Payday loans
payday loans
Beranda > Kesehatan > Cantik dan Sehat dengan Lidah Buaya oleh Prof HM Hembing Wijayakusuma

Cantik dan Sehat dengan Lidah Buaya oleh Prof HM Hembing Wijayakusuma

Saat ini pemafaatan tanaman berkhasiat obat sudah menjadi bagian dari pengobatan tradisional masyarakat dunia yang bersifat efektif, efisien dan aman, dan ekonomis. Hal ini sejalan dengan himbauan dari organisasi kesehatan dunia (WHO) dengan gerakan “Back to Nature”.

Salah satu tanaman yang telah dimanfaatkan untuk pengobatan yaitu tanaman lidah buaya. Tanaman lidah buaya (Aloe vera 1.) merupakan tanaman yang dikenal sebagai tanaman hias dan banyak dijumpai dilingkungan sekitar serta tanaman yang sudah tak asing lagi dan telah banyak dimanfaatkan untuk pengobatan saat ini lidah buaya telah diolah dalam bentuk lotion, liquid, tablet, kapsul, jus, untuk dijadikan masakan atau lainnya.

Tanaman ini banyak tumbuh di daerah berhawa panas. Mengingat tanaman lidah buaya cukup mudah didapat dan terbukti memiliki khasiat untuk kecantikan dan kesehatan. Alangkah baiknya jika memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan dalam pengobatan tradisional yang merupakan warisan nenek moyang. Pemanfaatan tanaman berkhasiat obat seperti lidah buaya saat ini sangatlah tepat, karena saat ini masyarakat sedang mengalami kesulitan ekonomi akibat terjadinya krisis moneter dan ekonomi dan imbasnya mengenai berbagai sektor kahidupan termasiuk sektor kesehatan.

Lidah buaya mengandung aloin, barbaloin, isobarbaloin, aloeomodin, aloenin, aloesin dan lain-lain. Sedangkan khasiat lidah buaya antara lain: menyuburkan dan menghitamkan rambut, sebagai pembersih muka, mengatasi jerawat, mengatasi flek hitam, mengatasi ambeien, rematik, diabetes, dan lain lain. Pemanfaatan lidah buaya antara lain sebagai berikut:

Mengatasi Jerawat Daun lidah buaya secukupnya dikupas kulit luarnya dan daunnya, kemudian dijus. Tambahkan bubuk sambiloto dan tepung bedak beras dingin masing-masing secukupnya, aduk hingga rata lalu gunakan sebagai masker pada wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara teratur.

Menghilangkan Garis Putih Pada Dahi Lidah buaya secukupnya yang telah dibersihkan duri dan kulitnya lalu dijus, tambahkan putih telur secukupnya. Setelah itu, maskerkan pada dahi yang terdapat garis-garis putih tersebut hingga kering lalu dibersihkan dengan air.

Menyuburkan Rambut
Lidah buaya segar secukupnya dibelah, diambil bagian dalamnya, lalu digosokkan pada kulit kepala sesudah mandi sore. Setelah itu, kepala dibungkus dengan kain bersih dan keesokan harinya rambut dicuci. Lakukan secara teratur.

Mengatasi Ambeien
* Lidah buaya secukupnya diparut atau dijus, tambahkan « gelas air matang dan 2 sendok madu, lalu diaduk dan disaring, kemudian diminum.
* Lidah buaya secukupnya dijus, lalu dicampur dan diaduk dengan norit secukupnya
dan bubuk gambir secukupnya hingga rata kemudian dioleskan pada ambeien.

Mengatasi Rematik
* Sebanyak 60 gr lidah buaya yang telah dibersihkan kulit dan durinya lalu dijus, kemudian dicampur 30 gr jahe dan gula merah atau gula pasir secukupnya. Selanjutnya direbus dengan air secukupnya hingga tersisa 1 gelas. Setelah itu, diminum. Lakukan secara teratur.

* Untuk penderita diabetes, bahan-bahan tersebut ini dapat ditambahkan buah pare dan gula merah atau gula putih.

