Payday loans
payday loans
Beranda > Rokok > Efek Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia – Akibat Sebatang Rokok Racun, Ketagihan, Candu, Buang Uang Dan Dosa

Efek Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia – Akibat Sebatang Rokok Racun, Ketagihan, Candu, Buang Uang Dan Dosa

p160Rokok adalah benda beracun yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan. Di balik kegunaan atau manfaat rokok yang secuil itu terkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun orang di sekitar perokok yang bukan perokok.

1. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.

2. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.

3. Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas.

4. Harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tergolong miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara. Pabrik rokok yang mempekerjakan banyak buruh tidak akan mampu meningkatkan taraf hidup pegawainya, sehingga apabila pabrik rokok ditutup para buruh dapat dipekerjakan di tempat usaha lain yang lebih kreatif dan mendatangkan devisa.

5. Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar merasakan penderitaan yang sama dengannya, yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. Sebagian perokok juga ada yang secara sengaja merokok di tempat umum agar asap rokok yang dihembuskan dapat terhirup orang lain, sehingga orang lain akan terkena penyakit kanker.

6. Kegiatan yang merusak tubuh adalah perbuatan dosa, sehingga rokok dapat dikategorikan sebagai benda atau barang haram yang harus dihindari dan dijauhi sejauh mungkin. Ulama atau ahli agama yang merokok mungkin akan memiliki persepsi yang berbeda dalam hal ini.

Kesimpulan :

Jadi dapat disimpulkan bahwa merokok merupakan kegiatan bodoh yang dilakukan manusia yang mengorbankan uang, kesehatan, kehidupan sosial, pahala, persepsi positif, dan lain sebagainya. Maka bersyukurlah anda jika belum merokok, karena anda adalah orang yang smart / pandai.

Ketika seseorang menawarkan rokok maka tolak dengan baik. Merasa kasihanlah pada mereka yang merokok. Jangan dengarkan mereka yang menganggap anda lebih rendah dari mereka jika tidak ikutan ngerokok. karena dalam hati dan pikiran mereka yang waras mereka ingin berhenti merokok.

Ditulis oleh thefaithfularmy di/pada April 13, 2008

download tulisan di sini

Kategori:Rokok Tag
  1. Farel Saves Achmad
    02/03/2014 pada 7:51 | #1

    Ya gue dah kasih tahu ke papa, katanya “Jangan lebay, laki-laki itu harus kuat jangan cengeng. Noh buktinya kakak saya tetap sehat. Hanya alay-alay saja yang melarang. Bencong.” Gue benci banget kuat sekali ngerokoknya, mgabisin duit saja gimana uang jajan gue pengen naik dan keluarga gue jadi maju dan bebas polusi ? Dari kecil Ʊϑɑ̤̥̈̊ћ gue tempelin tulisan no smoking, tetap Gɑ̤̈ rubah, perokok pembunuh halus seperti munafik kedua.

  2. joyomaruto
    14/10/2013 pada 20:59 | #2

    Peringatan bahaya merokok kurang tegas.coba dikerasin misal:merokok lansung atau sebentar DOOOOD,mungkin ada yg takut tapi hanya mungkin.Perokok itu sdh sgt kebal apapun dikasik peringatan apa saja lihat sendiri mana dan siapa yg takut,ternyata perokokitu tahu bahwa itu KATANYA org yg tdkmerokok,sedangkan NYATANYA dari pr perokok sendiri tdk ada apa apa,dan nyata kan !

