Payday loans
payday loans
Beranda > Kesehatan > Tips Atasi Gejala Radang Tenggorokan

Tips Atasi Gejala Radang Tenggorokan

throat.homekecilSering merasa tenggorokan anda sakit ketika menelan? Bisa jadi itu gejala radang tenggorokan. Meskipun kelihatannya sepele, jika tidak ditangani dengan tepat dapat menimbulkan komplikasi,seperti demam.

Radang tenggorokan terjadi akibat kegagalan kelenjar limfe melawan bakteri atau virus. Salah satu gejala yang sering terjadi adalah sakit pada tenggorokan, sebagai tanda awal adanya infeksi saluran pernapasan bagian atas.
Sebagian besar kasus radang tenggorokan dapat sembuh sendiri, tanpa obat-obatan.
Untuk meredakannya, lakukan tips sebagai berikut:
Istirahat yang cukup
Berkumur air garam hangat atau obat kumur untuk mengurangi rasa sakit. Untuk membuat larutan air garam, campurkan 1/4 sendok teh garam ke dalam 1/2 cangkir air hangat.
Makanlah tablet isap (lozenges). Tablet ini bermanfaat untuk mengurangi gejala peradangan dan sakit tenggorokan karena mengandung antiseptik, yakni zat yang dapat membunuh atau menghentikan pertumbuhan kuman, khususnya di selaput lendir mulut dan tenggorokan.
Banyak minum air atau jus buah. Minumlah sekurang-kurangnya 8 gelas air per hari untuk menjaga agar tenggorokan Anda tidak kering.

Minumlah obat pereda sakit dan penurun demam, misalnya asetaminofen, jika perlu.

Dari berbagai sumber

Foto: www.abcnews.com

download tulisan di sini

Kategori:Kesehatan Tag
  1. 02/09/2012 pada 14:01 | #1

    skit banget rasanya
    kepala pusing mkan pun buat nelen susah badan lemes sempoyongan kya udh tidak berdaya lagi tolong donk responya

  2. 02/09/2012 pada 13:58 | #2

    Sakit bangett nih

  3. Yohanes Pani
    29/05/2012 pada 8:31 | #3

    Pendarahan Tenggorokan sangat banyak sampai-sampai pasien lemah dan pingsan, jika terlambat mendapat pertolongan bisa GO!…karena pendarahan. Pertanyaan,”mengapa terjadi pendarahan tenggorokan yang luar biasa, seperti berdarah saat menyembelih kambing. Sudah dirongsen, hasilnya paru-paru normal, darah normal tengkorak hidung normal, leher normal dan telinga normal….ini terjadi pada anak saya berusia 11 tahun, akan kambuh bila anak tersebut mengkonsumsi jenis makanan snack, tarro, chiki-chiki dan makanan yang mengandung penyedap rasa….tolong!!!!!!!…. yang punya resep dibalas

  4. gery
    27/04/2012 pada 10:55 | #4

    kepala terasa pusing banget and pas pagi nya kok demam ya pas minum susu beruang eh malah keluar darah…
    kenapa ya tenggorokan aq ini???
    tolong kasih solusinya donk buat temen temen
    thanks…..

  5. adew
    04/04/2012 pada 17:26 | #5

    apakah radang tenggorokam jg bsa mmbuat kta jd batuk brdarah???
    solusi dr itu pa ya??

  6. 28/03/2012 pada 15:38 | #6

    untuk gejala umum dari radang ternggorokan apa nya?
    sebelumnya makasih atas infonya

  7. Rodrigo Yagues
    12/03/2012 pada 2:22 | #7

    Deciding upon which digital camcorder is suitable for your recording purposes is actually a complicated selection and process. You will find many elements that you have to contemplate before selecting a digital camcorder including the picture resolution, new technologies, screen sizes, recording approaches, and other options.

  8. 07/11/2011 pada 21:14 | #8

    tenggorokan sakit bnget rasanya kya mau di potong terus tiba tiba aku sakit demam rasanya tersiksa bnget thanks infonya

  9. dudung
    29/10/2011 pada 16:48 | #9

    udah 4 hari ini tenggorokanku sakit kalau nelan makanan. suaraku jg berubah.

  10. Wilya intan
    11/04/2011 pada 12:48 | #10

    Semangka & buah laya juga melenggakan tenggorokan. Oh yach bagi yang suka nyelam dan banyak menggunakan pernapasan mulut, hati-hati kayaknya itu juga bisa buat tenggorokan sakit.

  11. 21/03/2011 pada 11:33 | #11

    mencegah lebih baik dari pada mengobati, untuk mencegah terkena radang minumlah jus manggis setiap hari

  12. keisha
    28/01/2011 pada 15:05 | #12

    Tenggorokan ku sakit banget, seperti ada luka d dalam, apalgi kalo makan benar2 terasa perih,,,,plus gusi lg bengkak, huffft…
    Mw makan sakit, ga makan tapi laper, jadi serba salah….. :’(

  13. anna
    13/10/2010 pada 6:46 | #13

    sgt mnderita jka lg tsrg skit tenggorokan,,, mo nlen ludh aj sakit:(

  14. 09/08/2010 pada 20:24 | #14

    aku pengen tau tentang penyebab penyakit
    ?????????????????????????????????????
    !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    “”"”"”"”"”"”"”"”"”"”"”"”"”"”"”"”"”"”"”"”"”"
    ::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

  15. syifa
    04/12/2009 pada 12:04 | #15

    Tenggorokanku kadang-kadang suka berdarah pada saat mual untuk mengeluarkan dahak, dan setelah itu jadi sakit sekali tenggorokan saya, dan suara pun berubah menjadi serak, karena apa yah? Dan obat apa yg baiknya?

  16. 16/10/2009 pada 15:16 | #16

    tenggorokan q trsa gatal2.trus di sertai sekujur tubuh terasa sakit,kepala pusing.dan tenggorokan terasa pahit.kira2 ubatnya ap ya?