Khasiat Lidah Buaya (Aloe Vera 1.):
Khasiat
- kencing manis
- buang iar kecil mengandung darah
- hipertensi
- antikanker
- batu empedu
- muntah darah
- sakit kepala
- pusing
- influensa
- tukak lambung, sakit lambung
- radang lambung dan usus
- radang tenggorokan
- radang amandel
- radang hidung
- radang telinga
- radang gusi, radang rongga mulut
- batuk rejan
- wasir
- sembelit
- peluruh haid
- nyeri saraf
- mabuk kendaraan
- luka terpukul
- luka dalam
- cacingan
- kejang pada anak

Beberapa Zat Kandungan Lidah Buaya
*Antakuinon Dan Kuinon Memiliki efek menghilangkan rasa sakit (analgetik) dan
menghilangkan pusing.
* Lignin/Selulosa Dalam gel lidah buaya mampu menembus dan meresap ke dalam kulit, menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit, sehingga kulit tidak cepat kering serta terjaga kelembabannya.
* Acetylated Mannose Merupakan imunositimulan yang kuat, yang berfungsi meningkatkan fungsi fagositik dari sel makrofag, respon sel T terhadap patogen serta produksi interferon dan zat kimia yang meningkatkan sistem imun untuk menstimulasi atau merangsang antibody.
* Gel/Lendir Lidah Buaya Mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan luka, luka bakar, borok/eksim, memberikan lapisan pelindung pada bagian yang rusak dan mempercepat tingkat penyembuhan. Reaksi tersebut karena adanya Aloectin B yang menstimulasi sistem immun.

* Aloin, Aloe-Emodin Menyebabkan usus besar berkonstraksi/mengkerut sehingga bersifat sebagai pencahar yang kuat (laxative). Umumnya terjadi pengeluaran feses/buang air besar setelah 8-12 jam pengkonsumsian.

Dan lain-lain.
Pemakaian luar:
- luka terbakar
- luka tersiram air panas
- eksim/borok
- bisul
- digigit serangga
- mengembalikan jaringan kulit yang tidak rata
- biang keringat
- kutil
- mata ikan
- tumit pecah-pecah
- gigi berlubang
- untuk kecantikan: jerawat, komedo, tahi lalat, flek hitam, rambut rontok, rambut beruban, melebatkan rambut, menghitamkan rambut. – dan lain-lain.

Kandungan Kimia Lignin, sapanin, senyawa antrakuinon, vitamin, senyawa gula, enzim, asam amino, aloin, barbalon, isobarbaloin, aloe-emodin, aloenin, aloesin, dan lain-lain.

Mekanisme Kerja * Szponin: Memiliki kemampuan sebagai pembersih dan antiseptik sehingga sangat efektif mengobati luka terbuka. * Alomicin: Memepunyai efek sebagai antikanker.

[Prof HM Hembing Wijayakusuma adalah ahli pengobatan tradisional dan akupunktur,
Ketua Umum Himpunan Pengobat Tradisional & Akupunktur se-Indonesia (Hiptri)]

Kategori:Kesehatan Tag
  1. 14/03/2014 pada 0:11 | #1

    Katanya, lidah buaya bagus juga buat menghilangkan jerawat.

  2. 10/03/2014 pada 10:07 | #2

    Tapi sebelum memakainya, pastikan kulit anda cocok dgn lidah buaya. Mungkin di area yg kecil terlebih dahulu. Karena ada kasus kulit berminyak, yg malah bertambah problem jerawatnya

  3. indri
    22/01/2013 pada 22:22 | #3

    dok, dahi saya lebar tetapi bukan karena rontok, memang sudah keturunan. selain itu, rambut saya rontok. bagaimana caranya menumbuhkan rambut di dahi yang lebar dan mencegah rontoknya rambut? kalau bisa dengan yang modern dan juga tradisional. trimakasih dok.

  4. 27/12/2012 pada 21:28 | #4

    yang alami memang lebih bagus

  5. 09/07/2012 pada 21:57 | #5

    thank’z bnget ea ataz invonya,,

  6. 05/07/2012 pada 6:36 | #6

    barusan potong gundul..akhirnya mampir ke sini thanks ya..da share artikel lidah buayanya..