  3. dikha
    06/07/2012 pada 19:42 | #3

    e5ng bnr smua’x tntng merokok tpi knpa rokok masih di buat trus oleh pabrik….????
    kalok emng di lrng……. HANCURKAN PABRIK OKE…….WKWKWKWKW

  4. 12/06/2012 pada 11:44 | #4

    Please remember that vintage watches have survived for many decades by being treated Romance God created the brand since 1988, the company, registered in 102 countries around the world omega seamaster ladies watches,jewelry brand,merchandise exports to 70 countries, is a specialized manufacturer of watches and jewelry. Romance of God in 1998 to become a global brand,hire famous Swiss designer Wolfgang Jonsson program development of brand identity company logos,uniform color. Romance God omega seamaster quartz watches Korea Co., Ltd. has become the leading companies in the industry, the reputation is well known South Korean brand abroad. God watches Co.Ltd. has always been committed to technological innovation and excellence in quality romantic and fashion capture,fashion jewelry has become a world dedicated to business goals and tireless efforts.

  5. azmi azkiatull fikri
    22/04/2012 pada 21:09 | #5

    uuhh,, pemerintah ini,,, penyuluhandd trusss,,, gug jentle,, bisanya CUMA PENYULUHAN,, gmn negara kta mau maju,, memberantass rokok aja gug bsa,, yg ada malah pemerintahnya sendiri ikutt merokok,,.. dan koruppsi trus2and :P

  6. budi
    11/04/2012 pada 22:44 | #6

    matikan rokok….??? mati juga jutaan buruh rokok di negeri ini….

  7. 31/01/2012 pada 10:49 | #7

    matikan rokok sblum rokok mematikan Anda!!!

  8. rizky
    27/01/2012 pada 22:36 | #8

    SALAM.
    kenapa pemerintah hanya mempunyai program penyuluhan tentang rokok. kalo emang rokok berbahaya bagi manusia, mengapa tidak ada program pemerintah untuk memberantas rokok. apa mungkin rokok adalah satu dari penghasilan negara, rokok sama seperti narkoba. bahkan sekarang pelajar SD sudah banyak yg merokok bahkan menjadi pecandu rokok. apa yg pemerintah lakukan, hanya sekedar penyuluhan dan penyuluhan. kenapa tidak ada upaya untuk memberantas ROKOK.

  9. haris
    24/01/2012 pada 16:25 | #9

    salam sobat…..
    saya seorang pecandu rokok jg dahulunya,tapi saya berusaha keras untuk menghentikanya!!!
    memeng susah sekali untuk menghilangkan rokok di negri kita ini , semakin lama para pecandu dan merek rokok semakin banyak,tapi rokok juga sangat berperan di negri kita,seperti menjadi seponsor film ataupun olahraga….
    terima kasih !!! salam sejahtera

  10. HANGGA
    23/01/2012 pada 13:02 | #10

    MEROKOK MEMBUNUH DIRI SENDIRI…!!!!

  11. Ahmad
    17/01/2012 pada 17:13 | #11

    dengan melihat isi di atas ,, kita tau bahwa rokok berbahaya bagi kesehatan kita dan itu juga membahayakan orang lain yang berada di sekitar kita
    maka berhentilah merokok sekarang

  12. Pras
    17/01/2012 pada 15:42 | #12

    Bagi orang yang ingin sehat dan lebih lama hidup di dunia, please hilangkan kebiasaan merokok karena itu sangat merugikan kesehatan kita sendiri…
    stop smoking right now…!!!

  13. Bro
    28/11/2011 pada 20:57 | #13

    Nikmati Rokok Nya… Nikmati Juga Penyakitnya, Klu sudah TimeOut Ya rasa in…. OK… asalkan Asap rokok Nya jangan boleh kemana – mana, ganggu orang disekitar Nya & lingkungan, Lebih Baik Telan aja lagi..Lebih Nikmattt..

  14. antho
    24/11/2011 pada 9:54 | #14

    merokok itu merupakn kbutuhan pokok bagi gwwww tw ngga??????????/

  15. alan
    24/11/2011 pada 9:50 | #15

    merokok itu hanya akn merugikan diri sendri dan orang lain……….
    jadi,,, law bisa yg blum merokok jgn coba” deh…
    okeeee broooooooooo……….

