Payday loans
payday loans
Beranda > Kesehatan > Mengatasi Telinga Berdengung (Tinnitus)

Mengatasi Telinga Berdengung (Tinnitus)

telinga-berdengung_kclBanyak orang yang mengeluh telinganya berdengung (nada rendah) atau berdenging (nada tinggi). Keluhan ini dapat terjadi pada satu telinga saja maupun pada kedua telinga. Dapat bersifat sangat ringan sampai sangat berat sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tinnitus bukanlah suatu penyakit namun merupakan gejala dari suatu penyakit yang menimbulkan tinnitus.

Pada dasarnya telinga berdengung (tinnitus) adalah gangguan pendengaran yang ditandai dengan keluhan perasaan mendengar bunyi di dalam telinga atau di dalam kepala yang tidak dihasilkan oleh sumber dari luar. Tinnitus berasal dari kata “tinnire” yang artinya “membunyikan”

Tinitus pada pasien lanjut usia biasanya disebabkan oleh kerusakan pada saraf-saraf pendengaran/ Sedangkan pada pasien muda dapat disebabkan oleh seringnya mendengar suara keras , seperti music dengan volume suara yang memekakkan telinga.

Penyebab tinnitus yang paling sederhana adalah menempelnya kotoran telinga (serumen) di gendang telinga. Biasanya hal ini disebabkan karena kebiasaan mengorek kotoran telinga dengan cotton bud. Namun hasilnya kotoran keluar sangat sedikit sebaliknya sisa kotoran yang ada terdorong ke gendang telinga. Untuk mengatasi hal ini, disarankan untuk jangan mengorek telinga sendiri. Lebih baik datang kepada dokter di bidang THT secara rutin 6 bulan atau setahun sekali untuk membersihkan telinga.

Disamping itu tinnitus juga dapat merupakan gejala dari Penyakit Meniere’s yang memiliki trias gejala yaitu :             Tinitus dengan nada rendah atau tinggi, tuli saraf serta vertigo yang berfluktuasi. Penyakit lain yang terkait dengan tinnitus adalah Otosklerosis , Infeksi dan peradangan pada telinga , tumor jinak pada saraf pendengaran, tumor Glomus Jugulare , keracunan obat, tuli saraf, kelainan pada tuba eustachius, hipertensi, anemia, gangguan endokrin, penyakit autoimun seperti penyakit Lupus eritematous, cedera kepala.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghindari timbulnya tinnitus ataupun mengurangi gejala tinnitus. Semoga berguna bagi anda!

  • Hindari suara keras & suasana berisik
  • Ukur tekanan darah secara rutin
  • Kurangi asupan garam
  • Hindari hal-hal yang menstimulasi tinitus
  • Hindari obat-obat yang menimbulkan tinitus
  • Olahraga teratur
  • Istirahat cukup
  • Abaikan bunyi-bunyi yang timbul
  • Hindari stres
(Vera Herlina-ras/AS/vbl)
Foto : Vibizlife/Tan Yoh
download tulisan di sini
Kategori:Kesehatan Tag
  1. natakang sandra
    23/04/2014 pada 9:14 | #1

    sy jg menderita tinnitus,awalnya keraaas sekali tp skr sdh mengecil krn sy sembuhkan GERD (asam lambung naik) dan jaga lambung serta mkn obat lapibal disertai terapi oksigen hiperbarik di jakarta. mudah2-an bs membantu info ini.

  2. 17/04/2014 pada 16:36 | #2

    Cara Hidup » Mengatasi Telinga Berdengung (Tinnitus)
    atkfrsbel
    [url=http://www.gs2inp7907a7x0l0a050g0a7r77fc9cus.org/]utkfrsbel[/url]
    tkfrsbel http://www.gs2inp7907a7×0l0a050g0a7r77fc9cus.org/

  3. herman sani
    16/04/2014 pada 19:59 | #3

    @dewi
    anak saya umur 13 thn, thn sdh hampir l tahun setengah menderita telinga berdenging, pernah saya obati sendiri pake daun pisang diisi nasi panas tiap pagi ditiupkan di telinga, sempat sembuh selama l tahun, 2 minggu ini berdenging kembali, saya bawa ke dokter tht tadi malam, langsung di lihat pake monitor, ada cairan.. langsung disedot, alhamdulillah langsung sembuh aamin

  4. 15/04/2014 pada 1:10 | #4

    Istri sy baru pertama mengalami tinitus minggu belakangan ini…. selalu dengung telinga kirinya hampir setiap malam saja. Krn ud larut mlm. Sy g tau harus gimana.. Sy cb terapi refleksi pada kaki dan tangan. Alhamdulilah berkurang dan hampir hilang dengungnya.semula dengungnya hebat.sampe nangis istri sy krn susah tidur.sy ambil kesimpulan refleksi saraf di kaki dan tangan yg saya lakukan selama 10 menit bisa mengurangi tinitus.. bahkan hilang dengungnya.. terapi sy hentikan sampe dengung bnr2 hilang.dan akhirnya istri sy bs tidur lg. Hanya refleksi solusi kami setiap kambuh dengung.sy ambil ksimpulan..mungkin jika sering diterapi.bs mengobati? Yu yg lain nya silahkan mencoba.untuk titiknya sy fotokan nanti.

  5. 14/04/2014 pada 11:46 | #5

    I tend not to drop a comment, but I looked through some responses here
    Cara Hidup

  6. 14/04/2014 pada 11:46 | #6

    I tend not to drop a comment, but I looked through some responses here
    Cara Hidup

  7. Pusparaga
    11/04/2014 pada 7:50 | #7

    Saya ada obat herbal sage plus,propolis,omega squa dan clorophyl dan semua harus dikonsumsi secara rutin dan اِنْشَآءَاللّهُ  jangka waktu 4-6 bulan ada perubahan…bisa call dan sms ke 081217028238 dan 087853222977

  8. felix
    07/04/2014 pada 21:57 | #8

    Malam.. Siapa yg telinga berdengingnya sudah sembuh? Bisa telvon saya dong? Atau sms saya ke 082122233113.. Nanti saya telvon balik.. Pengen sharing sama yg sudah sembuh.. Trims

  9. 01/04/2014 pada 15:32 | #9

    Telinga kananku jiga berdengung! Apa karena penyakit ini? :/

  10. nila
    30/03/2014 pada 13:41 | #10

    aq jg mengalami kupng berdenging,udah 13 thn,udah brobat ke tht,katany kuping bagus, tp , knp aq tk bs mendengar.bhkn udah tes alat dengar tp tk brhasil jg.aq bingung bhkn tk tw harus bagaimana lg,selain pasrah

  11. ferry
    23/03/2014 pada 18:05 | #11

    @eva
    obat sakit telinga berdengung bisa dib eli tanpa resep dokter?
    ada efek sampingan?
    tks tlg bls

  12. hubudin
    05/03/2014 pada 8:58 | #12

    Ass, saya mengalami gejala telinga berdenging dan kadang2 mengeluarkan cairan mulai 2009 dan berobat ke dokter THT, dan Alhamdulillah diberikan kesembuhan namun setiap hampir satu tahun sekali telinga yang sebelah kiri mengalami gejala lagi, kejadian ini terus2an sampai sekarang. dan sampai saat ini mengalami lagi seperti kejadian di tahun 2009 telinga berdenging dan kadang2 mengeluarkan cairan, saya malu untuk beraktifitas seperti biasa. oleh karena itu mohon barangsiapa yg dapat memberikan pertolongan bagaimana caranya menyembuhkan penyakit di telinga sebelah kiri? lewat dokter THT udah dan masih dalam tahap pengobatan, hampir satu minggu berobat tapi belum ada tanda-tanda untuk sembuh.

  13. felix
    02/03/2014 pada 13:56 | #13

    Awalnya saya mengalami telinga berdenging di telinga kiri tanggal 6 januari 2014.. Awal suaranya kecil dan tanggal 15 januari saya berobat ke THT.. Dan dokter tht bilang kuping saya bagus, tidak ada pembengkakan dan dokter tht bilang coba ke dokter saraf, karena bisa jadi saraf telinga dalam yg kena..dan skrg telinga kanan saya juga denging kecil.. Jadi saya sudah 3X ke dokter tht ga ada perubahan dan saya skrg mencoba dengan herbal.. Mudah2an aja membantu dan menyembuhkan bunyi telinga ini.. Brkl ada saran lain yg dapat membantu, bisa tolong kabarin saya ke no.hp 082122233113 felix.. Karena bunyi ini sangat mengganggu dan bahkan kondisi fisik saya skrg menurun.. Terima kasih

  14. heru
    19/02/2014 pada 10:53 | #14

    baru sebulan menderita tinnitus, awalnya ngorek kuping, kuping gatal di tht dikasi salep, salepnya saya beli sendiri dan saya pake d rumah. akhirnya mulai tinnitus. telinga dimasukkan air hangat, lalu dikeluarkan lagi, malah terkena radang telinga & bernanah. uda 3x ke tht RS fatmawati, kata dokter hrs adaptasi. sekarang mencoba profesor tht .
    haddehhh, suara dengingnya kenceng, badan uda mulai goyang..
    apakah ada obatnya..

  15. sugino
    04/02/2014 pada 16:01 | #15

    saya menderita gangguan telinga berdenging seperti suara unggas di pedesaan pada kedua telinga, kira2 sdh 3-4 bln tidur nggak masalah gampang sekali, kalau pas olah raga gak terasa, klo gak ada aktifitas misalnya membaca, didepan laptop suara sungguh mengganggu, belum aku periksakan ke tht, tolong klo ada yg sdh sembuh share dong pengalamannya. tmksh

  16. 04/02/2014 pada 0:33 | #16

    Saya mula mendapat sakit telinga kanan bunyi bising saperti bunyi ungas dihutan dan telinga kiri berdengong pada bulan April 2013 salepas saya menjalankan pembedahan membuang hempedu saya yg rosak akibat batu batu didalam hempedu. Salepas pembedahan saya susah nahu tidor disebelah malam lalu saya mendapat rawatan dengan memakan ubat pil tidor yg diberi oleh doktor, lantas saya boleh tidor hingga kapagi. Salepas beberapa minggu saya didatangi masaalah bunyi bising saperti bungi ungas dihutan ditelinga kanan dan bunyi dengong ditelinga kiri. Bunyi bising ditelinga saya sememangnya menggangu pendengaran saya, sampai sekarang ganguan bising dan dengong masih mengganggu pendengaran saya. apa yang patut saya buat?

  17. alfi
    28/01/2014 pada 16:33 | #17

    saya sesudah menggunakan laptop telinga saya berdenging gitu
    itu penyakit apa sih! dibalas donk, kasihan tuh yg udah kirim komentar tp kga dibales

  18. Yusta Noverison
    22/01/2014 pada 12:54 | #18

    bagi yang punya perangkat Apple coba download iTrainer (Free)..lalu pakai applikasi itu..untuk awal aktifkan anti tinnitus full..untuk suara desingannya sesuaikan dengan kondisi denging telnga anda..terapi ini butuh kesabaran..tapi terapinya gak usah lama lama cukup 1 s.d 3 menit..lalu rasakan dengingannya ilang..

    pantangannya jangan main komputer yang pakai sinyal wifi..jauhkan Hp saat tidur…tidur harus mulai jam 9..olah raga setiap pagi atau sore…setiap pagi tiup nasi hangat dibungkus kerucut dau pisang ke telinga..

    Pasang Orgonite dikantor atau di rumah (bagi yang belum tahu orgonite, silahkan di searching)

    Biasakan minum susu MILO setiap akan tidur…

    Jadilah praktisi Reiki G Tumo, minimal di tahapan Kundalini 2…

    semoga bermanfaat…

    salam..:)

  19. mat denging
    18/01/2014 pada 15:39 | #19

    Saya sdh 11 thn mengalami denging dan sdh ke beberapa dokter ahli tht terkenal di jakarta tapi sampai sekarang belum sembuh. Nikmati sajalah.

  20. mat denging
    18/01/2014 pada 15:38 | #20

    Saya sdh 10 thn mengalami denging dan sdh ke beberapa dokter ahli tht terkenal di jakarta tapi sampai sekarang belum sembuh. Nikmati sajalah.

  21. mbah doell ae
    16/01/2014 pada 4:17 | #21

    kira2 udah dua minggu ini telinga sblah kiri saya berdenging, kaya wktu sakit panas.. seingat saya, gejalanya pas ngorek kuping pake cotton bud, kotorannya malah masuk.. hingga sekarang masih berdenging, dan kemampuan mendengar telinga sebelah kiri berkurang.. blom smpat priksa k dokter sih, tp semoga tidak terjadi hal2 yg tidak diinginkan..

  22. Darta
    15/01/2014 pada 16:23 | #22

    Saya juga menderita telinga berdengung kurang lebih sudah 2 bulan ini, hal ini memang sangat mengganggu aktivitas saya, saya berusaha untuk melupakan hal ini terjadi pada diri saya namun terkadang bisa namun sering kali tidak bisa, syukurlah hal ini tidak sampai mengganggu tidur saya, namun saya berharap jika ada solusi penyembuhan mohon diinformasikan ke kita yg menderita ini.