  7. laura
    30/04/2012 pada 11:37 | #7

    dok ranbut saya sering rontok dan juga dahi saya lebar bagaimana cara menumbuhkan rambut pada bagian dahi yang lebar dan membuat rambut lebat

  8. Yati
    25/11/2011 pada 19:48 | #8

    Assalamualaikum dok
    Saya sudah pakai cara menghilangkan flek hitam dengan lidah buaya, kira-kira sudah setengah tahun. TAPI flek hitam di wajah saya tidak hilang.
    Caranya sbb :
    - lidah buaya dicuci, ditaruh di lemari es, dikupas, lalu digosok-gosokkan ke wajah
    - saya tunggu sampai lidah buaya kering di muka, baru saya bilas dengan air hangat, setelah itu air dingin
    Apa cara saya sudah benar dok? Jika memang sudah benar, mengapa masih belum kunjung hilang? Tolong minta sarannya dok.
    Terima kasih

  9. 10/10/2011 pada 20:25 | #9

    dok, di bawah mata dan sekitar mata saya terdapat banyak kutil kecil yang semakin lama semakin banyak.apakah dengan mengoleskan getah lidah buaya, kutil tersebut bisa hilang?kira2 berapa lama waktunya jika digunakan secara teratur?makasih

  10. Firmansyah
    13/09/2011 pada 13:42 | #10

    Assalamu’alaikum Wr. Wb… Slmt siang, salam sejahtera Pak Prof. HM. Hembing. Salam kenal dari saya. Prof, Saya ingin konsultasi. Saya pernah menjalani operasi ambeien 7 tahun yang lalu (2004). Nah awal bulan Agustus kmrn Bekas operasi Saya kambuh (bengkak) gara-gara makan pedas. Stlh diperiksakan ke dokter, sang dokter menyatakan harus operasi. Yang saya ingin tanyakan, dengan pengobatan alternatif herbal apa saja yang harus saya jalankan dan apa saja obat-obatnya untuk menyembuhkan penyakit saya ini dan apa saja pantangan/larangannya.. Mohon jawaban dari Profesor. Trm ksh. Wasslamu’alaikum Wr. Wb.

  11. 01/09/2011 pada 18:18 | #11

    Nice blog post!! Perhaps it would be worthwile though if you should consider posting your news posts to stumbleupon – I’m pretty sure the people on that website should love the posts, also it might get you more readers. Kind Regards; Verlene Seiter in Gongyi

  12. yudhi mahyudin
    21/06/2011 pada 9:43 | #12

    Prof mohon advis saya memiliki penyakit radang tenggorokan (parangitis) menahun, saya sudah bosan mengkonsumsi obat anti biotik.
    Obat herbal apa yang bisa saya konsumsi dan apa yang harus saya lakukan,
    Wass

  13. Fuzy
    17/06/2011 pada 21:48 | #13

    Prof. apakah lidah buaya bsa buat membersihkan lemak dalam perut??

  14. effilina safitri
    20/05/2011 pada 11:27 | #14

    saya seorang wanita berusia 27 thn,baru berumah tangga 1 thn,belum punya anak.sy sudah 4 bln menderita sakit lambung(menurut diagnosa dokter).yang mau saya tanyakan ramuan herbal apa yang baik untuk lambung saya,mengingat saat ini saya juga belum mempunyai anak? Terima kasih. Mohon dibalas secepatnya ya! Saya sangat mengharapkan bantuan anda.

  15. 09/04/2011 pada 12:12 | #15

    Prof. sbelumnya mhn maaf,klo bleh kami minta buku tentang tumbuhan herbal yg bermanfaat bg ksehatan dan gampang di jumpai di sekitar boleh nggak!!! Terima ksih prof..

  16. edi sujarwo
    07/04/2011 pada 16:12 | #16

    Prof… untuk mengatasi rambut beruban caranya gimana? umur saya 36 tahun pekerjaan wiraswasta jadi bekerja setiap hari memutar otak dan stress… bikin rambut rontok dan beruban.
    Terimakasih sebelumnya….