  16. petrus teraniaya dijalanan
    14/11/2011 pada 11:19 | #16

    .ayam berkokok di atas genteng
    .gak merokokm gak GANTENG ..
    .hahaha

  17. dheny yonq ambon
    05/11/2011 pada 22:46 | #17

    merokok itu wajib.. dan pantas apabila kita lagi stres,frustasi, dan putus asah,,,
    bagi data-data di atas.. itu cuma karangan agar perusahan/pabrik terjadi bangkrut…

  18. Rendy
    30/09/2011 pada 19:11 | #18

    Seperti uraian diatas , ” Perokok Pasif lebih besar kemungkinan terkena kanker dari pada perokok aktif ”
    Nah, jadi dapat disimpulkan mending jadi perokok aktif aja daripada pasif ..

    hahahahaaa

  19. firman
    26/09/2011 pada 12:49 | #19

    merokok dapat merusak semua orang,akibat tidak bsa bli rokok
    1:mengambil milik orang lain
    2:menipu orang tua untk bli rokok

  20. ipunk
    20/09/2011 pada 7:46 | #20

    stop rokok coz rokok mrugikan seluruh komponen masyarakat
    tapi nek rokok di kharamkan kasihan petani tembakau
    bagaimana nasib petani tembakau

  21. 06/06/2011 pada 20:06 | #21

    rokok dpat
    membuat manusia mati ..

  22. 06/06/2011 pada 20:04 | #22

    karna rokok manusia bisa mati ..

  23. banu al basyarnagmuhibbien
    02/06/2011 pada 23:07 | #23

    ROKOK itu HARAM!!! perbuatan dosa yang di spelekan dan di anggap biasa.

  24. jojon
    20/05/2011 pada 10:37 | #24

    sAlam sejah tera untk pecinta Rokok…

  25. jojo
    20/05/2011 pada 10:32 | #25

    meroko dpt mnyababkan bdn kita sehat , seperti otot aderay

  26. sintia
    07/05/2011 pada 14:43 | #26

    ngapain ngeroko ga penting baget sih !!!

  27. aidil
    04/05/2011 pada 12:45 | #27

    salam sejatera buat para perokok sedunia

    sy cuma mw bilang klo orang merokok bisa mati
    kemudian tdk merokok pun bisa mati
    jd kesimpulannyakita merokok sampai mati

  28. didi
    21/04/2011 pada 13:26 | #28

    ga ada gunanya menyiksa diri sendiri……..racun koq di makan….apa kt dunia…::)

  29. ROOLY
    19/04/2011 pada 20:00 | #29

    ROKOK HERBAL BAIK UNTUK PEROKOK
    PENGERTIAN ROKOK HERBAL
    Istilah Herbal dalam dunia pengobatan memiliki makna yang luas, yaitu segala jenis tumbuhan dan seluruh bagian-bagiannya yang mengandung satu atau lebih bahan aktif yang dapat dipakai sebagai obat (therapeutic). Herbal di kenal juga sebagai tanaman obat yang salah satu, sebagian, atau seluruh bagiannya mengandung zat atau bahan yang berkhasiat baik bagi kesehatan tubuh. Bagian yang dimaksud bisa daun, batang, akar, umbi, buah atau bunga. Di dalam herbal atau tanaman obat itu terdapat kumpulan zat-zat yang memiliki beberapa efek farmakologi karena komposisi kandungan yang terdapat dalam tanaman obat itu bersifat konstruktif yaitu bersifat membangun organ, sel dan sistem tubuh.

