak berasa sampai” sering mengompol di malam hari..,
    solusi nya gimana ya dok..,
    sudah sy pijet kan di tukang pijet bayi..,(kata org jawa : Peh nya Mlorot ) tapi ya tetep aj msh sering kencing ..,kandung kemih terasa nyeri.. banget
    dulu sudah coba minum ciproloxaxin.. tapi malah rasanya kaya terbakar..,

    gimana dok solusi nya????
    Mohon Bimbingan nya

  65. 22/05/2013 pada 0:09 | #65

    umur saya baru 19 tahun, saya suka minum air putih, mungkin saya terpengaruh oleh kata dokter-dokter yang sering sekali bilang, “banyak-banyaklah minum air putih agar sehat”
    nah, sekarang saya itu malah keterusan minum. tiap habis makan saya menghabiskan 2 gelas penuh air putih, belum lagi pas lewat depan dispenser langsung minum lagi. akibatnya saya sering buang air. nah keterusan sampe sekarang. padahal udah dicoba buat ngurangin minum tapi sekarang masih sering buang air kecil. ribet banget kalo baru berpergian. musti cari toilet terus. habisnya kalo ga minum air putih rasanya haus sekali.
    kalo ditahan rasanya aga sakit di bawah perut. apakah ini karena kandung kemih mengecil sehingga buang air terus? tiap kali buang air kecil airnya lumayan banyak (tidak anyang-anyangen:jawa). kira-kira, saya ini kenapa ya pak, makasih…

  66. Tatik
    20/05/2013 pada 17:50 | #66

    Usia saya 21 tahun saya sering sekali kencing siang ataupun malam,
    saya sering bangun tengah malam karena saya tidak bisa menahannya.
    tolong kasitau apa solusinya.
    makasi…

  67. rina septiana
    20/05/2013 pada 9:52 | #67

    saya usia 21 tahun. saya sering buang air kecil, tetapi hanya sedikit sedikit. sangat sulit untuk menahannya. tetapi hanya terjadi di pagi hari samapi jam 1 siang. kalo malam hari sudah tidak lagi. bagaimana cara mengatasinya dok? mohon di jawab

  68. ayu
    09/05/2013 pada 12:58 | #68

    Ass.. usia saya bru 16th.. saya sering buang air yg secara berlebihan dan itu sangat menggangu apalagi dengan volume,y yg bnyak.. nah bagaimana cra mengatasi hal tersebut.. apakah ada penyakit ?

  69. kitty juliyanti
    01/01/2013 pada 8:51 | #69

    saya,, sering kali buang air kecil,, setiap menit pada saat selesai makn bolak balik dari kmr mandi trus tapi buang airnya sedikit dan tertahan,,
    bagaiman caranya agar menghilangkanya mohon solusinya.

  70. 15/12/2012 pada 18:24 | #70

    ass pak,, usia saya mau 18 tahun akhir2 ini saya sring buang air kecil,,,,
    kalau stiap hari mngkin tdk bsa sya htung ,,
    vi kluar.a sdikit2..
    saya mhon bantuan utuk mngatasi mslah sya..
    trima ksih sblm.a ..
    ass.wr.wb

  71. zumardi
    07/11/2012 pada 18:00 | #71

    usia saya 21 tahun. saya sering sekali buang air kecil baik itu pagi, siang, malam atau pun hingga mw tidur serta dalam 1 hari itu tak terhitung lagi saya ke kamar mandi berapa kali. sewaktu saya buang air kecil itu air yang keluarnya cuma sedikit-sedikit dan tak tertahan kan. mohon bantuan nya untuk mengatasi problem ini. makasih

  72. safitri
    02/11/2012 pada 19:32 | #72

    usia saya baru 25 thn,klo saya sedang mengalami kedinginan kenapa,saya kencing terus dalam setiap detiknya.dalam jumlah lumayan banyak air kencingnya?trim’s

  73. wandi
    23/10/2012 pada 12:41 | #73

    saya sering buang air kecil sekalipun sudah berbaring di tempat tidur, tetapi air kencing yang keluar hanya sedikit-sedikit bagaimana cara mengatasinya ?

  74. anshar
    22/10/2012 pada 15:24 | #74

    saya sering kencing dan setiap terasa akan kencing selalu tidak dapat ditahan, jika ditahan langsung keluar, tolong sulusinya, trima kasih…

  75. 17/10/2012 pada 11:16 | #75

    Dengan usia yg masih 22 tahun apa mungkin saya menderita diabetes dgn seringx kencing yg saya alami, tiap hari hampir 15 kali saya buang air kecil.
    saya mohon bantu saya, bagaimana solusinya?
    oy, dan saya jg uda bbrp kali priksa hasilx ttp normal.

  76. 04/10/2012 pada 18:07 | #76

    sya sering bngt buang air kecil dan watu tidur sy juga terganggu apa lg klau sy habis mkan dan kekenyangn bisa 13 kli dlm 1 jam, yang paling gk enaknya wktu bepergian skit bngt rasanya klau sampai menahan kencing, gimana donk’ tolong bnget.. sy udah hmpir stress krna mlu.

  77. mei anggraini
    02/05/2012 pada 10:21 | #77

    saya,sering sekali buang air kecil,apa lagi di malam hari,sebelum saya tidur,saya pasti kencing beberapa kali,sampai perut saya sakit,tolong bagai mana saya harus mengatasiny,trima kasih

  78. Endry
    04/04/2012 pada 13:18 | #78

    Saya sering kencing gimana cAra mngatasinya tanpa oBatan atau tanpa keDokter..bnyakin minum air puTiH bgus ngGa blz aja ke nOmer 082136230439

  79. alpin
    30/06/2011 pada 16:05 | #79

    tapi saya ini waktu itu prnah operasi soalx kantung kemih saya waktu itu pernah bocor akibat kecelakaan,dan sejak saat itu saya sering kencing hampir 1 hari kecing ampe 20 kali (pagi,siang,malam,ampe subuh saya tebangun mw kencing jga). saya rajin olahraga,,saya juga kuat makan dan minum,,terus saya kalau nahan kencing sering terasa sakit diperut..tolong bantu saya ngatasi masalah saya yah,,plisss,,