  17. Lya
    30/12/2010 pada 13:02 | #17

    Dok..usia saya 35 thn & blm menikah .
    saya ada keluhan flek udah 7 bulan ini….disekitar pipi sampai ujung mata, trs kening, diatas bibir ( kumis ) dan di hidung yang smuanya disebabkan terbakar matahari yang trs mnerus slama 1 bln…dah saya obatin dr mulai tempt skincare, trs sinse, trs racikan2 dokter & apoteker sampai obat2 yang ada dipasaran……..tp bukannya ilang, flek saya malah semakin tebal dan meluas…
    terus terang saya sudah putus asa ngadepinnya..saya Mohon Bantuan solusinya dari Dokter…..
    TerimaKasih…..

  18. iin
    21/12/2010 pada 17:01 | #18

    prof.. saya menggunakan KB pasang sudah 14 bulan, tetapi sekarang punya keluhan suka keputihan. bagaimana cara mengatasinya

  19. prince
    02/10/2010 pada 7:51 | #19

    saya penderita hemoroid/ambeien grade III, kata dokter hrus dioperasi. apakah ada jln alternatif laen selain operasi dan injeksi? makasih.

  20. nita
    22/08/2010 pada 13:38 | #20

    assalamu’alaikum prof..
    Bgaimana cr penyembuhan sakit maag akut sampai pusing berkepanjangan dan lidah terasa asam,dengan lidah buaya.oia,sblumx saya juga sakit typus dan blum smbuh benar. Thnx tuk jwabanx. Wasslm

  21. 26/06/2010 pada 11:41 | #21

    dok, di bawah mata dan sekitar mata saya terdapat banyak kutil kecil yang semakin lama semakin banyak.apakah dengan mengoleskan getah lidah buaya, kutil tersebut bisa hilang?kira2 berapa lama waktunya jika digunakan secara teratur?makasih

  22. sakti
    10/06/2010 pada 21:35 | #22

    Dok tmen sy sudah 2 tahun ne terkena ambeien pas pertama dl sh bs berenti dn duburnya tdk keluar lg tp beberapa bln ini duburnya tdk bs msk lg tapi untungnya sdikit dn tidak terasa skit,sudah cb ke dokter tp disuruh operasi. Ambeiennya tdk sampe pendarahan dok,ada tdk ramuan yg bs mengobati ambeien tmn sy ne dan bs normal lg.
    Mohon sekali bantuannya dok dan jika ada obt tradisionalnya mohon untuk diemailkan ke email sy.
    Atas bantuannya sy sampaikan terima kasih yg sebesar-besarnya.
    sy sgat mengharapkan bantuan dokter!

  23. marcella
    27/05/2010 pada 14:08 | #23

    mw tanya nih prof. klo lidah buaya buat wajah. apakah tidak menimbulkan / menumbuhkan rambut diwajah? saya bingung, karena manfaat lidah buaya yang paling populer adalah menyuburkan rambut. makasih sebelumnya

  24. 27/04/2010 pada 0:19 | #24

    Beberapa bulan yang lalu saya buang lidah buaya yang ada di depan rumah karena sudah besar dan mengganggu pemandangan saya, itu karena saya tidak tahu bisa dimanfaatkan seperti disebutkan dalam artikel ini, andai saja saya baca artikel ini sebelumnya, sayang sudah klewat.. yahh.. mungkin aku harus tanam ulang deh.

  25. eksaa
    08/04/2010 pada 9:50 | #25

    emang lengkap manfaatnya ..
    tapii . . . terbukti tdk semua itu ?? hehe

  26. 28/03/2010 pada 5:33 | #26

    waduuuh……!!!!!!!
    lengkap banget tips nya wah…pazti q coba dechhh……..
    thanks yaaachh……….

  27. YAYAN
    07/12/2009 pada 14:04 | #27

    Terimakasih informasi cara mengobati wasir dengan lidah buaya, gambir dan norit .berapa lama baru bisa sembuh prof?

  28. trie
    07/12/2009 pada 11:22 | #28

    informasinya sangat berguna^_^

    thankz…..

