Payday loans
payday loans
Beranda > Kesehatan > Khasiat Daun Kemangi

Khasiat Daun Kemangi

Meskipun murah dan banyak ditemukan, kemangi yang disebut juga dengan istilah Lemon Basil ini ternyata memiliki khasiat yang sangat banyak.

Mengoleskan rebusan kemangi bersama bawang merah dan minyak kelapa pada bagian perut, dada, dan punggung ternyata dapat meredakan perut kembung dan masuk angin. Jika Anda memiliki masalah bau badan dan bau mulut, mengkonsumsi kemangi segar atau meminum air rebusan kemangi, daun beluntas, dan kunyit dapat mengatasinya.

Menurut John Henry M. dalam bukunya yang berjudul “A Dictionary of Practical Material Medical“, daun kemangi berkhasiat menyembuhkan gangguan pencernaan, nyeri payudara, dan batu ginjal. Selain itu, kemangi juga dapat mengatasi influenza, gangguan menstruasi, sakit telinga dan sakit kepala/migrain, infeksi usus, dan gangguan saraf. Tidak hanya itu, aroma kemangi dapat menolak gigitan nyamuk.

Bagi pria, senyawa 1-8 sineol dalam kemangi dapat mengatasi masalah ejakulasi prematur, dan zat argininnya dapat mempertinggi daya tahan sperma serta mencegah kemandulan. Sedangkan bagi wanita, senyawa anetol, boron, eugenol, dan stigmaasterolnya mampu merangsang hormon estrogen, membunuh jamur penyebab keputihan, serta merangsang pematangan sel telur.

Minyak racikan kemangi berfungsi melawan bakteri Staphylococcus aureus, Salmonella enteritidis, dan Escherichia coli, menangkal infeksi akibat virus Basillus subtilis, Salmonella paratyph,dan Proteus vulgaris.
Tidak hanya itu saja, zat flavonoid dalam kemangi mampu melindungi struktur sel tubuh dan berperan sebagai antibiotik alami. Kemangi juga kaya akan betakaroten dan magnesium, mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung.

Di bidang kecantikan, kemangi dapat disuling dan diambil minyak atsirinya sebagai campuran pembuatan obat ataupun untuk bahan perawatan tubuh seperti sabun mandi, biang parfum, pelembab tubuh, dan minyak aroma terapi. Namun penggunaan kemangi sebagai minyak pijat sebaiknya tidak diaplikasikan terhadap wanita hamil.

Jika dicampur dengan lulur, kemangi dapat merangsang peredaran darah di tubuh sehingga kulit lebih halus dan berkilau, serta mengatasi masalah jerawat dan kerontokan rambut.

Heran dengan khasiat kemangi yang seabreg? Tunggu apa lagi, segera masukkan kemangi dalam menu harian Anda.

Kategori:Kesehatan Tag
  1. 04/01/2014 pada 7:04 | #1

    Ningsih layuk :

    makaci untuk infox……………
    ada g efek samping dari kebanyakan mengkonsumsi kemangi?

    @Ningsih layuk

  2. Ririn
    01/12/2012 pada 23:57 | #2

    Klo blm punya anak bahaya g minum kemangi

  3. WS Ripto
    22/11/2012 pada 9:01 | #3

    Apa perbedaan antara makan daun kemanginya dan minum ekstrak kemanginya terimakasih

  4. nurudin
    29/07/2012 pada 11:08 | #4

    ada yg jual ga minyaknya . . . Trus di mana mesti nyarinya . . .

  5. diop
    18/04/2012 pada 14:23 | #5

    makasih … jadi smakin yakin nyaranin ibu saya untuk konsumsi kemangi karena jantung beliau terjadi pembengkakan…

  6. Leonard Alaslan
    20/03/2012 pada 12:34 | #6

    Terima kasih untuk informasi yang sangat baik, tetapi Gimana cara menggunakannya? mohon dibantu ..

    terima kasih

  7. 17/03/2012 pada 2:07 | #7

    kemangi selalu kusuka. kemarin pernah keputihan dan sedikit gatal didaerah kewanitaan. mau beli pembersih pabrikan takutnya bahan2nya gak alamiah. alhasil baca sana sini, trus pake aer rebusan kemangi, bisa sembuh, dan terasa dingin gt. hehehhe… enak deh pokoknya. cuman kl udah sembuh jangan tiap hari dipake. cukup diminum aja bisa. thanks

  8. 15/03/2012 pada 19:58 | #8

    memang bener dgn mkn daun kmgi mulut jadi bau seger

  9. Shawn Kleiboeker
    11/03/2012 pada 21:33 | #9

    Deciding upon which digital camcorder is right for your recording purposes is often a tricky selection and procedure. You will discover several factors that you should think about before selecting a digital camcorder which includes the picture resolution, new technology, screen sizes, recording strategies, and other possibilities.

  10. kasful mahdi
    20/02/2012 pada 7:12 | #10

    terimakasih atas infonya semoga yang disana selalu memberkahi anada

  11. amirudin
    09/09/2011 pada 16:28 | #11

    Adakah kemangi dan selasih tumbuhan yang sama?

  12. ugill phatie
    07/09/2011 pada 20:36 | #12

    o0000000W.. trim’s info y.

  13. indra
    10/06/2011 pada 9:09 | #13

    tq qts infox tentang kasiat daun kmngi….cz q suka bnget sma yg nmax daun kemangi….teman2q smpai terheran2 lo lhat q mkan daun kemangi…q ska makan daun kemngi nich sjak kecil..pdahalah dlu q lom tau apa kasiatx…stlah baca info ini skrng q jadi tau ternyta bnyak skali manfaatx bgi tubuh qt.

  14. yudiah reidya
    08/06/2011 pada 18:32 | #14

    makaci informx…,sy memang gemar menu lalapan yg pakai daun kemangi gak hrs ada ayam greng ato gurame,tempe penyetpun jadi asal ada daun kemangi……[mantap]…..ngefek g xa..sama itu asam urat?

  15. arman
    28/04/2011 pada 23:51 | #15

    enak lo kemangi bisa ngurangi bau badan juga

  16. gede Suparadana
    03/11/2010 pada 6:00 | #16

    Saya suka akan kemangi .. senang akan yg mentah2 , dari baunnya aja udah bisa bikin lapar bang….!!

  17. wiwit widodo
    21/10/2010 pada 6:32 | #17

    bagaimana dengan orang ysng tidak suka dengan yang namanya kemangi
    tolong dong gimana caranya agar dapat suka mengkonsumsi daun kemangi

    makasih

  18. Lia.Maratus
    24/06/2010 pada 10:35 | #18

    makasi banget ya infonya,…
    kebetulan sy adalah salah satu wanita yang berjerawat,.. tapi… kalo cara pemakain ato pengolahan daun kemangi itu sendiri dengan cara apa, agar bisa langsung di gunakan kewajah yang berjerawat direbus ato di tumbuk?.. di tunggu jawabanya ya… makasi..

  19. tina
    01/06/2010 pada 19:17 | #19

    kalo buat wanita,efek sampingnya selain merangsang pematangan sel telur, ada yg lain gak?
    misalnya mengganggu kesuburan atau mempengaruhi kesehatan rahim…?

  20. Ningsih layuk
    25/05/2010 pada 12:13 | #20

    makaci untuk infox……………
    ada g efek samping dari kebanyakan mengkonsumsi kemangi?

  21. 25/01/2010 pada 8:40 | #21

    terimakasih infonya tentang daun kemangi