  23. erwin
    06/01/2014 pada 20:30 | #23

    Saya sudah 2 hari tinnitus, alhamdullilah langsung sembuh cuma pake obat tetes yg 1500 san di apotek.

  24. nany
    06/01/2014 pada 10:47 | #24

    saya penderita sinunistis sejak bulan Juli 2013 dan kata dokter THT berhubungan dengan sinusitis dan telah operasi tapi bunyi semakin kencang dan kemudian saya pindah ke dokter syaraf Dr Colman Saragih di Medan dan berikan obat syaraf dan ginko biloba. Alhamdulillah sembuh – suara berdenging hilang.dan sebagai informasi kurangi rokok, kopi dan perbanyak makan pisang.

  25. adlin iskandar
    30/12/2013 pada 20:48 | #25

    saya menderita telinga berdenging sudah sekitar 6 tahun telinga kanan saya berbunyi terus sampai sekarang. saya sudah ke tht 5 kali dan tdk ada perubahan sampai sekarang. seandainya ada yg sudah sembuh dari penyakit ini tolong sms saya ke no 08129661610

  26. dewi
    24/12/2013 pada 17:29 | #26

    saya tadi ke dokter tht krn telinga berdengung sdh tahunan, gak tahu tepatnya kpn.. sama dokter setelah test audiometri nanti ( blm aku lakuin krn menunggu dengung mereda setelah telinga disedot kotorannya) klo tinnitusnya parah disarankan pake alat perangkat multi tasking yg fungsinya meredam suara dengung biar tdk mengganggu. blm aku tanyakan lbh detail krn blm test audiometri..doakan smoga sembuh ya kawan..

  27. cesar
    23/12/2013 pada 14:35 | #27

    Saya mngalami telinga berdenging sdah hmpir 2 thn..akibat dlu saya prnah skit dan obat yg dberikan mngkin trlalu keras..apakah akibat dri obat yg brlebihan bisa mmbuat telinga brdenging scra permanen? Yg tw kasi info y bagi yg tau cara mngobatinya

  28. 03/12/2013 pada 19:30 | #28

    Tinnitus / telinga berdenging. saya sudah 3 bln mengalaminya, telinga kanan saya. Saya mendadak kehilangan pendengaran telinga kanan saya ( sudden deafness ). Telinga kanan saya mati rasa, tebal, dan berdenging serta gemrubuk keras. saat itu nol pendengaran kanan saya. yg kiri Alhamdulillah normal. Sampai sekarang telinga kiri saya masih berdenging dan gemrubuk walau sdh berjurang suaranya, dan alhamdulillah sdh 15% bisa mendengarkan.
    STRESS BERAT, itu jg yg sy rasakan, gelisah, marah, denial, campur aduk jadi satu. Percayalah, penyakit ini berhubungan dengan telinga dalam kita : syaraf cochlea dan vestibuli. Syarat, kalau sdh sakit, sulit sembuh totalnya, selalu meninggalkan gejala sisa.
    Pemakaian ABD Alat Bantu Dengar, mungkin membantu menambah kemampuan mendengar telinga kita yg sakit, silakan dicoba.
    Kita hanya bisa pasrah berusaha dan berdoa minta sembuh pada Alloh.
    LUPAKAN suara berdenging ditelinga kita, nikmati tidurmu, yakinlah kamu bisa tidur nyenyak tanpa terganggu denging telinga, hidup ini nyaman kok.
    Saya punya sedikit informasi, di Jombang Jawa Timur ada seorang praktisi pijat syaraf, mr. Mashudin SH. Beliau mengaku bisa menyembuhkan jangankan hanya Pendengaran menurun, cacat tuli kongenital ( bawaan lahir ) sj mampu. Dengan metode totok syaraf di belakang telinga, mungkin anda sdh melihat demonya di TV.
    Tapi biayanya sangat besar menurut saya. Tuli bawaan, datang pertama 25jt untuk buka syaraf, lalu tiap kontrol 5 jt, total sekitar butuh dana 80jt, kelihatannya tidak ada garansi berhasil.
    Telinga menurun daya dengarnya, termasuk tinnitus, datang pertama bisa 3 atau 5 jt buat buka syaraf, tergantung berat ringannya. lalu 3-5 juta tiap kontrol.Estimasi biaya, tergantung berat ringannya penyakit.
    Jujur, saya belum mencobanya, gak mampu mbayarnya, sy pernah menginap disana sehari semalam mencari info tarip, segitu itu pengakuan yg mencoba berobat.
    exclude, belum termasuk pendaftaran dewasa 50rb anak anak 400rb+ Konsultasi 150rb + test dg alat pendengaran 300rb.
    alamat:
    naik bis atau sepur turun stasiun Jombang. Jalan timur statiun Jombang keselatan sekitar 15 km, bisa bawa mobil sendiri atau naik bus umum jurusan Malang, minta turun POS OJEK NGORO ( Pas tikungan jalan ). silakan ojek saja rp 10rb, lokasinya masuk desa sekitar 2 km.

    Semoga Sedikit info ini bisa membantu teman teman.

  29. 27/11/2013 pada 16:16 | #29

    sepertinya kita harus mencari tau tentang ini ya

  30. Achmad
    28/10/2013 pada 5:49 | #30

    Buat anda menderita penyakit ini,dan anda berdomisili di jakarta coba deh pergi ke terapi qalbu yang tayang di antv setiap hari minggu tempatnya kalo ngga salah jalan utan kayu raya no 24 jaktim ,kalo ada perubahan di share ya soalnya aku tinggal di kalimantan

  31. affan
    27/10/2013 pada 21:34 | #31

    Yaa Allah……
    ternyata bukan saya saja yang menderita penyakit telinga berdengung,, yang berdengung sebelah kiri, tapi kenapa yang sebelah kanan kadang susah menangkap suara dengan jelas…..
    kalau ada diantara sahabat2 yang menderita penyakit seperti ini dan sudah menjalani pengobatan dengan cara medis atau tradisional dan udah sembuh, tolong share atau bisa kirimi saya email ke (mhd.affandy1508@yahoo.com)
    kehidupan ini kaya’ ganjil jika telinga berdengung dan kadan tidak bisa menangkap suara dengan jelas….

  32. Pasrah yang maha kuasa
    26/10/2013 pada 17:12 | #32

    Buat teman yang juga mengalami penyakit ini,kita pasrah aj deh ama yang di atasa,kita ma masih beruntung kena penyakit seperti ini,gimana dengan yang ngga bisa melihat,yang ngga bisa bicara,yang kena kanker.toh kita semua bakalan kembali kepadanya,jadi saran saya jalani aja hidup dengan senang dan beramal :)

  33. Ali Sa
    24/10/2013 pada 17:10 | #33

    Aq mulai mendapat tinitus bulan april 2013 ampe sekarang.
    Menurutku disebabkan frekuensi tinggi dari desingan harddisk notebook.
    Karena sebelumnya sudah bertahun-tahun aq selalu berdekatan dengan notebook. dimana profesiku kala itu menjadi programmer, dari pagi hingga malam.
    Sekarang aq sdh tdk menggunakan notebook lagi, aq menggunakan pc desktop dan CPU aq jauhkan dari tempat aq duduk (agar frekuensi tinggi dari putaran harddisk tdk sampai ke telinga.
    Sampai sekarang juga belum sembuh tinitusku.
    Katanya terapi suara deburan ombak air dapat menyembuhkan, tapi belum aq coba, walau rumahku hanya 3 km dari laut selatan.
    Mudahan-mudahan ini dapat membantu

  34. sugino
    19/10/2013 pada 10:13 | #34

    saya jg mengalami telinga berdenging.klo ada yg tau solusinya.tolong share dong ke saya.tq

  35. nidar
    12/10/2013 pada 16:03 | #35

    Ass. . .sya jga ada mslah dgn tlinga sya,sdh 2 hri tlinga sya brdengung,pndengaran jdi kurang jlas.ktka sya mmbrsihkan tlinga tiba2 telinga sya jdi berdengung,,kta’a ada ktoran yg terdorong terlalu dlam saat mmbersihkan telinga,sya mau cba pkx obat ttes,ada yg tau gk obat ttes apa yg ccok sya pkex,,tlong di share ya tmn2 yg udd prnah cba._085206545623

  36. syam
    10/10/2013 pada 22:02 | #36

    -turu sakdurung e jam9 bengi.
    -tangi pas subuh.
    -subuhan sujud e sing rodo suwe.
    Silahkaaan di cobaaaa… Aku wis njajal, alhamdulillah mari..

  37. will muhari
    09/10/2013 pada 1:55 | #37

    Ya allah ane denger bunyi nyamuk deket telinga yang sebentar aja udah pusing gimana yang berkepanjangan. Yang sabar ya banyak berdoa dan ihtiar. Semoga allah swt memberikan kesehatan buat kita semua. Amin.

  38. Citra Yunela Sari
    08/10/2013 pada 21:17 | #38

    tadi malam saya tidak melakukan berbagau hal yang dapat membuat telinga saya berdengung, saat bangun pagi tiba” telinga kiri saya berdengung hebat…. saya sempat menjongkelnya dan membuang kotorannya, tapi dengungannya tidak berkurang 2 hari setelah itu dengungannya berkurang dan sekarang kuat lagi, mohon untuk bantuannya, karena saya sangat menderita…. :’(

  39. imam
    08/10/2013 pada 18:19 | #39

    sampai kapaaaaaaaaaaaaannnnn ya ALLAH…derita tinitus ini sembuh

  40. kiki
    20/09/2013 pada 10:48 | #40

    saya mengalami kepala berdengung hampir satu bulan,,, sudah 10 kali berobat tapi tidak ada perubahan,mohon kalau ada cara pengobatan mohon di publikasikan..terima kasih..

  41. Arie
    09/09/2013 pada 16:01 | #41

    Telinga saya mendengung sejak saya masih usia dini، sekitar 3-4 tahunan، tiap malam jika sunyi tidak ada suara dari luar saya tidak bisa tidur، saking kerasnya suara dalam telinga saya. Saya udah coba pergi ke spesialis THT di daerah saya، namun dokter memfonis telinga saya tidak bisa di sembuhkan. Dengan ini saya harap ada jalan keluarnya baik dengan cara alami / herbal maupun dengan bantuan medis.
    Terima kasih.

  42. aziz
    02/09/2013 pada 22:32 | #42

    Sama teman” semua saya menglami kuping berdengung sudah mau 2th, rasanya mengganggu sekali sperti suar jangkrik yg terus menerus ga brhenti.. Pasrahaaja tawakal

  43. 23/08/2013 pada 9:06 | #43

    Halo,

    Apakah Anda putus asa yang membutuhkan bantuan pinjaman? Apakah Anda akan ditolak dari pinjaman
    dari bank Anda atau Kantor Keuangan? Apakah Anda membutuhkan bantuan keuangan? Apakah
    Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar tagihan Anda atau membeli rumah? Apakah Anda ingin memiliki
    Usaha Anda sendiri dan Anda perlu Bantuan Keuangan Pinjaman? Hubungi kami hari ini
    untuk Anda Bantuan Pinjaman Keuangan. Kami bersedia membantu Anda keluar di kedua
    Bisnis atau Pribadi Tawarkan Kredit Tersedia dan bunga yang terjangkau

    laju 3% Orang Tertarik harus menghubungi kami melalui e-mail.:
    pastorchristloanoffer@gmail.com
    APLIKASI DETAIL

    Nama Pertama :_________________________
    Nama Terakhir :___________________________
    Gender :_______________________________
    Status Perkawinan :_______________________
    :_____________________ Alamat Kontak
    Kota / Kode pos :________________________
    Negara :__________________________
    State_______________________________
    Tanggal Lahir :________________________
    Dibutuhkan Jumlah Pinjaman :________________
    Pinjaman Jangka waktu :________________________
    Bulanan Penghasilan / Pendapatan Tahunan :_________
    Pekerjaan :__________________________
    Tujuan untuk Pinjaman :_____________________
    Telepon rumah :_________________________
    Cell Phone :___________________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelum ?________

    terima kasih
    pendeta christ

  44. muhammad rizal
    18/08/2013 pada 19:37 | #44

    telinga saya yang sebelah kiri agak sedikit(kurang mendengar),akibat terkena benturan keras bola saat saya bermain futsal dan akhir-akhir ini telinga saya masih sakit..
    tolong kasih saya arahan

  45. sumarna
    05/08/2013 pada 7:51 | #45

    @shinta
    oh ya mbak sinta tolong info ke saya nama obat dan beli sampai berapa hari, or atau begini teman-temna bagaimana kalau kita buat perkumpulan sehingga kita bisa share.??

