Payday loans
payday loans
Beranda > Kesehatan > Manfaat Buah Naga

Manfaat Buah Naga

Khasiat obat pohon naga bukan hanya berasal dari buahnya saja tetapi dari daun dan kulit buahnya juga. Selain lezat buah naga merah (Hylocereus polyrhizus) atau sering disebut red pitaya juga mempunyai kasiat obat antara lain sebagai penurun kadar gula darah pada penderita diabetes dan menghaluskan kulit, sedangkan ekstrak daun dan kulit buahnya dapat meningkatkan kelenturan pembuluh darah dan menghambat pertumbuhan sel tumor.

Penurun Kadar Gula Darah

Dengan mengkonsumsi 1 buah naga merah (250 gram) setiap pagi dan sore selama delapan hari berturut-turut akan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Selama mengkonsumsi buah naga hendaknya penderita berhenti mengkonsumsi nasi karena nasi merupakan sumber gula bagi penderita diabetes.

Menghaluskan Kulit

Menurut Prof. Dr. Muhammad Yusuf ahli pengobatan tradisional China, dalam kebudayaan Tionghoa buah naga dipercaya menghaluskan kulit wajah sehingga tampil lebih cantik, tetapi ia tidak digunakan untuk mengobati penyakit-penyakit mematikan seperti kanker atau jantung. Buah naga baik untuk mengatasi panas dalam karena bersifat mendinginkan.

Menghambat Pertumbuhan Sel Tumor

Khasiat pohon naga bukan terletak pada buahnya saja tetapi pada daun dan kulit buahnya juga. Hasil penelitian Rosario Vargas Sols dari Laboratorio de Investigation de Fitofarmacologia Universidad Autonoma Metropolitana Xochimilco Meksiko menunjukkan bahwa ekstrak kloroform daun buah naga berdaging putih mengandung senyawa pentacyclic triterpene taraxast-20-ene-3a-ol dan taraxast-12,20(30)-dien-3a-ol. Kedua senyawa itu terbukti melindungi kelenturan pembuluh darah kelinci. Peneliti memperkirakan keampuhan kedua senyawa itu hampir menyamai troxerutin salah satu obat pelindung pembuluh darah mikro yang beredar di pasaran. Obat itu berfaedah mengurangi risiko pecahnya pembuluh darah.

Hasil uji in vitro yang dilakukan Li-chen Wu, peneliti Department of Applied Chemistry National Chi-Nan University menunjukkan bahwa ekstrak kulit buah naga berdaging merah berpotensi menghambat pertumbuhan sel tumor B16F10 pada dosis 25 gram.

Kategori:Kesehatan Tag
  1. febri
    23/01/2013 pada 13:11 | #1

    memang bagus buah naga,saa sakit kpala 4 hari,tengkuk berat skali,setelah makan buah naga sehari 2 butir mulai terasa ringan pdhl baru 1 hari saya makan.

  2. yuniaristina
    07/01/2013 pada 13:16 | #2

    setelah makan buah naga memang badan terasa enak,bisa meningkatkan mood kita lho………..

  3. 28/12/2012 pada 5:29 | #3

    Wah … mantab nih, mumpung lagi di malang y pengen nyobain ini ;)
    apalagi manfaatya u kesehatan sangat baik, skalian buat oleh2 deh ..
    sukses selalu !

  4. aam ningsih
    01/11/2012 pada 9:05 | #4

    **Dengar namanya dah terbayang kelezatannya….trim banget…ternyata selain lezat kaya manfaat…

  5. joko susilo
    23/10/2012 pada 6:11 | #5

    buah naga merah atau putih,kalau yg dalamnya merah saya butuh.

  6. 20/05/2012 pada 20:24 | #6

    Tambah beliau, polis akan mengadakan pemeriksaan lebih kerap di pusat pusat hiburan di negeri ini yang dikenal pasti menjadi tumpuan golongan itu.

  7. sri hartatik
    14/04/2012 pada 19:42 | #7

    mau nanya…apa ada beda khasiat buah naga warna merah,jingga,dan putih?mohon infonya, makasih

  8. sri oetari
    12/04/2012 pada 9:51 | #8

    memang segar setelah makan buah naga merah.dan kulitnya dimasak apa ya ?