    Dalam Ensiklopedia, pengertian Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Menurut Framework Convention on Tobacco Control (FCTC)-WHO, produk tembakau adalah produk yang dibuat dengan menggunakan seluruh atau sebagian dari daun tembakau sebagai bahan dasar yang diproduksi untuk digunakan sebagai rokok yang dikonsumsi dengan cara dihisap, dikunyah, atau disedot. Produk tembakau khususnya rokok dapat berbentuk sigaret, kretek, cerutu, lintingan, menggunakan pipa, tembakau yang disedot, dan tembakau tanpa asap.
    UNTUK PEMESANAN HUBUNGI CHAIRUL SARTO UTOMO
    TELP 085859467928
    PER KORPRI BLOK Q 3 NO 18
    SEMARANG
    024 6720202 INFO LENGKAP DI HERBALMODERN.BLOGSPOT.COM

  30. andi
    14/04/2011 pada 12:15 | #30

    ohhhhhh,,,jangan salah bro..
    kita taw ko mana yang bisa buat kita nyaman ,,ya salah satunya dengan merokok…
    emang sih rokok “katanya dapat meninbulkan ratusan penyakit”tapi saya kurang yakin dengan itu semua..
    jadi bagi yang gemar merokok mari kita merokok bersama2 tanpa rasa cemas…….

  31. babyboy
    07/04/2011 pada 10:13 | #31

    Tapi ada penelitian dari seorang Professor yang mengatakan bahwa Perokok Aktif dan Sangat Pecandu akan terbebas dari penyakit Bungkuk… (Badan Bungkuk)…

    Saya pun bingung akan pertanyaan itu dan akhirnya pertanyaan tidak bisa tertahan lagi dan keluar dari mulut saya…

    Memangnya kenapa, kok bisa gitu..???

    Sang Professor pun menjawab…

    “Ya, bisa, karena sebelum bungkuk dia udah mati duluan…”"”"

    gw cuma bisa ngebatin… -.-”" cape deeeehhhhh….

  32. ntycus
    17/02/2011 pada 11:02 | #32

    buat smua prokok hidup kalian sangat berarti…..
    aku pernah khilangan orang yang baru aku knal dan hanya sekali seumur hidup…
    entah apa yang mnyebabkan dia pergi….
    apa itu karna ROKOK……………..?????????//
    kanker darah {leukimia}……… aku tak ingin khilangan lagi orang2 yang aku sayang dari hidupku…………
    jangan pernah berhenti untuk memberikan informasi yang lebih lanjut tentang bahaya rokok……….. trimakasih…….

  33. Ncezh
    28/01/2011 pada 11:32 | #33

    Gmn caranya menghilangkan semua asap yg ada di dalam tubuh?

  34. yongki
    24/01/2011 pada 19:07 | #34

    pengen brhnti tapi sulit gimanaya?(seribu tanya)

  35. Qie
    06/01/2011 pada 10:17 | #35

    As_Kum…..
    To The Point Z??
    hanya orang bodoh yang mau melakukan hal yang bahaya yaitu salah satunya merokok. baru kalau dah kena dampaknya inget.So,jauhi rokok mulai karang OK…!!!!

  36. manusia biasa
    28/10/2010 pada 3:32 | #36

    hahahahahhaha…..

    percuma …
    maaf kata :o rang indonesia 12% yang pinter yang selebihnya lebih bego dari hewan…….
    udah di publikasikan tentang bahayanya rokok masih juga ngerokok alasan mau berenti tapi gak bisa ( niatnya gak ada )…. ,” orang perokok = pembunuh berdarah dingin ”

    say no to smoke……

    maaf bagi yang perokok berat dari pada ngerokok mendingan lu bunuh diri aja dari pada jadi polusi bumi … bumi ini akan aman jika gak ada orang yang ngerokok……. ( salah satu syarat bumi aman )

  37. shearlie
    13/10/2010 pada 14:54 | #37

    ya saya setuju dengan penelusuran ini !!!!!!!!

  38. Tony pui
    18/09/2010 pada 13:02 | #38

    pengen sih berhenti,tp sbagian org mengatakan berhenti mrokok jg blm tentu jg bs kaya..!!!sebagian lg mengatakan “selagi masih didunia nikmatin aja”makanya bingung…???berhenti apa gk ya..???