  46. Andre
    28/07/2013 pada 17:06 | #46

    hallo sayya penderita telinga dengung gi mana iia caranya agar tidak dengung lagi di teliinga saya
    saya streesss dgn adanya ini
    rasanya tidak adill bnget di dunia ini

  47. sarifudin
    23/07/2013 pada 10:59 | #47

    @maniel
    dear maniel, nasi panasnya yang dimasak melalui magic com or Dandang

    Terima Kasih

  48. Alex
    22/07/2013 pada 18:22 | #48

    assalamualaikum.. wah ternyata g cuma saya ya, mungkin pake cara hipnoterapi isa sembuh.. ya semoga saja

  49. Ryan
    22/07/2013 pada 4:37 | #49

    saya sudah menderita tinnitus semenjak November 2009 sampai saat ini, sudah banyak usaha yg saya jalankan utk bisa menghilangkan denging dalam kepala saya ini baik alternatif maupun medis, dan bahkan sampai berobat ke salah satu Profesor THT di salah satu RS THT di Jakarta, namun sampai sekarang tidak ada perubahan sama sekali.
    memang benar bahwa seperti rekan-rekan yg sependeritaan sama dengan saya bahkan lebih lama dari saya jalan yang paling tepat adalah bisa “menerima” apa adanya.
    memang banyak berita yang mengabarkan bahwa dengan terapi akupuntur bisa dapat mengurangi bahkan menyembuhkan penyakit ini, walaupun saya sampai sekarang belum mendapatkan informasi yang jelas dan “bagus” untuk mencoba terapi ini.
    mungkin rekan-rekan yang memiliki dan pernah mencobanya bisa men-share informasi di forum ini.
    sekali lagi bahwa pasrah dan tawakal adalah jalan satu-satunya untuk bisa menghindari rasa stress efek dari tinnitus ini di dalam kehidupan sehari-hari.

  50. 18/07/2013 pada 10:05 | #50

    Udah berbagai cara pun di lakukan tapi hasil ny 0 Besar.Klo ada yg udah sembuh Tolong di Share ya Cara ny…..biar bermanfaat Buat kita Smua….
    Aku bagaimana lagi…
    Please Tuhan Tolong aku

  51. 18/07/2013 pada 9:56 | #51

    Hanya bisa sabarr… Ya allah Mungkin ini dosa ku yg kurng panday bersukur… Saya Sudh hampir putus asa dgn pnyakit ini….

  52. handayani
    17/07/2013 pada 18:19 | #52

    @vaanessa
    akupunturnya dimana ya

  53. iis
    15/07/2013 pada 13:13 | #53

    Waduh saya jg merasakan yg sama (tinnitus) dulu pernah sembuh sebentar dgn menghirup irisan bawang merah , tp kambuh lagi sdh 1 th ini ga sembuh2, sdh berobat ke THT sdh dioperasi ditusuk sdkit gendang telinga tp tetap saja mendenging, ke alternatif jg pernah gak ada hasilnya jg. Skrg tinggal berdoa terus dan pasrah..

  54. Maskur tok
    11/07/2013 pada 22:30 | #54

    <a href= saya sekarang sudah jadi orang tuli total kejadiannya berawal seperti anda. Coba klik mr . Masudin katanya ahli syaraf teliinga. Tetangga ada yg mau berobat kesana dgn biaya konsultasi 300 rb. Terapi 4 kali. Sekali terapi 5 jt. Tuli dari kecil. Biaya tergantung keadaan. Saya sudah capek berobat, skrg pasrah yang Kuasa. @marjiyanto

  55. vita
    22/06/2013 pada 0:43 | #55

    Saya udah 1th mendrita tinnitus, sempet sembuh tp tiap kali pilek kambuh lagi, sampe vertigo segala. Minum obat tidak membantu. Apalagi klo dinas malam, makin pusing kpla krna ruangan pake ac. Klo ditiupin nasi anget bener >:/ ƍäª sih membantu? Ada efek samping ga? Saya mau coba ah. Klo ada info terapi lainnya share ya. Thank you

  56. Rajo Andi
    14/06/2013 pada 13:37 | #56

    @satriabimasakti
    Ikut prihatin, ternyata cara alternatif yang sudah dua bulan saya jalani masih belum membawa hasil.

  57. tomy
    11/06/2013 pada 9:40 | #57

    awalnya telingga kana saya keluaran caira,trs pALA PUSINK SEMPOYONGAN,,,,,DA SAMPAI SEMINGGU LEHER JDI PEGEL,,TERUTAMA LEHER BELAKANG,,TRS LEHER KLO DI GERAK KE KANA KIRI BAWAH ATAS,,,KLOAR BUNYI SUARA SEPERTI BARANG RETAK,,,,PRAK BUNYINYA,DA KE DOKTER RAWAT INAP,,DI OBATI,,PALA Da ga pusink,,tapi leher masih pegel,dan bunyi telingga masih sama aja,,,,ada yg tau ga ya,,,,,,,,,,,,,,,,,cara penyembuhanya,,klo ada share donk,,,,,,,,,,,thANKS

  58. satriabimasakti
    07/06/2013 pada 14:02 | #58

    hahahahaaaa…sobat rajo andi…..kasus anda kayak aku….aku sudah 8 tahun mengalami telinga berdenging mula-mula kanan, beberapa tahun kemudian merembet ke telinga kiri. segala macam usaha penyembuhan udah tak lakuin, baik medis maupun non medis,eeeeee sampai sekarang juga belum sembuh denging nada tinggi terus terjadi. yaaaa…saya setuju juga saran rajo andi…disamping ikhtiar juga pasrah ama yang Maha Kuasa, biarin aja berdenging, emang risih kalo dinikmati, tapi anggap aja itu musik simponi yang indah…abaikan aja … siapa tahu dengingnya nanti bosen ama kita terus ninggalin kita…asyik kan…semoga……

  59. Nia
    05/06/2013 pada 14:24 | #59

    @curchil
    Saya juga mengalami baru 1 minggu ini, bangun tidur tiba-tiba telinga kiri mendengung dan berdenging…sudah ke dr tht 2x saat ini sedang diberi obat u vertigo nya dan vit syaraf…alternatif lain di sebul uap nasi dibungkus daun nangka, mudah2an ada hasilnya…aamiin

  60. GANESHA M.P
    04/06/2013 pada 22:38 | #60

    Untuk Mengurangi Telingan Mendinging Hindari Makanan Di Bawah Ini Yaitu:
    Mie Instan,Nasi Uduk,Nasi Goreng,Gorengan
    JENIS SAYURAN Yaitu:
    Daun sawi,Kol,Kacang Kacangan,Timun Kangkung,Pete,Jengkol,Durian,Alpulkat,Pisang Ambon,Sayur Sop,Jeroan,Emping,Minuman Alkhol,Minuman Bersoda,Coklat,Rokok,Obat Sakit Kepala.
    Hindari Insyallah Anda Akan Cepat Pulih

    Telingan Mendingin Di SebabKan Urat Syaraf Telinga Menempel Pada Aliran Darah,Jadi Yang Mendinging Adalah Darah Yang Bergesekan Dengan Syaraf Pendengaran,Jadi Harus Di PisahKan Antara Urat Syaraf Dan Aliran Darah.
    Dengan Totok Syaraf Anda Bisa Mengurangi Dan Pulih Kembali Seperti Semula,Dan Membuka Aliran Darah Pada Titik Tertentu
    INFORMASI LEBIH LANJUT
    Silahkan Anda Bisa Datang Ke Pengobatan Alternatif GANESHA M.P
    Alamat:Kp.Pabuaran RT:02/RW:01 Kel.Manis Jaya Kec.Jatiuwung Tangerang(Belakang MCK tebu ireng)
    No Telpon Hub:081381862863

  61. ipang
    04/06/2013 pada 19:04 | #61

    hri ini sya mengalami dengung ringan,gara” pakai heandset 1jam volume full.saia jdi tkut:’(

  62. 28/05/2013 pada 5:53 | #62

    teman-teman bagi penderita tintius coba aja obat tetes relinga merk KAKA,cari diinternet.tks

  63. 28/05/2013 pada 1:06 | #63

    shinta :

    Saya pikir cuma saya saja yg begini, telinga kanan saya berdengung juga….vertigo kambuh2an…ke THT disemprot langsung sempoyongan….jd diksh obat vertigo plus vitamin saraf…suaranya mengecil plus jd jarang bunyi…tapi belum ilang sempurna…hiks…banyak2 istighfar juga sudah…klo ada info…share dong..

    Kalo yang ini namanya Meniere Disease, coba di google aja

  64. curchil
    25/05/2013 pada 22:28 | #64

    nikmati aja kawan..aku sudah 3 th menikmati bunyi melengking di telinga sebelah kiri,berobat kemana mana ga ada perubahan..kata dokter lebih 1 minggu suaranya ga hilang itu tandanya sudah permanen dan susah d sembuhkan,,

  65. eva
    16/05/2013 pada 9:16 | #65

    @bang’ed
    pengalaman sy cm bermslh pd telinga mendengung sebelah kiri. alhamdulilah mli sembuh. konsul ke dokter THT disarankan : terapi oksigen 15 menit setiap 6 jam sekali, minum obat gratizine (1×1), lapibal, imudator, neurosanbe (1×2). silahkan dicoba….

  66. 09/05/2013 pada 18:31 | #66

    sabarrrr.

  67. herman sani
    09/05/2013 pada 6:47 | #67

    @risa
    anak saya usia 11 thn, beberapa waktu yg lalu telinganya sering berdengung, melalui suatu media yg saya baca disarankan minum susu milo, dan saran lain dg cara meniupkan uap nasi pada telinga, dg cara, masukkan nasi yg baru dimasak dlm daun pisang dg bentuk runcing pada ujungnya dan diberi lobang, lalu tiupkan dlm telinga yg sakit/dengung beberapa kali, dlm waktu 3 hari telinga anak saya tdk berdengung lagi, saya senang sekali krn menjelang un anak sd telinga anak saya tdk berdengung lagi. tmks ya allah

  68. 06/05/2013 pada 21:13 | #68

    telinga saya saat ini budek sebelah gara2 make korek kuping. .gimana nih. ?mohon solusinya

  69. ahm
    30/04/2013 pada 21:02 | #69

    saya baru td siang kna ini…telinga saya berdengung terus,,,awalnya kanan dan kri…setelah beberapa jam yg sebelah kana sembuh dan yg sebelah kiri berdengung sampai sekarang jam 11 malam….awalnya sih krn sy waktu itu mukul tromol belakang mobil dgn palu sehingga bunyinya keras….dan sekarang ouhhh…..sembuhkanlah ya tuhanku

  70. bayu
    30/04/2013 pada 10:22 | #70

    akibat minum dextro telinga saya mendengung sampe skrng

  71. risa
    27/04/2013 pada 9:00 | #71

    saya sdh pergi ke tht tpi katanya tdk apa” kuping saya
    sdh lama berdenging terus dan kepala saya sakit tiap hari terus – menerus
    obatnya apa ya supaya bisa sembuh tolong ya

  72. Rajo Andi
    23/04/2013 pada 23:06 | #72

    Sudah 8 tahun selama 24 jam telinga mendenging terus, hanya berhenti dikala tidur (orang tidak sadar mana bisa mendengar). Kayaknya tidak bisa sembuh. Solusi : Nikmati saja. Dengingan itu berasal dari dalam, bukan dari luar. Segala macam obat medis sudah dicoba, termasuk terapi sinar, nihil. Obat kampung dan alternatif juga sudah, masih nihil. Tunggu, masih belum putus asa, sekarang saya lagi diterapi oleh seorang alternatif (baru dua kali pertemuan dengan pemijitan disekitar telinga dan kepala) Doakan saya bisa sembuh. Mungkin ada yang tahu apakah penyakit ini turunan ? soalnya Bapak saya sampai akhir hayatnya juga menderita penyakit ini. Bagi yang menderita penyakit ini, disamping berusaha untuk mengobatinya, pasrah sajalah, terima dengan ikhlas, dan nikmati.

  73. bang’ed
    23/04/2013 pada 10:09 | #73

    dari semua komentar yang saya baca, kayanya belum ada yang ngalami semuh dari penyakit ini, saya sudah ngalami penyakit ini selama 4 bulan, klo ada yang sudah sembuh tolong di share donk…

  74. Ivan
    19/04/2013 pada 20:57 | #74

    Saya menderita tinnitus sejak juni 2012, sudah pernah ke tht dan dokter Saraf, Hanya dikasih vitamin saraf. Tapi tidak Lebih baik. Kalau kondisi tubuh drop, maka dengingan sangat keras. Kalau teman2 Ada kabar ttg dokter atau penyembuhan alternative yang bias menyembuhkan, tolong kabarin saya di email sekapugala2@yahoo.com. Terima Kasih

  75. 19/04/2013 pada 12:55 | #75

    @Rizky
    Kirain serius, nggak tahunya bercanda…

  76. herliyanti
    17/04/2013 pada 22:58 | #76

    hmpir 1 thn tlinga sblh kiri ay brdengung m tdk mendengar. apa obatnya.tolong share y k no. 085368152759. trimakasih.TUHAN memberkato. Amin.