  9. Marsudi
    02/03/2012 pada 16:21 | #9

    LAHAN DIJUAL. COCOK UNTUK BUDIDAYA BUAH NAGA.LUAS 1 HEKTAR, LOKASI YOGYAKARTA (BAGIA UTARA).HARGA NEGO BERMINAT SEGERA KONTAK 087839580219.

  10. Marsudi
    02/03/2012 pada 16:19 | #10

    LAHAN DIJUAL. COCOK UNTUK BUDIDAYA BUAH NAGA.LUAS 1 HEKTAR, LOKASI YOGYAKARTA (BAGIA UTARA).HARGA NEGO BERMINAT SEGERA KONTAK.

  11. 29/02/2012 pada 20:47 | #11

    saya lagi tanam didaerah mamuju lumayan sih buahnya, tapi pasarannya kemana?

  12. echa
    12/02/2012 pada 18:01 | #12

    wOow !!!!!!!
    mantap !!!!!!!!!!

    heeeheeeehEeeeee !!!!!!!!!

  13. MITA
    11/02/2012 pada 10:12 | #13

    memang enak sicg buahnya….. tapi yang bilang buah naga dapat menghilangkan jerawat, ternyata ngga tu….. soalnya,tiga minggu yang lalu, saya mengknsumsi buah naga tiga hari berturut2, dan hari ke 4nya, jerawat saya munculnya buanyak bungat… padahal saya ga pernah punya jerawat sebanyak itu… apa karna saya alergy ya???? sekarang za susah bungat buat saya mau ngehilangin jerawat itu……

  14. kholis
    28/01/2012 pada 7:37 | #14

    nilai 1000 deh
    untuk yang membuat ini. semoga bertambah ilmunya. amin

  15. 20/11/2011 pada 21:44 | #15

    SAYA COBA MENANAM, BISA BERBUNGA BAGUS TAPI KOQ PADA GUGUR BUNGANYA, MOHON KALAU ADA YANG BISA MEMBANTU, THANKS

  16. febgaz
    02/11/2011 pada 19:00 | #16

    sip…sip nie baru bermanfaat bagi semua orang, tanks bro ..

  17. novi
    01/11/2011 pada 16:18 | #17

    emang enak sie buah naga tpi maha lgie bokek nie

  18. novi
    01/11/2011 pada 16:17 | #18

    buah naga sie enak tpi mahal nie lgi bokek nie lgiansie buah nga mahal

  19. mukhtiar24
    14/09/2011 pada 15:59 | #19

    bagai mana cara membedakan antara buahnaga merah sama putih tanpa harus membelahnya…
    apa khasiat kulit buah naga putih dan bagai mana cara pemakaiannya?

  20. MUSTIKO
    05/07/2011 pada 15:56 | #20

    WAH RASA ENAK LO AYU COBA BUAH NAGA POKOKNYA GAK NYESEL

  21. Andalia
    07/06/2011 pada 20:22 | #21

    Bagus juga loh buat keramas….

  22. erwin
    07/06/2011 pada 16:45 | #22

    untuk mendapatkan bibit buah naga dimana ya?????
    kalo ada di daerah solo………….

  23. SuryA
    12/05/2011 pada 20:47 | #23

    AKU MAU KENAL KAMU

  24. nuke farida wardani
    02/05/2011 pada 19:48 | #24

    oya gmn cr bs bedain warna buah tanpa dibelah , tq

  25. nuke farida wardani
    02/05/2011 pada 19:44 | #25

    aku jg sdh coba mengkonsumsi selama bbrp minggu ini dn ternyata berhasil. . tensiku turun tq ya buah naga putih aja , jg kasil man. .

  26. 04/04/2011 pada 16:22 | #26

    buah naganya bisaa ga buat kulit cantik dan putih ,,,,,,,,,,

  27. MUSTIKO
    04/04/2011 pada 15:22 | #27

    TERIMA KASIH INFONYA MENGENAI BUAH NAGA SANGAT BAGUS TUH INFONYA
    YANG DAPAT MENURUTKAN KADAR GULA DARAH

    MUSTIKO

  28. 03/04/2011 pada 12:06 | #28

    kadar betakaroten di kulit buah naga yg merah brapa yaaaa??????