  39. jupiter
    08/09/2010 pada 10:04 | #39

    yahhh walaupun aku sdah tau smua bhyanya.. tapi susah untuk berhenti… aku anak kost mendingan makan mie doang dari pada g merokok…( makanan di peririt pengeluarannya tapi untuk rokok g bisa di irit)
    g tau kapan bisa berhenti????

  40. 08/09/2010 pada 9:45 | #40

    bagi yg pngen bisa berhenti merokok!… aq ad resep jitunya!….alami bnget!…. dijamin sembuh dech…..

  41. Fikri
    07/09/2010 pada 3:30 | #41

    banyak perokok ingin berhenti, namun mereka suka mema’afkan dirinya, ujungnya ngerokok lagi deh ….
    harusnya rokok itu diberi pajak yang lebih daripada Mobil Mercy, yakin deh, bakal banyak yang pikir pikir ngorokok lagi …..

  42. 31/08/2010 pada 9:50 | #42

    Assalamu’alaikum wr.wb Alhamdulillah, saya telah berhenti merokok kurang lebih 1,5 tahun sampai sekarang, kalau mw berhenti merokok memang harus bertahap, ada niat berhenti, mengerti tentang dampak merokok dan pasti sakit demam dulu 3 hari tergantung kondisi tubuh dan harus di dukung orang terdekat kita, semoga Allah SWT memberi kita kekuatan untuk berusaha berhenti merokok. Amiiin ya Allah. Wassalam.

  43. 24/08/2010 pada 10:00 | #43

    apa enaknya rokok, kelihatan di luar dibungkus kertas puti, diatas ada spons di beri gula, didalamnya daun kering yang dibuat halus ya………… sama saja dengan daun kering yang sudah sampah. bagaimana manusia kok suka dengan sampah di masukan dalam mulut.

  44. Yanto
    09/07/2010 pada 9:12 | #44

    Artikel Anda cukup ilmiah, tapi kesimpulan Anda tidak fair, hanya nuruti emosi Anda krn anti rokok. Yang jelas belum ada bukti secara klinis bahwa penderita kanker dan penyakit lain yg dituduhkannya, disebabkan karena perokok. Terbukti para penderita Cancer, Tumor, Cysta, Hipertensi, Stroke, Mandul, Impotensi, Diabetes dlsb justru sebagian besar dari mereka yng bukan perokok (jangan berdalih mereka perokok pasif). Fakta dilapangan demikian banyak anak2 balita terserang flex/Bronchipnemonia justru anak2 yg dibesarkan dlm lingkungan bebas dari asap rokok. Kampanye anti rokok ga akan laku krn bukti dilapangan menunjukkan banyak para perokok berusia tua dan sehat, silakan Anda amati langsung di lapangan.
    Jadi kesimpulan saya, Hasil penelitian seabreg kandungan racun rokok berbanding terbalik dengan fakta lapangan. Piye jal nek ngono kuwi…? Bandingkan dengan racun Jeroan, sate kambing, makanan2 modern yg berkimia yg secara kasat mata kerap menelan korban. Makanan2 itulah yang selayaknya diberi label seperti halnya pada kemasan rokok..

  45. ippank
    05/07/2010 pada 10:30 | #45

    merokok is the best

  46. yansyah
    01/06/2010 pada 23:32 | #46

    anda bisa megatakan seperti itu karena anda adalah seorang perokok. jika anda mengajak orang lain untuk tetap merokok,maka anda sama saja membunuh mereka.