  77. Bunda fais
    15/04/2013 pada 15:05 | #77

    @ACUNG
    Iya sampe saat ini belum ada obatnya,..malah yang terakhir dokter tht bilang ,katanya”sayang cantik masih muda sakit beginian” trus dokter syaraf juga bilang katanya terima aja dengan kualitas syaraf yang jelek’… astaghfirullah hamba lagi di uji….

  78. tuti herlinda
    12/04/2013 pada 19:23 | #78

    assalaamu’alaikum ww….he..he…he…. ternyata banyak teman disini…. ngak satupun memberi solusi yang tok cer…. suara2 tsb kan dari dalam kepala, bukan dari luar telinga…. dah segala macam cara teman2 berobat dan terapi belum mendapatkan hasil yang diinginkan ya… karena tinnitus tu bukan penyakit…. ada yang sudah coba pakai ABD ngak? gimana hasilnya? share dong ke saya… 081573799839

  79. iis
    12/04/2013 pada 14:16 | #79

    Saya juga mengalami tinitus selama 1 tahun ini, sdh ke bbrp dokter THT dan terakhir gendang telinga sy sdh di tusuk dgn alat agar tdk facum dan diberi obat banyak sekali(vit otak dll) , tp tdk ada hasilnya sama sekali, skrg sy berhenti minum obat dr pd kebanyakan obat mending tdk minum, dan skrg ini msh pikir2 mau berobat dgn apalagi krn sdh minum Ginkobiloba, dan obat2 herbal lainnya gak ngefek sm skl ? mohon info dan saran2 nya ya…

  80. PIJAIKUMAR
    01/04/2013 pada 20:37 | #80

    saya juga kenak pnyakit tinnitus sudah 1 tahun saya slalu gelisah dalam melakukan aktivitas salalu mgganggu saya saya udah periksa ke dokter kata dokter gendang telinga saya tegang katanya atau bolong. saya takut ini penyakit bisa permanen. bgi yg pnderita penyakit yg sama dan bisa sembuh, tlong kabari saya yea.

    HUB SAYA NO 087744885401

  81. 26/03/2013 pada 16:18 | #81

    Saya sedang proses menerapi tinitus, dengan akupuntur, trima kasih, banyak membantu… menurut tinjauan medis konvensional

  82. widi nugroho
    19/03/2013 pada 8:16 | #82

    Saya sudah sebulan telinga kiri berdenging awalnya renang kemasukan air, sudah ke THT 5x , ada perubahan volume dengingnya, minum lapibal , zegavit dan neurobion pink dan tidur harus cukup serta olah raga, mudah mudahan bisa sembuh total

  83. 23/02/2013 pada 5:21 | #83

    ada ka bagi masalah sistem saraf perdengaran..

  84. maniel
    22/02/2013 pada 16:58 | #84

    tahun 2011 saya juga pernah mengalami telinga berdengung..udah ke dokter THT 2 kali tp katanya ga ada masalah di telinga saya,hampir 2 bln saya stres karna telinga berdengung,apalagi pas malam hari dan saat berada dikamar..tp alhamdulillah sembuh pake cara tradisional..tiap pagi ditiup pake nasi panas yg dibungkus daun pisang dibentuk kerucut,dan dikasih lubang di ujungnya untuk uap yg dimsukan ke telinga..setelah beberapa kali melakukan hal tersebut alhamdulillah suara dengungnya ilang..

  85. Asep suherman
    20/02/2013 pada 20:45 | #85

    Tolong kasih tau obatnya saya mohon

  86. Asep suherman
    20/02/2013 pada 20:40 | #86

    Maksudnya milo apa mas?Milo susu bukan

  87. arman
    01/02/2013 pada 11:21 | #87

    sya sdah 7th mnderita tinitus,telinga sblah kiri saya berdenging.telinga sblAh kanan sya mmang tdak brpungsi lg dr kcil,,ini sgat mngangu khdupan sya,,,,ad salosi nya gK??

  88. shinta
    30/01/2013 pada 14:30 | #88

    Saya pikir cuma saya saja yg begini, telinga kanan saya berdengung juga….vertigo kambuh2an…ke THT disemprot langsung sempoyongan….jd diksh obat vertigo plus vitamin saraf…suaranya mengecil plus jd jarang bunyi…tapi belum ilang sempurna…hiks…banyak2 istighfar juga sudah…klo ada info…share dong..

  89. tom
    13/12/2012 pada 15:35 | #89

    telinga saya da 1 tahun ini berdenging ngak da henti-hentinya siang malam.terkadang pendengaran mengurang berobat ke paranormal,dokter mpe mnum kelapa hijau sudah tp sampai skrang ngak da perobahan sama sekali.
    saya sangat ingin sembuh dari penyakit ini karena sangat mengganggu tlong bagi tman2 yg pengalaman beri tahu saya kemna harus berobat

  90. 30/11/2012 pada 15:31 | #90

    Sama.. Setiap malam telinga saya berdengung.. Dan sangat mengganggu..

    Ternyata setelah berobat ke THT saya di kasih obat cairan yaitu bernamakan SOFEL.. Lalu di oleskan ketelinga.. Eh bener ternyata ga berdenging lg..
    Kata dokter : ” mangkanya kalo tidur,lu usirin dulu tu nyamuk.. Biar ga teriak” di kuping lu.. ”

    #Doker gi*a.. -_-

  91. lia
    23/11/2012 pada 11:55 | #91

    bisa jarak jauh gak???

  92. Thofa
    20/10/2012 pada 21:53 | #92

    Bagi penderita tinnitus yg ingin berbagi informasi tentang tinnitus mari bergabung ke group facebook : Tinnitus Indonesia
    http:/www.facebook.com/group.php?gid=127153457943

  93. Ganesha M.P
    01/10/2012 pada 22:30 | #93

    Untuk Mengurangi Telingan Mendinging Hindari Makanan Di Bawah Ini Yaitu:
    Mie Instan,Nasi Uduk,Nasi Goreng,Gorengan
    JENIS SAYURAN Yaitu:
    Daun sawi,Kol,Kacang Kacangan,Timun Kangkung,Pete,Jengkol,Durian,Alpulkat,Pisang Ambon,Sayur Sop,Jeroan,Emping,Minuman Alkhol,Minuman Bersoda,Coklat,Rokok,Obat Sakit Kepala.
    Hindari Insyallah Anda Akan Cepat Pulih
    Telingan Mendingin Di SebabKan Urat Syaraf Telinga Menempel Pada Aliran Darah,Jadi Yang Mendinging Adalah Darah Yang Bergesekan Dengan Syaraf Pendengaran,Jadi Harus Di PisahKan Antara Urat Syaraf Dan Aliran Darah.
    Dengan Totok Syaraf Anda Bisa Mengurangi Dan Pulih Kembali Seperti Semula,Dan Membuka Aliran Darah Pada Titik Tertentu
    INFORMASI LEBIH LANJUT
    Silahkan Anda Bisa Datang Ke Pengobatan Alternatif GANESHA M.P
    Alamat:Kp.Pabuaran RT:02/RW:01 Kel.Manis Jaya Kec.Jatiuwung Tangerang(Belakang MCK tebu ireng)
    No Telpon Hub:081382267954

  94. ACUNG
    30/09/2012 pada 20:48 | #94

    BAGI PARA PENDERITA TRINITUS LBIH BAIK BNYAK BERDO”A DAN BERTOBAT SEBAB PENYAKIT INI TIDAK ADA OBATNYA,,,BAHKAN Q DA KELUAR MASUK RMAH SKIT BROBAT GA PERNAH SMBUH..ADAPUN PENGOBATAN HERBAL NTU TIDAK MEMBERIKAN PERUBAHAN SEDIKITPUN,,

    MUNGKIN INI ADALAH TEGURAN DARI YANG MAHA KUASA KARENA KITA KURANG MENSYUKURI NIKMAT ALLAH YANG SATU NEEE,,,,,,,,,TETAP SEMANGATTTTTTTTTTTTT DENGAN TELINGA “”"”"”"”" BUDI”"”"”"”"”"”"”"

  95. fadilah
    05/09/2012 pada 14:29 | #95

    buat yg kena penyakit tinititus,,semangat yah jangan pernah putus asa ..
    berdoa biar cepet sembuh,,segal penyakit pasti dapat si sembuhkan ..

  96. fajar_salim
    03/09/2012 pada 17:36 | #96

    maaf bukan mengecilkan harapan anda,tp saya sudah ikut terapi hiperbarik 10x tidak ada hasil..bagi yg mau sharing tinnitus bisa hub saya 081514719096..thanks

  97. 16/08/2012 pada 12:23 | #97

    Sip

  98. febri
    13/08/2012 pada 9:12 | #98

    gimana cara menghilanggak dengung ditelinga ,krn sdh dua bulan ini pendengaran saya terganggu yg sebelah kiri,sy sdh kedokter THT, katanya tidak apa2 hanya pengaruh dingin AC. tp sy amat terganggu ,ada ada solusinya

  99. vaanessa
    01/08/2012 pada 18:43 | #99

    sy kena tinitus sdh 1 bln, begitu kena lngsung ke THT, tp tdk ada hasil, kmd coba akupuntur sdh 3x terapi ” lumayan budeknya hilang tp dengingnya masih ada” kt dokternya hrs 5-6x terapi, terapinya sakit sekali, tp sy tahan2 demi kesembuhan,..
    bagi tmn2 klo kena penyakit ini jgn dibiarkan , cpt cari pengobatan medis / herbal, kurangi pemakaian hp/ internet…
    semoga semuanya diberi kesembuhan..amin

  100. Septy
    21/07/2012 pada 15:19 | #100

    Dear aku mau tanya udah 3 hari ini telinga kanan aku kayak ada kesumbat kotoran telinga tp ngak bisa di keluarin malah seperti menempel di dinding telingaku sampai aku agak sedikit kesulitan mendengar dan baru beberapa hari yang lalu aku memeriksakan diri ke dokter THT di daerah aku tinggal malah dia bilang tidak ada kotoran sama sekali terapi ada efek lain seperti sehabis turun dari pesawat telinga berdenging pada hal saya baru merasakannya beberapa hari ini saya benar2 butuh bantuan harus bagaimana mengatasinya juga dokter THT mana yang paling bagus karena ini sangat tidak nyaman sekali buat saya yang tiap hari harus bekerja mohon bantuannya. Terima Kasih.

  101. bambang s jateng
    20/07/2012 pada 11:36 | #101

    telingaku juga berdenging….tdk keras tapi terus menerus…….apalagi kalo dikamar sepi…sungguh menyiksa sekali…….apaya obatnya……udah 2 bulan ini

  102. Didi
    07/07/2012 pada 11:11 | #102

    kemarin saya main lemparan tisue basah lalu teman saya melemparkan ke saya ternyata terkena kuping sebelah kiri saya
    tetapi kuping sebelah kiri saya malah seperti tersumbat air
    waktu ke THT ternyata tidak ada apa-apa
    tapi kuping saya masih seperti kemasukan air mengapa demikian
    thx

  103. suyono
    05/07/2012 pada 21:03 | #103

    coba bekam dan itu sunnah nabi

  104. zaenal
    03/07/2012 pada 0:33 | #104

    pusing deh mekiri telinga ku udah 9 th dak kunjun sembuh ke THT udah ke orang pintar udah
    tp dak ada hasilnya ma sekli

  105. salsa
    02/07/2012 pada 8:23 | #105

    dear , knp yach telinga berdengung sdh 2 hari jdny tidur terganggu n dimana yach THT yng bagus, mohon d reply y klo ada yg tau..plz

  106. Lila
    27/06/2012 pada 14:51 | #106

    Hari itu saya cek darah untuk pemeriksaan reguler kesehatan. hasilnya semua bagus. Bangun pagi keesokan harinya telinga saya berbunyi nggggg. waktu itu saya belum pernah dengar yang namanya tinitus. karena beberapa hari tidak berhenti bunyinya saya ke dr tht beberapa kali. tidak ada informasi mengapa dan apa jalan keluarnya. sangat menderita

  107. vico gultom
    22/06/2012 pada 18:54 | #107

    tolong lah, ada yang bisa bantu saya
    telinga saya berdengung sebelah kanan,udh periksa ama dokter nga sembuh

  108. Azis
    13/05/2012 pada 11:21 | #108

    Berdoa Dan Berusaha :)

  109. hardi
    10/05/2012 pada 21:14 | #109

    tolong donk share tentang maggots,
    telinga saya kalau di bersihkan sering jadi gatal,
    kadang juga ada darahnya

  110. Irfan
    07/05/2012 pada 9:42 | #110

    telinga kanan saya juga ada nanah dan keluar darah. sekarang udah sembuh. tinggal dengung yg ringan yang sebelumnya sangat mengganggu. dokter THT memberi obat TEQUINOL, METCOR 8 (BUAT RADANG), RYZO CETRINE (), BETAHISTIN (MERTIGO/VERTIGO).
    HINDARI =
    1. minum es
    2. jangan sampai kemasukan air
    3. di tiupin nasi yg msh hangat dgn dibungkus telinga
    4. minum air hangat.
    5. kalau keluar rumah kuping ditutupi
    6. sering2 dikasih balsem atau hangat2.

    insyaallah cepat sembuh selain obat di atas. semoga bermanfaat. amin.