  29. ina
    07/12/2009 pada 11:11 | #29

    saya mw tnya mengenai umbi teki. apa khasiat umbi teki dalam mengatasi keputihan? apakah mmpunyai kmampuan sbagai anti jamur?
    trm ksh

  30. Linda
    09/11/2009 pada 15:32 | #30

    pmakaiannya itu harus rtin tiap hari nggak?
    Kalau nggak rutin gimana?

  31. MUMUH MANSYUR
    08/10/2009 pada 12:08 | #31

    Anak saya waktu usia 3 tahun rambutnya belum banyak kemudian secara rutin mengunakan lidah buaya, alhamdulilah hasilnya luar biasa rambutnya hitam ,lebat dan lurus alami. pokoknya is the best deh…

  32. Farida
    28/09/2009 pada 12:40 | #32

    saya pengidap tumor payudara, ga ada benjolan tp akar2 tumor melebar di payudara dan perut.mhn petunjuk obat herbal apa yg harus saya minum untuk menyembuhkan/bahkan mematikan akar2 tersebut.mhn dibalas.mks

  33. yulian
    14/07/2009 pada 11:21 | #33

    good for aloe vera…!!!

  34. tamy
    13/07/2009 pada 20:57 | #34

    prof, sya mw tnya gimana cara pengobatan untuk sakit pingga sblh kanan bawah saja?

  35. ida
    13/07/2009 pada 12:07 | #35

    Tidak apa-apa. Gel lidah buaya telah dipercaya mampu melembabkan kulit melalui Zat lignin yang dikandungnya. Zat ini diyakini dapat menembus dan meresap ke dalam kulit dan akan menahan hilangnya cairan dari permukaan kulit. Walhasil, kulit pun menjadi tidak cepat kering dan akan tetap lembab.

    Tak hanya itu, secara eksternal, umumnya si aloe vera ini bisa juga digunakan untuk mencegah timbulnya jerawat, lho. Dengan menempelkan gel tanaman tersebut ke wajah yang berjerawat secara teratur, maka jerawat pun bisa teratasi. Dengan demikian melalui Bahan dasar yang dikandungnya seperti Zn, K, Fe, vitamin A, asam folat, dan kolin, terbukti bahwa tumbuhan yang satu ini memang sangat bermanfaat untuk merawat kecantikan.

    Namun sebelumnya, perlu dites terlebih dahulu apakah kulit bereaksi alergi atau tidak. caranya, Oleskan sedikit terlebih dahulu di kulit bagian tubuh lain seperti di punggung tangan. Bila Anda tak merasa
    gatal setelah setidaknya satu jam, pemakaian masker alami ini boleh dicoba. Dan tentu saja, bersihkan wajah sebelum memakai masker lidah buaya.

    *yang menjawab operator, bukan profesor,,*

  36. iva
    07/07/2009 pada 15:52 | #36

    prof,sya mw tnya,kulit sya kan trmasuk kulit kering,tidk pa2 kah kalau pake masker lidah buaya??
    trims..

  37. sriwulan
    15/06/2009 pada 17:03 | #37

    thank. prof aq udah coba masker lidah buaya dulu aq baca buku sehat ala hembing aq praktekkan alhamdulillah sekarang wajahku bersih dari jerawat

  38. Rival Ferdiansyah
    07/05/2009 pada 20:07 | #38

    wahh bagus banget informasinya..haturnuhun

  39. Mis yulita
    26/04/2009 pada 16:38 | #39

    Prof..brapa lama jeda wkt kt minum obat setelah kita meminum kopi. Jam brapa sebaiknya kt minum obat2 tradisional.. Kulit muka saya tadi nya normal dan sehat,tp stelah saya ke Dr kecantikan-muka saya berminyak dan sensitif. Apakah pengelupasan kulit muka berbahaya untuk be2rapa th kedpn. Thank you,.. Prof

  40. mella
    18/04/2009 pada 12:54 | #40

    baguus bangged tipzz.ya aquuh

    lagu cara manfaatin lidah buyya buadd rambuud….

    ..
    .

    ..thankk