Payday loans
payday loans
Beranda > Lingkungan > Tips Menanam Tomat

Tips Menanam Tomat

Tomat ditanam tanpa menggunakan bahan kimia atau pupuk kimia, begitu juga dengan tanaman lainnya.

Tips menanam tomat:

1. Membuat penyemaian tomat

Tomat diperbanyak dengan biji dengan cara disemaikan lebih dahulu. Bibit yang telah disemaikan diletakkan di tempat yang teduh. Setelah berumur 1 bulan baru dipindahkan ke media penanaman.

2. Mengelola tanah

Tanah diolah dengan cara dicangkul, diberi pupuk  kotoran binatang atau dari sampah dapur yang telah diolah menjadi kompos, kemudian diaduk kembali untuk mencampur pupuk dan tanah. Jika memakai kotoran binatang yang masih mentah (belum diproses) setelah tercampur diamkan selama 1 minggu atau 2 minggu. Jika kita langsung menanaminya, tanaman tersebut akan menguning dan mati. Berikutnya ratakan dan membuat bedengan dan diberi lubang dengan jarak 70-80 cm.

3. Pemeliharaan

Penyiraman dilakukan sejak bibit dipindah ke bedengan dan sebaiknya dilakukan 2x sehari.

4. Penyiangan

Penyiangan bisa dilakukan dengan cara mencabut tanaman liar. Atau bisa juga menggunakan alat untuk mencabutnya.

5. Pemasangan lanjaran

Dilakukan sedini mungkin mulai waktu kecil. Karena akarnya masih pendek (sedikit) supaya akar tidak patah dan mengakibatkan akar busuk.

6. Pengendalian hama

Dengan menggunakan sikat gigi bekas dan air atau dengan lap halus. Dibersihkan perlahan-lahan. Membersihkan daun tomat yang kuning atau daun yang mati dengan cara digunting.

7. Panen

Masa panen tomat 3 bulan sekali dan dilakukan menjelang siang hari.

Dikutip dari http://ksupointer.com

Kategori:Lingkungan Tag
  1. nurviani
    15/07/2011 pada 20:51 | #1

    gan kl tomat yg bagus ditanam di halaman rumh jenis apa??

  2. sofyan amir
    27/06/2011 pada 6:47 | #2

    Bulan saya dah menenam Melon dan Harbis (Timun Mas)…

  3. sofyan amir
    27/06/2011 pada 6:32 | #3

    Bulan saya mencoba belajar menanam Melon dan Timun Mas.

  4. mayank
    19/06/2011 pada 10:57 | #4

    oh gt y?klu nanam jruk gmna?

  5. 14/05/2011 pada 17:11 | #5

    nahhh!!!!! melon di kalbar gmn? aq pnah tanam, tp buah bsuk dalam..
    kondisi buah normal, besar2 lg….

    sekalian saran aja, pestesida alami pake perasan air ato sari pare….

  6. 14/05/2011 pada 17:08 | #6

    itu nanam apa percobaan tanam.
    kasian yg pemula…..

  7. jamal arab
    08/05/2011 pada 23:15 | #7

    bagei mana kalau penanaman tomat,dilakukan pada musim hujan?….cara pengelolaannya?

  8. San Gos
    18/03/2011 pada 19:10 | #8

    berhubvung aku tinggal di daerah dingin, maka pembibitan aku lakukan didalam rumah persisi dijendela pada bulan feb, sampai kira bulan aku pindah kan keluar rumah sampai musim panas tiba

  9. 09/11/2010 pada 15:02 | #9

    nambah ilmu nih …

  10. weny muqodas
    26/08/2010 pada 5:07 | #10

    klo aku sih…sebenarnya blm pernah menjadi petani yg sesungguhnya….namun sy sgt ingin sekali tau byk ttang tanaman…kushusnya yg menggunakan pot..???,,

  11. weny muqodas
    26/08/2010 pada 4:59 | #11

    sy ingin tau lbh banyak tentang cara menanam daun bawang yg baik…??

  12. siti roi
    20/08/2010 pada 12:48 | #12

    trims atas infonya , mohon di kasih kiat untuk tanam tomat di musim hujan

  13. tiwi
    13/08/2010 pada 14:56 | #13

    Kurang fotonya nih, .

  14. satria
    28/06/2010 pada 12:49 | #14

    mantap gan, info nya bagus bgt ,,klo bisa lebih banyak lagi tips tentang menanam tomat yang baik ,,

  15. aprilian
    25/06/2010 pada 21:50 | #15

    kalau musim hujan biasanya tomat pertumbuhannya jelek…,knapa ya?

  16. 10/06/2010 pada 18:28 | #16

    bagaimana cara nanam tomat dalam pot atau polibek|??? nice info nya gan…

    trus.. lok kita nanam tomat.. bisa gak berbuah mangga.. ??hahahhaha

  17. nia
    04/06/2010 pada 20:01 | #17

    wah, thanks ya info nya. tugas q jadi selesai deh….

  18. nover
    12/05/2010 pada 23:06 | #18

    tanaman tomat saya banyak sekali bunganya tapi kok tidak pernah jadi buah

  19. yanthu
    08/05/2010 pada 13:04 | #19

    aduh ada sebagian gaya bahsanya ga aku ngerti yang badengan tu apa ya????

  20. ulfah rosidah
    16/04/2010 pada 13:40 | #20

    Terimakasih…..

  21. dehendy
    14/04/2010 pada 6:14 | #21

    aku sudah hampir 2 tahun jadi petani tomat hasilny lumayan tapi dalam hasil laba penjualan kurang banget gimana ya…

  22. haris
    22/02/2010 pada 20:10 | #22

    quw dach nanem kacang ijo, dach kluar buah na jga
    kra2 kcang hju bsa jdi phon gde pa g

  23. 18/02/2010 pada 9:29 | #23

    kalo saya sudah nanam tomat, kira2 penjualannya ke mana ya? saya di Kendal…

  24. 03/02/2010 pada 7:36 | #24

    kuk se simpel itu? msh kurang banyak untuk dijadikan media pembelajaran

  25. 29/10/2009 pada 11:10 | #25

    good idea. mari sehat dan mandiri dimulai dari sini. pertanian organikkkkk

  26. ervanz
    13/10/2009 pada 22:49 | #26

    ok, bulan ini praktek tanam….