  111. Irfan
    07/05/2012 pada 9:33 | #111

    minum air hangat.

  112. adul
    04/05/2012 pada 20:49 | #112

    Tolong bantuanya d mn saya bs berobat soalnya telinga saya sudah cukup lama sekitar 4 thn berdengung di telinga kiri. Awalnya saya cuek tp lama2 bikin jengkel waktu mau tidur. Alamat saya d bogor. Tolong informasi mengenai biayanya jg. Klo bs d kirim via email ke manan.diles.am@gmail.com. :-) atw sms k 085717992201

  113. Hamdani
    01/05/2012 pada 16:33 | #113

    saya juga menderita telinga kiri berdenging sudah 1 minggu lebih, sudah ke spesialis THT katanya sudah kena syaraf telinga, tolong yang pernah punya penyakit ini tetapi sembuh share ya ke facebook : cooldani89@yahoo.com
    atau sms/telpon ke simpati : 081382576395
    terima kasih

  114. Ganesha M.P
    29/04/2012 pada 23:34 | #114

    Untuk Mengurangi Telingan Mendinging Hindari Makanan Di Bawah Ini Yaitu:
    Mie Instan,Nasi Uduk,Nasi Goreng,Gorengan
    JENIS SAYURAN Yaitu:
    Daun sawi,Kol,Kacang Kacangan,Timun Kangkung,Pete,Jengkol,Durian,Alpulkat,Pisang Ambon,Sayur Sop,Jeroan,Emping,Minuman Alkhol,Minuman Bersoda,Coklat,Rokok,Obat Sakit Kepala.
    Hindari Insyallah Anda Akan Cepat Pulih

    Telingan Mendingin Di SebabKan Urat Syaraf Telinga Menempel Pada Aliran Darah,Jadi Yang Mendinging Adalah Darah Yang Bergesekan Dengan Syaraf Pendengaran,Jadi Harus Di PisahKan Antara Urat Syaraf Dan Aliran Darah.
    Dengan Totok Syaraf Anda Bisa Mengurangi Dan Pulih Kembali Seperti Semula,Dan Membuka Aliran Darah Pada Titik Tertentu
    INFORMASI LEBIH LANJUT
    Silahkan Anda Bisa Datang Ke Pengobatan Alternatif GANESHA M.P
    Alamat:Kp.Pabuaran RT:02/RW:01 Kel.Manis Jaya Kec.Jatiuwung Tangerang(Belakang MCK tebu ireng)
    No Telpon Hub:081382267954

  115. zul
    25/04/2012 pada 16:09 | #115

    saya juga telinga kanan berdinging selalu kadang keras,kadang pelan tidak enak bangat tidak tau apa sebabnya saya sudah bawa kedoktor THT,tapi semuanya sia,jika ada obat yg bagus tolong di emael,

  116. wisnu
    22/04/2012 pada 0:14 | #116

    saya kena jg neh ud sehari dengung di telinga kiri bunyi’y “ngiiiiiiiiiiiiiiiing…
    sangat mengganggu sekali..
    astaghfirullah…

  117. DIANA
    21/04/2012 pada 23:07 | #117

    temen-temen dah pada sembuh?gimana cara mengatasinya………………

  118. kusnendar
    17/04/2012 pada 20:15 | #118

    saya alami sendiri dah 10 thnan tinitus ,terakir coba minum 1 X sehari Ginko Biloba kebetulan herbal di Toko obat Guardian, lumayan tinitus dah berkurang, satu botol isi 60 capsul harga 150 ribuan perbotol…tapi gak tahu sampai kapan konsumsi itu hanya herbal tidak menyembuhkan tapi lumayan saat kita dah ke THT gak sembuh2, yg penting tubuh selalu sehat, jangan banyak konsumsi obat2an, sekali2 minum air kelapa hijau buat menetralisir racun obat2an..racun itu membuat tinitus , konsultasi ke dokter THT kapan berhenti minum Ginko Biloba tersebut…selamat mencoba.

  119. 13/04/2012 pada 10:31 | #119

    Kalau kata mertua saya, batang daun pepaya (yang berlubang) dipotong 10-15 cm. Di dalam batang pepaya ini disisipkan bulir-bulir nasi yang masih panas, kemudian ditiupkan ke dalam telinga yang berdengung, dengan perlahan-lahan. Sudah ada yang pernah mencoba?

  120. ridwan
    12/04/2012 pada 12:45 | #120

    ya sama ni aq jg mengalami tinnitus kalo ada yg sudah sukses mengobati tinnitus ,Qt gabung y, g pa2 berani bayar ko dengan pengalamanya. ok aq tunggu y tel/sms di 081910435934

  121. rince
    07/04/2012 pada 21:50 | #121

    saya sdh mengalami telinga berdenging selama 1 thn lbh.
    ada teman bil kalau itu tdk bisa sembuh.
    tapi sy ingin sekali bs sembuh , kalau ada yg udah sembuh atau lebih baik,
    mohon infonya.thx
    atau tol sms ke 081990933073

  122. Ega sumblita
    06/04/2012 pada 12:43 | #122

    Bagaimana dengan titinus yg diakibatkan oleh bentutan kecelakaan dan cukup seringnya terjadi benturan di kepala, sehingga terjadi bunyi di telinga dalam, sakit kepala yg cukup hebat, konsentrasi sering hilang, udah di periksa tht dan dikatan kerusakan sel syaraf, apa masih bisa disembuhkan, atau kalo ada alternatif terapi?? Boleh di info

  123. iwan
    05/04/2012 pada 22:07 | #123

    sy juga penderita tinitus telinga sebelah kiri berdenging dah sejak kecil entah dah 15 th tidk pernah berhenti suara dengingnya bikin tdk nyaman klow dirasakan. kt dokter syaraf pendengaran sy yg rusak dan tdk dapat sembuh. tolong klow ada temen yg kasusnya sama dan sembuh kasih info terapinya di 085647075262

  124. hilmi
    03/04/2012 pada 19:51 | #124

    kawan..ini sebaiknya bagaimana? saya sudah 4 hari berdengung…apa harus ke dokter atau ada alternatif yg terbukti mengobati? dokter mana yg baik untuk wilayah surabaya?? trims

  125. eka
    29/03/2012 pada 18:22 | #125

    seminggu ini telinga sy kayak trsumbat sesuatu dn rasax kyk org budek, suara yg sya dngr sgt kecil. kata dokter tht sy kena radang d bag telinga dn cairanx ud mnumpuk. trs untuk mengatasi rsa trsumbat itu, telinga saya kmrn ditusuk pake alat. tp smpe skrg rsa trsumbat itu tetep. tlg saranx bgamn cra mngatasix biar telinga sy bsa plong lagi?

  126. Benno
    28/03/2012 pada 18:52 | #126

    Mohon pembaca yang baik berikan info yang akurat,dokter yang ahli dan menyelesaikan jangan yang coba coba,minimal informasi

  127. Benno
    28/03/2012 pada 18:48 | #127

    Mana jawaban dan solusinya,nggak usah buat website membuat saya lebih pusing dan prihatin dengan penyakitku sendiri,mohon arahan pembaca kalau bener bener menemukan dokter yang ahli benar stress berat dengan kondisi telinga berdengung

  128. Lila
    28/03/2012 pada 15:43 | #128

    sudah sebulan telinga kanan saya berdenging. terakhir sampai saya vertigo. Udah 3 kali ke THT dan katanya telinga saya bersih, tidak ada radang atau cairan atau kotoran. Bunyi ini sangat mengganggu… sangat menderita. Usia saya 37 tahun, mohon bantuannya

  129. hiema
    11/03/2012 pada 10:29 | #129

    Saya penderita telinga berdengung tp saya gug tau penyebaby ap ,

  130. fitri
    07/03/2012 pada 19:31 | #130

    ass….
    sudah 1 bln ini telinga kanan sy berdengung.sy skrg sdg hamil 8bln.apakah ini akan berpengaruh terhadap janin sy?bgmn solusi’a?

  131. dean
    07/03/2012 pada 8:44 | #131

    saya jg pernah menderita sakit yang sama,tapi saat tu nyaris sampai gag dengar sebelah telinga saya,tapi saya kedokter dan d sporring,seperti disemprotkan cairan kedalam telinga(seperti mencuci telinga)menggunakan suntikan yg tanpa jarum,setelah itu telinga langsung bersih,dan pendengaran normal kembali,untuk temen2 mungkin bs langsng konsultasi sama dokter tht,jngan mengobati sendiri bila blm yakin,takutnya tambah parah,tq

  132. sidikcorie
    04/03/2012 pada 17:10 | #132

    coba terapi dengan neuromatik tinnitus trearment…..insyaallah bisa mengurangi tapi butuh kesabaran…

  133. 27/02/2012 pada 21:09 | #133

    anak saya juga menderita tinnitus sejak beberapa bulan lalu. sejak kecil telinganya sering tersumbat dan saya bersihkan sendiri, apakah itu penyebabnya? sudah dua kali saya membawanya ke dr THT, menurutnya penyebabnya adalah cairan ingus yang masuk ke telinganya. namun setelah minum obat dokter, penyakitnya tidak kunjung sembuh, malah ketika mendengar suara guntur dengingannya semakin keras dan panjang. adakah obat yang mujarab untuk penyakit anakku itu. saya sangat berharap ia bisa sembuh dan dapat menjalani hari-harinya di pesantren dengan tenang.

  134. udi
    22/02/2012 pada 16:01 | #134

    kuping saya mendengung sudah 6 thn lebih & sudah ke Dokter tht & dokter syaraf ini maaf aja punya saya sampai sekarang belum sembuh bahkan yg tadinya sakit sebelah kanan sekarang sebelah kiri sakit juga. aku bingung kemana ni harus berobat………

    tlg kl ada yg bisa menyembuhkan sms ke 085711145057

  135. ria taufiq
    22/02/2012 pada 8:00 | #135

    Telinga sya jga berdenging yg sebelah kiri, sdah 3 kali ke dokter THT katanya bersih tidak ada apa2, yg terakhir malah disuruh fisioterapi 5 kali tpi malah belum ada perubahanm denging mya malah terdengar…….tlong bantu solusinya….bagi yg mengalami mslah spt ini dan sudah sembuh……….hub 085312376082…….terima kasih

  136. muz
    21/02/2012 pada 15:47 | #136

    saya sudah mengalami penyakit telinga selama 3 tahun,saya sudah kedokter,kata dokter ada pmbengkakn didlm telinga saya,saya berobat ke dokter lain,dokter bilng tdk apa2,saya hnya diksih obat,nmun smpai skarang telinga saya tetap berdengung dn terkadang rsanya kepala saya ingin pecah jga,mohon bntuannya untuk mgatasi pnyakit ini,bisa hub ke no 02141876411,trms sblumnya

  137. muhammad qosim
    20/02/2012 pada 10:26 | #137

    saya juga mendarita penyakit ini.
    kira-kira ini berbahaya ngak?
    mohon bantuan nya……..

  138. Budi Sulistiyo
    14/02/2012 pada 6:02 | #138

    Assalamualaikum,

    Saya juga menderita dengungan di telinga saya sejak kecil, namun akhir2 ini semakin menjadi2 saja. melihat komentar2 anda, nampaknya tidak ada solusi pintas, tp jangka panjang, kesimpulan dari beberapa komentar anda, saya putuskan untuk ke THT dan berolahraga teratur serta makan makanan sehat. semoga saja membatu mengurangi atau bahkan menghilangkan penyakit ini.
    Dari pada hanya menunggu jawaban dan berobat saja, mari kita coba untuk hidup sehat dan berolah raga :D

    omongan saya kaya’ udah tua aja ya haha

    Salam
    Budi

  139. selly widiana
    03/02/2012 pada 16:51 | #139

    bagaimana cara mengatasi kuping sakit dan berdegung yah

    plisssssss wajib d jawab

  140. uga
    03/02/2012 pada 10:20 | #140

    aku jg menderita tinitus sdh 3 thn dan ini sangat mengganggu aktifitas sehari-hari apalagi komunikasi dgn anak, sdh berobat ke dokter bahkan alternatif tp tdk ada perubahan, apabila ada yang tahu obatnya tolong diberitahu ya, please …..

  141. hotbinhaloho,se
    02/02/2012 pada 20:07 | #141

    semua menderta…mana solusinya…?

  142. 31/01/2012 pada 5:20 | #142

    Zikir dan Doa Apa Bisa Mengobati Penyakit ?