  47. yansyah
    01/06/2010 pada 23:29 | #47

    merokok sangat merugikan diri sendiri dan orang lain. maka berhentilah merokok

  48. awey
    07/04/2010 pada 19:56 | #48

    hahahaha saya ini memang perokok .,.,.,.,
    saya perokok dan anda bukan so pasti anda menjelekan perokok,.,. tapi apakah anda sadar yang paling sadar bayar pajak itu perokok gak pernah ngeluh walau harga rokok naik.,.,., dan yang paling penting brapa ribu jiwa hidup dari rokok.,.,., anda salah besar kalo bilang rokok banyak membunuh yang jelas rokok bisa menghidupi ribuan buruh pabrik rokok belum petani tembakau,.,. pengecer.,.,. dan masih banyak yang lainnya,,..,.,.harusnya sebelum anda bikin suatu kesimpulan itu jangan menggunakan emosi semata.,.,.,.,.,.,

    pokoknya YG MEROKOK JANGAN BERHENTI
    YG GAK MEROKOK JANGAN MENCOBA.,., APALAGI MENGHUJAT PEROKOK,.,.,.

  49. atik susana
    01/04/2010 pada 2:19 | #49

    Dr mana anda mendapat informasi kalau rokok itu haram sedangkan saya belum pernah membaca dalam kitb suci agama islam kalau rokok itu haram…….atas dasar apa anda mengharamkan merokok…..setiap apa yg kita kerjakan ada sisi negatif dan positifnya.,,sekarang untuk apa tembakau ditanam kalau tdk untuk bikin rokok…..

  50. JOHNZ
    22/02/2010 pada 11:17 | #50

    Aku pengen berhenti merokok tolong berikan solusinya Om …!

  51. JOHNZ
    22/02/2010 pada 11:15 | #51

    Klo bsa di kasih solusi cara berhenti merokok ….
    dan solusi menghilangkan asap rokok dalam tubuh seorang perokok ….

    terima kasih ..!

  52. suci pradita lestari
    08/02/2010 pada 20:49 | #52

    sya jg tdk ska dgn orng perokoq,….

  53. Ratih
    28/12/2009 pada 10:23 | #53

    Salam hangat…
    q suka dgn artikelx tp lbh bagus lg klw ditambah dgn efek dr perokok berat
    biar para perokok tw akibat dr rokok krn rokok jg dpt merugikan org lain bahkan lbh parah dr perokok.

  54. 22/12/2009 pada 13:00 | #54

    Salam…………….
    ya betul rokok sangatlah berbahaya bagi kesehatan, walaupun dampaknya tidak langsung kelihatan tapi dalam jangka panjangnya itu pasti terbukti. artikel ini buat saya pribadi sangat bagus untuk pengetahuan kita biar kita siperokok berat tapi anak anak kita janganlah sampai seperti kita cukup kita saja yang merasakan. Terimah kasih

  55. 22/12/2009 pada 10:52 | #55

    Saya benar-benar perokok, walau percaya bahaya rokok begitu menakutkan.
    Saya benar-benar percaya bahwa para ahli kesehatan bisa mencegah bahaya rokok.

    Jadi, karena ada pencegahan bahayanya, saya tidak takut lagi… saya tetap merokok, sekali lagi saya tetap merokok.
    Bayangkan jika tidak ada saya dan teman-teman perokok lainnya… ratusan pabrik rokok akan gulung tikar, ratusan hektar tembako mati sia-sia. Dan yang paling penting, berapa ratus juta manusia akan kehilangan pekerjaan? Bahaya nganggur akanh lebih dahsyat daripada bahaya rokok.
    Bagi saya, para ahli kesehatan LEBIH BAIK dan lebih menguntungkan jika menemukan obatnya. Melarang merokok perbuatan tidak bertanggungjawab dari para ahli kesehatan.

  56. 16/12/2009 pada 10:35 | #56

    kliatan rokok sangat merugikan.tapi, lihatlah!rokok juga dapat dimanfaatkan sebagai:
    -obat nyamuk (nikotin)
    -batrai (cadmium)
    -pembersih lantai (amonia)
    -pelarut (toluena)
    -dll

  57. 04/12/2009 pada 10:10 | #57

    Salam……..
    Ini sangat perlu bagi semua manusia sedangkan di sekitar kita hampir semua perokok, bagaimana cara menghindari … itu khan asap ya juga kemana-mana biarpun kita jauh dari siperokok. Terimakasih.