  29. shamsul
    14/02/2011 pada 12:44 | #29

    CLK GLOBAL ADALAH SUBSIDAIRY KPD PT BIO ALPHA MAKMUR, PRODUKNY BERDASARKAN KPD BIO TECH.

    BAKAL MASUK PASAR WAKTU TERDEKAT INI… PERMULAAN BERGERAK D MALAYSIA DULU..

    MENCARI SIAPA2 YANG BERMINAT DENGAN PELUANG INI…

    shamsjkt@gmail.com

  30. priyanto
    05/02/2011 pada 8:45 | #30

    mau tanya nich ………. sy punya buah naga merah sudah sering berbunga tapi tidak pernah jadi buah , apa penyebabnya? mohon penjelasan dan trims sebelumnya

  31. Made dasa
    22/01/2011 pada 21:32 | #31

    apakah pohon buah naga dapat menghasilkan buah yang maksimal bila dikembangkan di dataran tinggi yang dingin dan berkabut…………..??????????? saya mau dong tips pengembangan buah naga…………….. trims

  32. ikah
    14/10/2010 pada 17:31 | #32

    kalau buah dan kulit buah nyer ada isi,daun nyer pulak ada apa kegunaan nyer???
    tolong lah saya…
    saya nak tahu sangat2…
    PLEYZZZ….

  33. zubir efendi
    14/10/2010 pada 14:03 | #33

    saya pingin tau gmn caranya mekonsumsi buah naga yang bermamfaat untuk kesehatan,gmn dgn bijinya apa turut dimakan juga? trs gmn caranya mengkonsumsi kulitnya? makasih.

  34. junika
    08/09/2010 pada 18:03 | #34

    Gmn sich cara mengolah kulit buah naga, slama ini yg ku komsumsi hanya isi buah naga, tolong info dong

  35. mel imel
    28/08/2010 pada 12:01 | #35

    apa buah naga bisa menghilangkan alergi…ya?

  36. DERON
    25/07/2010 pada 17:32 | #36

    aku ju sama …. n sangat bangga sama buah naga ia bs mmberikan yang terbaik untuk kita

  37. yedi wiguna
    25/07/2010 pada 14:01 | #37

    boleh gak kalo buah naga di konsumsi oleh orang yang punya penyakit maag?,,,,haeabnnya di tunggu,,,makasih

  38. iin
    12/07/2010 pada 13:07 | #38

    btw, gmn cara buat saos dari kulit buah naga? bg2 resep dunk…. trims b4.

  39. saifullah
    31/05/2010 pada 8:41 | #39

    emang buahnya enak dimakan begitu aja , yang lebih manis yang isinya merah seger rasanya, tapi harganya masih sangat mahal

  40. wir
    18/05/2010 pada 19:35 | #40

    emang enak buah naga walaupun mahal

  41. vadhilla
    15/04/2010 pada 14:34 | #41

    hummmmm……slaen tu da khasiatnya laen gk??

  42. abang
    24/03/2010 pada 20:31 | #42

    ada yang tau gk kegunaan kulit dari buah naga ini apa???selain yang disebutkan diatas…???trimsss

  43. Beth Phoenix
    23/03/2010 pada 18:26 | #43

    Wah… Ternyata buah naga itu bermanfaat bagi kita semua. Trims, saya jadi tambah kagum dengan buah naga.

  44. ilyas
    14/01/2010 pada 6:22 | #44

    boleh juga dicoba,

  45. uler suket
    02/01/2010 pada 22:24 | #45

    Bagus emang, aku sudah coba buat saus dari kulitnya, enak ternyata.

  46. 29/12/2009 pada 19:55 | #46

    wwaahh,,
    bagus nich kayaknya,bisa dicoba..

  47. nita
    11/12/2009 pada 14:20 | #47

    emang bagus buat kesehatan..tp mahal !