  143. 26/01/2012 pada 11:02 | #143

    Ibu saya mengalami kuping berdengung/berdenging sangat keras, saya sudah bawa ke dokter dan ke alternatif, katanya karena sakit maag, sewaktu di minum obat maag masih tetap saja. Pada malam hari ibu saya ingin minum yang segar2, di lemari makan ada MILO punya kakak saya. Setelah minum MILO berdenging nya berkurang dan semakin berkurang. Sekarang ibu saya lebih sering meminum MILO, hasil nya lumayan dan menjadi enak. Saya tidak tahu ada zat apa yy terkandung di milo tersebut. Tapi Alhamdulillah sekarang sudah enakan. Semoga yang saya bagikan bisa bermanfaat bagi pembaca.

  144. 25/01/2012 pada 7:10 | #144

    gan kuping saxa juga ngedengung sebelah kanan,,,ada gk obatnya gan

  145. 23/01/2012 pada 18:03 | #145

    saya sudah sakit telinga berdenging apa sih obatnya tolong !!!!!????

  146. yono
    22/01/2012 pada 13:55 | #146

    satu setengah bulan aq baru bs tidur jam 2 – 4 pagi karena suatu masalah sehingga telinga kanan saya berdengung, sdh saya bawa ke dokter n terapi pijat namun belum juga sembuh.. tlg dong beri solusinya….trims

  147. pasker
    22/01/2012 pada 10:04 | #147

    semuanya tenanggg.. gausah bingun.. caranya minum air hangat tiap hari..

  148. iman
    20/01/2012 pada 10:42 | #148

    rekan-rekan, apakah sudah ada yang sembuh..mohon infonya ya untuk ibu saya..

  149. ais
    10/01/2012 pada 14:53 | #149

    Kuping q juga berdenging 2 bln ini telinga kiri q ♈ǝлƍ bunyi ngiiing makin lama makin besar bunyi nya,
    Q bingung ngobatin nya,, ke dokter THT udah,tp ƍäª sembuh juga malah diagnosa nya karna amandel.
    .Tolg donk kasih solusi ♈ǝлƍ tau obat nya

  150. endra
    10/01/2012 pada 8:56 | #150

    Saya sdh hampir satu tahun telinga kiri mendenging..ke dokter sdh sering ,tapi hasilnya gak ada …mhn bantuan bagi yg pernah sakit seperti saya dan telah sembuh,mhn beritahu saya apa obatnya…

  151. yuni
    28/11/2011 pada 5:53 | #151

    telinga ku berdenging sejak 3 tahun lalu,… Awalnya tidak trlalu sering,.. Namun akhir2 ini, telinga kananku ini denging-annya semakin keras dan tak berhenti.. Bantu aku mengatasi bahkan menyembuhkannya. Hub: 085275777078, atau lewat email: yunigint75@ovi.com

  152. natalia
    26/11/2011 pada 19:19 | #152

    sama denganku telinga sebelah kiriku setiap hari berdengung dan udah lama bngt . udah 4kali kedokter tht gak sembuh” sampe skrng. dan sangat menggangu aktivitas sehari-hariku sehingga komunikasipun gak lancar.
    huahua. yang udah pernah begini dan sembuh tolong hubungi aku ya di nomor 08978272946 makasih temen :) GOD bless :)

  153. Dewi oktavia
    26/11/2011 pada 11:59 | #153

    akhir-akhir ini telinga kanan ku sering berdengung kaya gendang, dan terkadang telinga kiri ku sakit, apakah itu berbahaya ? mohon jawabannya y …

  154. LIA
    18/11/2011 pada 13:04 | #154

    telinga kananku juga berdengin setahun yg lalu tapi sembuh ke DR THT diberi obat sakit kepala obat demam obat flu dan anti biotik. kata DR kena firus akibat demam lama dan sering sakit kepala itu memang benar. tapi skrng telinga kiriku berdenging aku tidak berani ke DR THT KARENA SEDANG MENYUSUI.

  155. ifa olivia
    17/11/2011 pada 3:58 | #155

    Telingaku berdengung sejak 1 bulan yang lalu, setelah periksa ke THT aku disarankan untuk cek up darah dan urine. Ternyata tinitus bs disebabkan oleh darah tinggi, kolestrol dan diabet. Hasil cek darah glokosa darah 207, kolestrol 255….. Itu yang menyebabkan saraf rusak

  156. 10/11/2011 pada 14:24 | #156

    Aduh ternyata byk yg berdengung telinga< sapun begitu telinga sebelah kiri sangat mengganggu n pendengaran lbh kurang dr yg kanan. Makasih

  157. mami fanda
    09/11/2011 pada 20:39 | #157

    sdh 1thn aku menderita tinitus, sblmnya krna vertigo ku kambuh lama2 telinga kanan ko jd ada suara dengung.sdh berobat kmna-mana tetapi tdk ada perubahan sampai bosan utk berobat dan ku putuskan utk berhenti berobat sampai skrg.jika ada yg pny pnglaman yg sama dan sembuh total mohon infonya .trims

  158. Kristiono
    01/11/2011 pada 17:00 | #158

    Telinga kanan saya berdengung (Ngiiiiiiiiiiiiiiiiing panjang dan tidak putus putus) kejadiannya sudah 6 bulan yang lalu, kemarin saya merasakan dengingngannya semakin keras, saya bingung cara penyembuhannya, kata dokter THT saya mengalami proses ketulian pada frekwensi rendah dan itu tidak dapat disembuhkan bahkan akan tambah parah sejalan dengan bertambahnya usia. Apakah ada cara untuk mengobatinya. Terimaksih atas segala kebaikan akan jawaban yang diberikan. Oh ya saya tinggal di Surabaya atau bisa kontak saya di 031-7 23 23 23 8. SALAM.

  159. nurifah.ifah
    11/10/2011 pada 14:23 | #159

    telinga saya berdenging kurang lebih 5 tahun yang lalu, Bagaimana pengobatannya ?

  160. aan
    07/10/2011 pada 22:22 | #160

    pulang dari gunung naik bus, telinga ku berdengung g ilang2 sampe hari ini. sembuhkan lah dengunganku ini, amin
    ]

  161. aan
    07/10/2011 pada 22:21 | #161

    selalu berdengung

  162. rosy
    13/09/2011 pada 19:31 | #162

    telinga saya sebelah kiri terasa tuli jdi suara sendiri terdengar kencang cara mengatasinya gmna ya??????hal ini sangat mengganggu saya….trim’s

  163. dewi florentina simarmata
    12/09/2011 pada 11:05 | #163

    kk saya mndrita telinganya berdenging sdh agk lma,apa itu bisa berkibat buruk padanya??????????
    dia tidak bisa kena angin karna takut telinganya kumat,,apakah angin mempengaruhi hal itu??????????

    bagaimana cara pengobatan telinga berdenging????????????????

  164. samsul bahri
    08/09/2011 pada 12:06 | #164

    Usia saya 32th, sudah hampir 2th telinga saya dua-duanya berdengung.
    Sebelumnya saya pernah terkena penyakit TUBERCULOSIS sehingga saya harus mengkonsumsi obat dalam jangka waktu lama, mungkin inilah penyebab dari berdengungnya telinga saya. Pernah saya konsultasikan ini ke Dokter THT, tapi kata Dokter telinga saya mengalami penurunan kualitas pendengarannya sampai 50% dan tidak ada kemungkinan untuk normal lagi. Dengungan ini benar2 sangat mengganggu aktifitas saya, pandengaran saya jadi terganggu dan akibatnya komunikasipun tidak lancar. Apakah benar telinga yang berdengung ini tidak akan kembali normal kembali? Dan apakah ada obatanya? Mohon sekali informasinya…, trims.

  165. 15/07/2011 pada 14:58 | #165

    Yang kalian keluhkan, sama dengan akuuuu…..!! capek berobat, dokter cuma kasih analisa yg salah, ada bilang darah tinggi, ada yg bilang darah rendah, ada dokter bilang kecape’an, au ah gelap, yang pasti obat-obat apa aja udah dijejali, tapi gak sembuh-sembuh telinga masih berdengung sampe sekarang, pls help me.

  166. ani
    14/07/2011 pada 9:28 | #166

    astagfirullah… aku ga tau kenapa sejak awal juni telinga sbelah kiri berdengung… karena khawatir, pertengahan juni aku ke dokter THT, tapi kata dokter gak apa-apa, aku cuma pilek katanya n aku malah dikasih obat tetes hidung… waktu itu emang telinga aku dibersiin, n lumayan dengungan itu ga krasa lagi, tapi seminggu kemuadian telinga aku mulai berdengung lagi sampai sekarang apalagi kalau malam hari parah banget… aku takut ini tinnitus… aku harus gimana?

  167. ATENG
    10/07/2011 pada 22:00 | #167

    ya Alloh tolong sembuhkanlah penyakit tinitus dan vertigo hambaMU ini, sudah hampir 2 tahun belum juga sembuh. sungguh sangat mengganggu hidup hambaMU ini. telinga mendengung, pendengaran jadi kurang mendengar, kepala pusing terasa berputar-putar, mual muntah, sungguh sangat menyiksa. ya Alloh kapan hamba sembuh seperti semula lagi. mohon petunjukmu ya Alloh SWT wahai dzat maha penyembuh dan maha kuasa. amiin. 085222482725 rancaekek bandung

  168. 07/07/2011 pada 1:29 | #168

    Rabu, 04/08/2010 13:48 WIB

    Aliran Listrik Sembuhkan Telinga Berdengung

    AN Uyung Pramudiarja : detikHealth

    detikcom – Jakarta, Telinga berdengung bisa terjadi karena terus-terusan mendengarkan suara bising. Beberapa jenis terapi bisa mengatasi gangguan tersebut, salah satunya dengan mengalirkan listrik ke membran telinga.

    Suara berdengung pada penderita tinnitus disebabkan oleh kerusakan syaraf yang berfungsi menerjemahkan suara menjadi sinyal tertentu. Ketika syaraf itu rusak, sinyal itu menjadi tidak normal sehingga otak menafsirkannya sebagai dengungan atau bunyi-bunyian lain yang tidak jelas sumbernya.

    Metode terapi terbaru tersebut diperkenalkan dengan nama electrical promontory stimulation (EPS). Alatnya berupa elektroda yang ditempelkan pada promontorium, salah satu jaringan yang terdapat pada rongga telinga bagian tengah.Ukuran elektroda yang digunakan dalam EPS sangat kecil, tidak lebih dari 1/2 milimeter. Benda ini diletakkan pada promontorium, yang posisinya persis di depan cohlea yakni tempat berkumpulnya syaraf-syaraf pendengaran.

    Teorinya mengatakan, stimulasi yang diberikan dengan elektroda akan mengacaukan sinyal-sinyal abnormal penyebab suara dengungan di telinga. Mekanisme yang sama juga digunakan dalam menangani nyeri kronis, yakni menahan isyarat atau sinyal nyeri agar tidak sampai ke otak.

    Dalam pengujian awal di Hokkaido University, efektivitas alat ini mencapai angka 57,4 persen. Dari 129 orang penderita tinnitus yang dilibatkan, 74 di antaranya mengaku bahwa kondisinya membaik sejak menggunakan alat tersebut.

    Saat ini, uji coba dengan skala lebih besar tengah dirancang oleh ilmuwan di Shaare Zedek Medical Center. Dalam uji coba kali ini, para partisipan akan diterapi selama 2 bulan dan akan terus dimonitor perkembangannya.

    Menurut Royal National Health Institute for Deaf People (RNID), tinnitus dialami oleh sekitar 1/3 orang dewasa. Beberapa di antaranya merupakan tinnitus kronis, dengan 1 di antara 100 kasus berkembang menjadi sangat parah sehingga mempengaruhi kualitas hidup.

    “Kami menyambut baik ditemukannya pendekatan baru untuk mengatasi tinnitus. Penyakit ini sangat mempengaruhi kualitas hidup penderitanya, sehingga butuh pengembangan terapi yang efektif,” ungkap Dr Ralph Holme dari RNID, dikutip dari Daily Mail, Rabu (4/8/2010). Semoga info yg saya dapat. Bisa membantu God bless uss

  169. 05/07/2011 pada 6:43 | #169

    artikel anda bagus.
    minta ijin untuk pajang di blog kami
    organikdansehat.blogspot.com

    thx gan

  170. 05/07/2011 pada 1:28 | #170

    Saya mengalami hal serupa sejak ditampar n gendang telinga sobek saya tinnitus Sudah 10 Bln
    Saya berharap setelah operasi tambal gendang telinga tinnitus saya akan sembuh
    Bisa terapi or akupuntur
    Saya baru tau ada therapy syaraf di MOI kelapa gading saya aga lupa apa namanya itu bisa utk telinga dengung juga dilantai 2 Or 3 Klo tds salaj namanya phonix Gob bless

  171. 05/07/2011 pada 1:09 | #171

    Hai saya mengalami telinga dengung sejak 10 Bln lalu karena kena tamparan.gendang telinga
    Robek tetapi sudah dioperasi 2 bln lalu dan skrg gendang telinga sudah utuh namun masi berdengung
    Akan tetapi kasus yg sama terjadi pada teman saya yg renang lalu gendang telinga nya sobek
    2 Tahun kemudian dy sembuh dari tinnitus.lalu ada lg contoh teman saya kejadian sd dy ditampar papanya
    Skrg umur 27 Tahun dan sudah sembuh total GBU all

  172. 05/07/2011 pada 1:08 | #172

    Hai saya mengalami telinga dengung sejak 10 Bln lalu karena kena tamparan.gendang telinga
    Robek tetapi sudah dioperasi 2 bln lalu dan skrg gendang telinga sudah utuh namun masi berdengung
    Akan tetapi kasus yg sama terjadi pada teman saya yg renang lalu gendang telinga nya sobek
    2 Tahun kemudian dy sembuh dari tinnitus.lalu ada lg contoh teman saya kejadian sd dy ditampar papanya
    Skrg umur 27 Tahun dan sudah sembuh total

  173. ramon
    27/06/2011 pada 19:57 | #173

    dokter cara menhentikan dengungan gmna sudah satu minggu gara gara latihan nembak

  174. enti
    24/06/2011 pada 18:27 | #174

    Sdh 3 hr ini telinga sy berdengung.berawal dr satu mlm sy sakit gigi,paginy telinga kiri sy jd berdengung.sy sdh k dokter gigi,n skt gigi sdh sembuh tp telinga kiri tetap berdengung.sdh sy coba ksh obat tetes tp tdk sembuh jg.
    Mohon info n obatny apa?

    Trims,
    Regards,
    Enti

  175. Syerilina
    15/06/2011 pada 18:55 | #175

    papa saya menderita tinnitus,…tiap hari hari saya…memikirkan papa saya,….kuping kanan nya yang berdengung,….lama kelamaan kuping nya sulit mendengar……waktu saya panggil papa saya,…papa saya saja tidak dengar…sehingga harus teriak dulu,…waktu saya menanya suara dengung nya seperti apa…papa saya menjawab “seperti kenyeng2…seperti benda menempel di dalam kuping” saya binggung apa itu kenyeng2 ya?? kadang kuping dengung nya hilang tapi muncul lagi,….saya sebagai anaknya kasihan dong,…papa saya setiap hari mengeluh terus karna derita tinnitusnya…..kadang volume dengung nya semakin kecil..kadang semakin besar,……tolong dong bantu kasih saran,….di e-mail saya,…. sherlinda.wirantika@yahoo.com atau bagi yang MSN sherlinda_wirantika@hotmail.com

    Mohon Bantuan nya~~~

  176. DefiWansyah
    01/06/2011 pada 23:37 | #176

    Umur Saya 30 thn,tinggal di Palembang.. sudah hampir 1 tahun telinga kanan berdenging,apalagi kalo malam hari dengingnya makin terasa,sesekali disertai denging yg kuat, sudah pernah ke dokter sampe 3 bln berturut-turut minum obat tp nggak ada hasilnya. Mohon infonya tempat berobat ( Dokter,Ahli Akupuntur,Bekam) atau solusi lainnya yang bisa meredakan penyakit ini, terdekat dari kota Saya.. Terimakasih sebelumnya.

  177. Hera
    01/06/2011 pada 10:25 | #177

    Kuping kiri saya mulai berdengung kurang lebih 3minggu …. saya pikir itu hanya kemasukan air setelah mandi tetapi ternyata tidak hilang juga. saya menceritakan kepada teman saya, dia bilang cona teteskan dengan propolis. tadinya saya takut tapi bismillah saja dan saya teteskan (malam hari). keesokkan paginya sudah hilang dengungnya.. tapi beberapa hari kemudian muncul kembali. saat ini saya juga sedang berobat tiroid — tyrozol. apakah ada pengaruh dari obat yg saya minum. saya juga bekerja sebagai CS — selama kerja menggunakan headset. apakah itu ada pengaruhnya juga… Semoga saya bisa mendapatkan jawabannya..Terima Kasih

  178. Irma rismayanti
    30/05/2011 pada 12:20 | #178

    Sejak tahun 2003 telingaku berdenging, karena terlalu banyak kanamisin yg disuntikkan ke tubuhku. Hingga saat ini masih telingaku masih berdengin. Tolong dong apa obatnya?

  179. husni bahreisy
    27/05/2011 pada 19:50 | #179

    Telinga saya sudah hampir satu bulan ini berdenging tetapi hanya pada malam hari sedangkan pada siang hari dengingnya hilang , disamping itu saya juga menderita diabetus apakah itu penyebabnya

  180. indra
    25/05/2011 pada 18:01 | #180

    terima kasih sebelumnya,
    saya sering sekali mengorek kuping bahkan setiap hari krn gatal. sdh 2 minggu ini kalo tidur miring sebelah kiri kuping saya langsung berdengung dan perdengaran menjadi pelan. saya ke puskesman dikasih obat tetes setelah dua ini blm ada perkembangan telinga kiri saya berhenti berdengung. Mohon sharenya infonya sebelum saya ke dikter THT.

  181. Ade S
    23/05/2011 pada 19:19 | #181

    Saya penderita telinga berdengung(tinnitus)telinga kiri ..kurang lebih 7 Bulan dan sampai saat ini masih berdengung…saya sudah coba berobat dari mulai klinik,dokter tht sampai pengobatan alternatif sudah di coba namun hasilnya nilhil…untuk itu kepada yg tahu solusinya tolong dong kabari saya..via sms di 085323479444, atau di adesetiawan7119@yahoo.co.id, trims sblumnya

  182. 06/05/2011 pada 12:34 | #182

    alhamdulillah tinnitus ku sudah sembuh…
    ku sangat bersyukur…
    hanya da satu caranya…tetap bersyukur dn selalu berwudhu lah…

  183. jamal
    21/04/2011 pada 19:56 | #183

    Sy mengalami hal yg sama yaitu Vertigo dn ketika vertigonya sembuh ternyata telinga sy tetap berdengung sehingga sy tidak bekerja selama 2 minggu. Atas keluhan ini sy mencoba berobat ke berbagai RS di poli THT, ada 3 RS yang sudah sy datangi dn 1 klinik THT, tapi sampai saat ini belum sembuh karena yang sy terima hanya obat dn obat tanpa ada tindakan medis. Sy pernah di tes pendengaran ternyata frekuensi pendengaran telinga kanan sy rendah dan dokter menyarankan sy agar di scan bagian kepala..dan sy sekarang sudah bekerja kembali dengan telinga yang berdengung.. semakin sy lelah maka suara dengungan di telinga semakin keras terdengar.Apakah anda mempunyai saran ????

  184. 20/04/2011 pada 12:23 | #184

    terima kasih untuk pak/mas abu luqman…doakan dengan bekam aku segera sembuh ya mas… amin…. tpi ku bersyukur msi di perhatikan ma Allah SWT..

  185. Lolita
    20/04/2011 pada 10:43 | #185

    Telinga sy jg berdengung sebelah Kiri sdh 1thn lbh… Ud kedokter manapun tp ttp ga Ada hasilnya… Dan setiap dokter mengatakan Hal yg berbeda2.. Ada yg blg kena virus, Ada yg blg krn radiasi hp, Ada yg blg terjadi penyumbatan dibagian pernafasan, sampe berobat keluar negri tp ttp ga Ada basil… :( jd sebnrnya apa yg hrs dilakukan Biar NIH suara ga Ada lg ditelingaku.. Ms iya ga Ada solusinya… Yg ud prnh mengalami, Dan bs Sembuh tlg infonya y. Thx

  186. mashitah
    09/04/2011 pada 17:42 | #186

    saye doakn smoga kmu smua cpt sembuh

  187. mashitah
    09/04/2011 pada 17:41 | #187

    saye doakn smoga kamu smua cpt sembuh ..

  188. Hetty herawaty
    25/03/2011 pada 21:39 | #188

    Saya jg sdh 1thn ini mengalami dengungan di telinga kiri.rasanya sangat menyiksa,apalgi ingin istirahat(tidur).sekedar berbagi saja…
    Biasanya saya lakukan adalah:
    Menaruh kepala dan pundak saya di atas bntal yg tinggi,lalu kepala saya lipatkan kekiri.(dalm keadaan terlentang)
    Smoga bermanfaaat

  189. 25/03/2011 pada 14:39 | #189

    Ya teman2 sy jg punya pengalaman yg sama sy menderita telinga mendenging sudah 6 tahun lamanya sudah ke dokter tidak ada hasilnya biasanya kalau kambuh sy ttp telinga dngn ke2 jri telunjuk trus ttp hidung dngan ke2 jari manis tutup mulut dan brnafaslah kuat2 trus keluarkan dari hdung trus minum air putih yg banyak ini hnya dpat mengurangi aja so klw teman2 ada pengalaman bgi2y slamat mecoba trims

  190. charlie
    24/03/2011 pada 10:53 | #190

    Hai… Aku penderita tinnitus dari tahun 2007. Sudah segala macam pengobatan sudah saya coba, namun sampai saat ini belum hasilnya. Sekedar berbagi pengalaman; Dulu saya pernah menjalani terapi di salah satu rumah sakit Jakarta dan berobat ke RSCM-Jakarta. Sang dokter menyarankan untuk di cuekin saja karena sudah tidak bisa di sembuhkan lagi. 2 hari yang lalu saya iseng2 ke rumahm sakit lagi dan di tangani oleh dokter spesialis THT yang sangat berpengalaman. Apa yang saya dapatkan sangat mengejutkan saya. Ternyata sang dokter pun menderita Tinnitus. Apakah benar penyakit ini tidak bisa di sembuhkan???? Saya masih percaya dan yakin bahwa ” Segala Penyakit pasti ada obatnya”. Marilah qta berusaha & berdoa Semoga qta bisa sembuh sari tinnitus ini….

  191. retno
    24/03/2011 pada 8:25 | #191

    Saya pernah kena tinnitusdi telinga sebelah kiri, setelah periksa kedokter ternyata amandel saya yang sebelah kiri radang. Setelah diberi obat, sembuh. Jadi jangan sepelekan.

  192. hardja kustandi
    16/03/2011 pada 21:24 | #192

    sy pny mslh telinga bunyi sngt keras udah 4 thn ato mngkn ini yg namanya tinnitus..mohon informasinya apa bisa disembuhkan dgh cara alternatip seperti akupuntur ato ke dr tht dgn cara dibersihkan pakai cairan obat tertentu..mohon kiranya ada yg tau informasinya..

  193. soelistyo
    27/02/2011 pada 17:32 | #193

    Kenapa dokter-dokter di seluruh Indonesia tidak ada yang mampu menyembuhkan penyakit Tinnitus ini …….

  194. iSmaiL faHmi
    24/02/2011 pada 22:14 | #194

    kuping saya berdengung sudah 1 tahun setengah, sudah berobat ke dokter yang paling bagus Prof ahLi THT yang ada di Tanah Abang tapi tidak ada hasilnya n ke RS Negeri pun sama aja ga ada hasilnya. sangat mengganggu kegiatan saya sehari-hari. tolong ya teman2 kasih tau apa solusinya supaya ga berdengung lagi.. thx

  195. Hendro
    23/02/2011 pada 15:52 | #195

    Kira-kira berbahaya ndak pernyakitnya? Soalnya sudah 2 minggu telinga kanan dalam saya berdengung semakin keras.
    Terimakasih…

  196. taufik
    17/02/2011 pada 17:31 | #196

    sy umur 37thn mengalami sinnitus dr sma skrg sy udah kwn dan pny anak 4
    yg mengalami sinnitus hrs ttp semngat, ngomong2 ad dr kita yg udah mencb berobat di yayasan nursyifa di jkt? sy pengen tau gmn hslny?

  197. nurul
    11/02/2011 pada 11:31 | #197

    sejak april saya mendengar suara mendenging di telinga saya, tapi berhubung kesibukan UN dan SNMPTN saya mengabaikannya dan hanya berobat ke puskesmas. Setelah konsultasi dengan ahli THT, saya dinyatakan menderita tinitus ec. noise induced trauma.as.
    Dokter menyarankan saya menggunakan alat bantu yang bisa menghilangkan bunyi di telinga saya tapi itu bukan untuk menyembuhkan.
    Pola hidup sehat seperti apakah yang dapat membantu saya dan adakah pengobatan alternatif serta obat-obatan yang bisa saya gunakan untuk mengobatinya?
    Terima kasih

  198. rosa
    11/02/2011 pada 10:05 | #198

    berdengingnya karena apa y??
    biasanya timbulnya sering atau jarang??
    dan berapa lama klau timbul??

  199. chalik
    18/01/2011 pada 20:35 | #199

    saya mengalami kurang pendengaran sudah 15 tahun n apakah msh bs di obati……….?
    saya mengalami itu awalnya terkana penyakit gondokan dan setelah penyakit gondokan saya sembuh terjadilah terganggunya paedegaranku di sebelah kiri……..jika ada yg tau obatx mhn di infokan ya………? makasih sebelumnya

  200. ujang
    06/01/2011 pada 13:24 | #200

    setelah vertigoku udah mendingan skrang kuping sblah kiriku berdenging smpe skrng, obatnya apa ya?

  201. mahu menolong
    24/12/2010 pada 15:15 | #201

    kalau berdengung biasa, coba tutup/picit hidung (mulut jangan dibuka) kemudian hembus nafas yang ada dalam mulut kuat2 (pastinya nggak bisa). bila terasa berdengung lagi, telan air liur. Pasti ilang. (jika yang biasa2 sperti naik bukit)

  202. putra
    04/12/2010 pada 16:49 | #202

    saya berumur 24 tahun mengalami gangguan telinga berdengung kira-kira sudah 6 tahun yang lalu di akibatkan terjatuh dari motor , yang ingin saya tanyakan apakah penyakit saya ini termasuk jenis ” tinnitus ” ??
    terimah kasih sebelumnya ..

  203. yos pengki
    01/12/2010 pada 20:48 | #203

    telinga saya berdengung sudah sekitar 1 tahun sesekali saya bisa nmendengar dengan baik
    tapi kalau saya membersih kan telinga seya telinga saya kembali berdengung
    saya minta tolong gimana cany aatau obat apa yang baik untuk mengobati telinga saya ini saya mohon.

  204. 24/11/2010 pada 16:33 | #204

    Sy pernah sakit telinga,pendengaran trasa kecil sebelah. Bgni ceritanya..Waktu mengukur dalam lubang telinga,trnyata sbelah kiri lebih dangkal 1,5cm dibanding telinga sblah kanan. Ternyata didalam telingaku ada darah kering dan nanah. Saya mencoba berikan beberapa tetes getah pohon pepaya dlm telinga yg dangkal dgn memakai tustel kapas, krn ingat getah pepaya bahan dasar papain(dapat menghancurkan protein). Sekitar 3-4jam telinga mulai panas,terasa mau meledak. Ini dsebabkan darah kering&nanah yg membatu mulai mencair dan smkin memenuhi lubang telinga. Saya bahkan minum 2 biji antalgin tuk melawan rasa sakitnya,krn sakit sy akhirnya lelah&ketiduran. Saat bangun tidur,tercium bau amis yg tajam. Trnyata dari telingaku mengalir nanah&darah kering/kotor. Setelah membersihkannya trjadi perubahan ajaib bagiku, suara2jelas di tlinga sblah kiri dan normal sperti yg sblh kanan. Trimakasih Allah,SWT.. Atas getah pepaya Mu yg brmanfaat bagiku..
    & tulisan ini hanya untuk teman2 yg punya problem yg sama dgnku.. Smoga brmanfaat.

  205. iswan
    23/11/2010 pada 14:54 | #205

    Saya menderita telinga berdengung, dan ini sangat mengganggu …. Mohon informasi .. Apa yang harus saya lakukan .. dan kemana saya harus pergi berobat dan terapi ? Sebelumnya saya sudah pernah ke dokter THT .. tapi belum mendapatkan hasil … Hanya obat dan obat saja yang diberikan … tapi telinga tetap berdengung …

  206. nurul
    08/11/2010 pada 15:36 | #206

    Aku juga dah merasakan sakit nya selama 10 Tahun, benar-benar menyiksa.
    Dan rasa nya mau nangis setiap teman di kantor aku bilang aku ini ‘BUDEK’.
    aku juga dah coba ke dokter, akupuntur sampai orang pintar
    Tapi blm ada hasil nya,Ilahi tolong lah hamba Mu ini

  207. ikhsan
    05/11/2010 pada 16:29 | #207

    wah saya juga penderita tuli plus tinitus sejak agustus 2009 padahal saya umur 18 dan masih pelajar SMA…
    memang setres memikirkan penyakit ini… bikin gila
    ada tg punya solusi g bwt bantu kamii

  208. marjiyanto
    28/10/2010 pada 14:52 | #208

    Saya berfikir hanya saya sendiri yang menderita Tinitus, Saat merasakan telinga berdenging sudah lama sekali, tadinya telinga kanan dan kini telinga kanan saya sudah tidak bisa mendengar, bisa tapi sangat jauh sekali, dan kini telinga kiri saya andalan satu-satunya telinga sekarang berdenging sudah sekitar 5 bulan, saya sangat tersiksa sekali dan malu apalagi pada saat ada pertemuan selalu salah pengertian. Saya pernah ke THT, dan dibulang karena sarafnya. Apakah Tinitus yang disebabkan karena sarafnya sudah terganggu masih bisa di obati. mohon pertolongan dari semuanya yang tahu. Terimakasih.

  209. cha ap
    25/10/2010 pada 16:46 | #209

    Telinga saya sudah berdengung selama sekitar 1 setengah tahun lalu. Waktu itu sempat reda sedikit sejak ke dokter dan diberi obat. Tapi dengung itu malah timbul lagi setelah beberapa minggu.
    Dokter mengira kalau saraf saya terganggu dan kemungkinan tuli permanen.
    Kira2 ada ga ya cara mengatasi, mencegah, atau mengurangi itu?
    Atau cara untuk menyembuhkan ketulian/dengungan itu.
    Kalo memang ada, mohon bantuannya, email sy: icha.amrisyanda@gmail.com.
    Mohon sekali ya bantuannya. Trims.

  210. rizal
    07/09/2010 pada 8:39 | #210

    saya sudah menderita tinntius selama 1 tahun,tolong beritahu obat yang tepat

  211. Erick
    02/09/2010 pada 23:23 | #211

    Alow kawan kawan,kuping kanan saya berdengung udah dari saya masih smp sekitar 15 tahun lalu,kuping saya berdengung ketika lg itu maen petasan,sejak itu berdengungnya.kalau malam mau tidur tidak ada suara yg berisik,kuping saya berdengung dan sangat menggagu sekali.says jugs penderita sinusitis,apakah mungkin ada hubungannya?udah bbrp kali ke dokter di indo dan spore tapi tetep tdk bs sembuh.ada dokter yg menyarankan kalau saya operasi sinusitis kuping saya tidak akan berdengung lagi.
    Mohon petunjuknya ya kawan kawan,boleh mungkin tolong email saya ke palladium83@yahoo.com.saya ucapkan terima kasih sebelumnya.

  212. irawati
    23/08/2010 pada 8:34 | #212

    Saya juga mengalami hal yang sama sejak hamil ke bulan 6 telinga kanan saya sering berdengung dan mendengar suara2.. saya sudah mengikuti fisioteraphy sebanyak 2x tidak ada perubahan , suara2 itu mengganggu sekali
    Teman dan rekan ada yang punya solusinya secara alami

  213. 20/08/2010 pada 12:27 | #213

    Saya suka trauma kalau diperjalanan apalagi perjalanan jauh kemudian udaranya dingin yang ahirnya telinga saya sakit sampai mampet mendengung. sudah diperiksa ke dokter katanya tidak apa-apa. tapi setiap saya bepergian jauh apalagi lama pake AC telinga saya sakit. kira2 saya harus gimana supaya saya sembuh.

  214. kres
    14/08/2010 pada 10:28 | #214

    saya menderita TINITUS udah sejak setahun lalu sampai sekarang, sejak melahirkan anak kedua. kadang pelan suaranya kdg jg membesar. ada yang punya solusinya? Mohon bantuannya. thanks before…

  215. kres
    14/08/2010 pada 10:26 | #215

    saya menderita tinitus sdh setahun lebih sejak melahirkan anak yg kedua. kdg suaranya mengecil kdg jg membesar apalagi klw bangun tidur. ada yg tahu solusinya? mohon bantuannya….

  216. 02/08/2010 pada 19:00 | #216

    untuk aku pengobatan dengan sujud kira 10 menit,,jadi bagi anda yang muslim kalo bisa dalam sholat sujudnya aga di perlama,,,,,

  217. Arifin
    17/07/2010 pada 13:49 | #217

    Saya penderita tinnitus sejak 14 April 2009 dan sampai saat ini masih saja berbunyi pada satu telinga kiri , bunyi seperti suara ban kempis
    Sudah berobat ke THT , Syaraf , Hiperbarik , Akupunkture , Totok darah , Herbal Terapi dan semua pengobatan sudah dicoba tetapi tidak ada hasilnya .
    Juga sudah MRI kepala semua tidak ada kelainan .
    Bagaimana selanjutnya , apakah ada yang bisa memberikan informasi pengobatan dan apakah bisa sembuh .

  218. husni
    14/07/2010 pada 14:16 | #218

    semoga kita lekas sembuh

  219. Hartono
    14/05/2010 pada 2:47 | #219

    Tinitus yg sngat mengganggu..

  220. abdulwahid
    20/04/2010 pada 22:44 | #220

    Saya penderita tinnitus sudah 12 tahun, kalau ada yang tau apa yang sebaiknya saya lakukan untuk sembuh, mohon dikirim.

  221. c tarigan
    13/04/2010 pada 9:48 | #221

    saya juga sudah sekitar 2 tahun telinga kiri saya mendenging (tinnitus),.dulu kejadiannya mula2 sewaktu berenang kemasukan air,..akhirnya ya telinga jadi kurang pendengaran dan lama2 jadi mendenging, sudah ke beberapa dokter spesialis THT, tapi mereka menyerah tdk mampu mengobati,..dianjurkan pake alat pendengar,..tapi saya tdk merasa aman pake lat bantu,..ya siapa tau ada yg bisa bantu saya tks
    emailku : cetarsib@batan.go.id

  222. nanda
    25/03/2010 pada 13:12 | #222

    aku udah 1 thn ini kehilangan pendengaranku,aku nga ngerti ini namanya tinntius atau apa,
    yang jls aku udah enga bs sklh lagi.. awalnya aku skt gondongan terus types..stlh smbh aku lgsg enga bisa dengar, telingaku berdenging,tapi nga ada suara yag masuk.pengobtn apa yg hrs aku lakukan,klau ke dokter aku udah hrs pake alat bantu dgr..,udah di cb sih tp
    enga bisa, aku jg dah cb terapi akupuntur tp menyiksa skl,alternatip jg dah pernh dijalani..smp skrg jg msh. temen-temen tlg bantu aku dong…aku ingin banget smbh dan dengar kembli seperti semula..

  223. wayan suama
    16/03/2010 pada 13:24 | #223

    saya menderita telinga mendenging sekitar 1 bulan lebih. Awalnya saya membersihkan telinga dgn cotton bud. Kemudian telingga terasa sakit & membengkak. Sudah di bawa ke Puskesmas ternyata tetap saja tidak ada perubahan. Selanjutnya di bawa ke dokter THT dan di kasi obat pertama kali ada perubahan. Setelah obatnya habis kambuh kembali dan telinga saya mendenging serta keluar cairan. Kemudian di bawa lagi ke dokter THT, di kasi obat sampai obatnya habis lumayan ada perubahan dan hampir normal. Namun beberapa hari berikutnya lagi kumat telinga mendenging dan terkadang keluar cairan.

    Mohon solusinya, apa ada obat yg secara alami (non kimia) atau solusi lainnya.

  224. 10/02/2010 pada 9:50 | #224

    bagimana nich cara mengatasi tinitus ini, sebab kuping Saya dua2 sakit karna sering ada gangguan (bunyi2) ke dua kuping Saya, karna ada Kawan, teman, orangtua yang manggil saya, maka nya tidak kedengaran. Maka nya Tolong Saya bantu Bapak, Ibu, Saudara/i apa sich obat untuk mengatasi telinga saya yang 29 thn. Trim’s

    Tolong Kirim kan melalui Facebook.com (e-mail) : andy_chanlee@yahoo.com
    Tolong kirim kan melalui sms (Hp) Simpati : 081263418929
    Tolong kirim kan melalui sms (Hp) Im3 : 085762052556

    Salam dari

    BOB DOLI SIMARMATA

  225. 31/01/2010 pada 18:17 | #225

    tolong ada yang bisa bantu saya ga…
    saya menderita vertigo ( Kepala Pusing Berputar) disertai tinnitus(telinga mendenging)…kadang2
    kalo kecapekan atau habis lari-lari lalu dibuat nafas+bicara suara saya
    bicara tuh terdengar lebih keras di telinga sebelah kanan jadi kaya
    ngomong sambil ditutupin te……linganya,gangguan ini namanya apa ya?dan apa solusinya?

  226. 19/01/2010 pada 8:36 | #226

    aku udah menderita tinitus hampir 10 tahun. dulu pernah agak sembuh suaranya mengecil tapi sekarang volume suaranya membesar kadang2 ngak kedengaran suara kecil yang lain. aku sedang mencari ahli akupresur akupuntur yang tepat karena dokter tht udah ngak berpengaruh. tahu ngak tempat terapi yang tepat